Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Solidaritas.net Media Center - Mentoring 1 Desember 2015



Laporan mentor Idaman Andarmosoko tahap III

Wawancara penutup

Panduan:

P1. Pertanyaan–pertanyaan berikut ini boleh dijawab secara tertulis maupun secara lisan,Apabila ingin menjawab secara lisan maka dapat menjadwalkan kontak melalui telpon, sedangkan bila pilihannya adalah jawaban tertulis, mohon di emailkan ke idaman.andarmosoko@gmail.com

P2. Tidak semua pertanyaan ini harus dijawab, boleh ada pertanyaan yang dilewati,

P3. Jawaban-jawaban dari pertanyaan juga bisa beririsan antar satu pertanyaan dan pertanyaan lain, oleh karena itu silakan jika merasa perlu menjawab dengan struktur yang berbeda,

Konteks pertanyaan

Serangkaian pertanyaan ini adalah bagian dari proses penutup atau akhir program. Proses ini dimaksudkan untuk menengok kembali secara keseluruhan program dan melihat ke masa depan secara kontemplatif (dibandingkan secara teknis dalam laporan program).

Pertanyaan Bagian 1 - Capaian

Capaian, adalah apa yang anda berhasil buat, perubahan yang anda upayakan dan akhirnya terjadi. : Capaian tentu saja adalah hal yang terjadi sesuai dengan cita-cita rencana anda. Mari kita lihat capaian sebagai panorama gunung dengan ketinggian berbeda beda. Ada bukit kecil berupa capaian yang sederhana, ada gunung yang menjulang, berupa capaian yang dahsyat.

P11. Puncak-puncak tertinggi

Capaian tertinggi di proyek ini, hal-hal mana yang mendapatkan hasil yang gemilang? Kegiatan yang mendapatkan hasil gemilang adalah kegiatan pendidikan, pertemuan bulanan dan advokasi yang terlaksana 100 %. Catatan untuk kegiatan advokasi tingkat keberhasilan (kemenangan) kasus hanya 40 %. Sebagian besar berakhir kalah di mana buruh tidak berhasil memperjuangkan tuntutan yang menjadi haknya.

P12. Bukit bukit

Ada capaian kecil apa? Apakah yang harusnya setinggi himalaya tapi hanya mencapai separuhnya, kenapa hanya kecil, dan tadinya rencananya seberapa, masih perlu dicapai lebih tinggi atau tidak? Dengan cara apa? Capaian produksi video yang hanya tercapai 6 % dari target; produksi konten teks tercapai 42 %; penulis buruh tercapai 20 %, dan konsultasi hanya 20 %. Kami akan berusaha mencapainya dengan melakukan fokus kerja pada aktivitas yang belum mencapai 100 % tersebut, khususnya pada aktivitas produksi konten. Setelah satu tahun berjalan, kami menghasilkan banyak tenaga baru mampu mengerjakan tugas-tugas pendidikan, advokasi dan pengorganisasian, sehingga memberikan waktu luang kepada personel yang memiliki kapasitas produksi konten untuk fokus pada pengelolaan media.

P13. Tanah rata

Wilayah di mana capaian sama sekali tak terjadi, adakah hal yang demikian dalam proyek anda dan mengapa? Ada, yakni membuat website premium untuk anggota (member). Tidak ada tenaga yang dapat mengerjakannya, karena terserap ke pekerjaan-pekerjaan advokasi, bukan karena tidak ada tenaga ahlinya.

P14. Bukit hantu

Hal yang tidak direncanakan namun tercapai, dan berakibat/sumbangsih positif pada cita-cita proyek. Adakah hal-hal yang demikian dalam proyek anda? Ada. Aspek produksi konten maju sampai ke tahap pembentukan serikat buruh mandiri dan organisasi buruh kontrak, yakni Serikat Buruh Demokratik Kerakyatan (SEDAR), Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) Kabupaten Bekasi dan Aliansi Buruh Kontrak Menggugat (ABKM). ABKM adalah aliansi yang menampung buruh-buruh muda berusia 18-25 tahun yang berstatus kontrak.

Pertanyaan Bagian 2

Pengalaman dan pengetahuan Bagian ini berurusan dengan apa yang anda alami (hambatan, masalah, kegiatan yang dilakukan, dsb) serta pengetahuan yang di dapat.

P21. Pengalaman

Hal-hal signifikan apa yang anda alami atau praktekkan? yang cukup menarik untuk diungkapkan Hal signifikan yang saya alami dan praktekkan adalah saya belajar mengenai mengelola media sekaligus organisasi. Media ini bukan sekadar mengorganisasikan informasi, tapi ada panen setelahnya, yakni mewadahi orang-orang dalam organisasi. Pertama, Solidaritas.net menjadi tempat berkumpul buruh lintas serikat yang memiliki ketertarikan pada pengetahuan. Ketertarikan ini adalah suatu hal yang berharga yang perlu dikembangkan dalam gerakan buruh yang masih baru berkembang menjadi sebuah gerakan sosial. :: Pengetahuan yang kami sebarkan untuk memastikan berkembangnya kesadaran demokrasi dan keahlian mengadvokasi. Kedua, kami belajar bagaimana membuat konten-konten menjadi viral di internet.

P22. Pengetahuan

Pengetahuan apa yang secara signifikan didapat selama proyek ini ? Apabila anda mempunyai kesulitan merinci tentang apa yang dimaksud dengan pengetahuan, anda bisa merujuk ke lampiran penjelasan singkat tentang pengetahuan Kami mendapatkan pengetahuan bagaimana cara mengelola media secara teknis, memahami selera pembaca, dan mengorganisasikan buruh dan pembaca ke dalam organisasi.

Pertanyaan Bagian 3

Cakrawala ke masa depan Bagian ini melihat ke arah masa depan, bagaimana upaya akan bertransformasi pasca proyek Cipta Media Seluler.

P31. Tahap selanjutnya, Pasca CMS

Apakah sudah ada gambaran umum bagaimana upaya-upaya selama ini akan dilanjutkan setelah berakhirnya CMS? Dua aspek aktivitas adalah produksi konten (mengelola media) dan non produksi konten (pengorganisasian). Dalam mengelola media, pendapatan dari iklan mampu menutup biaya hosting baru sebesar 50 %. Ini sudah baik. Sementara dalam pengorganisasian, buruh membiayai aktivitas ini secara swadaya dari iuran. Misalnya, kami telah mendapatkan sekretariat baru yang luas yang dibayarkan dari iuran mereka. Dengan adanya sekretariat ini, kami mampu melanjutkan kegiatan pendidikan dan pertemuan. P32. Rekomendasi

Apakah ada usulan tentang penyelenggaraan kemitraan semacam CMS di masa depan? Kami berharap mendapatkan bantuan dan pelatihan lebih lanjut untuk mengembangkan manajemen organisasi, teknik advokasi dan produksi media.

P33. Hal-hal lain

Adakah hal-hal lain yang sekiranya ingin disampaikan, di luar pertanyaan pertanyaan di atas? Tidak ada.

Tambahan (Laporan Akhir)

1. Umum

Laporan ini adalah laporan mentor idaman andarmosoko atas program Solidaritas dot net. Laporan ini adalah laporan exit, yaitu laporan pada waktu secara administratif proyek telah usai. Oleh karenanya laporan ini menggunakan format yang berbeda dengan laporan mentoring sebelumnya. Laporan ini disusun berdasarkan komunikasi lewat email dan telepon dengan pihak Solidaritas dot net. Interaksi ini disesuaikan dengan kondisi dan kesibukan pihak solidaritas.net

Bersama dengan laporan ini dilampirkan kuesioner yang digunakan dan jawaban dari solidaritas dot net.

2. Capaian proyek

Secara umum Solidaritas dot net telah mengidentifikasi berbagai capaian proyek. Urutan capaian dari tertinggi ke terendah adalah 1) bahwa tercipta ruang pertemuan dan pendidikan buruh, dan kegiatan-kegiatan advokasi terlaksana. 2) bahwa ada produksi material tulisan walaupun keterlibatan buruh dalam menulis masih sangat terbatas; 3) produksi video yang masih sangat terbatas. Di luar capaian ini dinamika buruh muncul seperti terbentuknya serikat buruh dengan segala dinamikanya, Hal yang belum tercapai adalah membangun website premium untuk anggota.

3. Pengetahuan

Pihak solidaritas dot net, mendapatkan pengalaman dan kemampuan mengelola media dan menghubungkan media dengan kegiatan-kegiatan pengorganisasian buruh. Solidaritas dot net juga telah mengidentifikasi kebutuhan pengembangan kompetensi mereka di masa depan, yaitu manajemen organisasi, teknik advokasi, dan pengelolaan media

4. Rencana ke depan

Solidaritas dot net merencanakan untuk mengembangkan website dan mengupayakan pengembangan sumber pendanaan termasuk kemungkinan partisipasi anggota dalam pembiyaan solidaritas dot net

Tags:



December 2015 | CC BY 4.0