Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Solidaritas.net Media Center - Mentoring 1 April 2015



Laporan mentor Idaman Andarmosoko tahap II

0. Umum

Mentoring dilakukan pada tanggal 23 april 2015, di markas solidaritas, ruko roxy, jababeka, cikarang, dihadiri oleh sherrin dan idaman andarmosoko.

1. Status

Pada bulan April 2015, Status proyek Solidaritas.net adalah sebagai berikut:

  • Pencairan dana tahap 2 telah terjadi pada akhir februari. Tinggal sisa dana terakhir di akhir program.
  • Selama dana tahap 1, sudah terjadi laporan narasi dan laporan keuangan. Sejak dana tahap 2 masuk, belum ada laporan. Laporan berikutnya akan terjadi bulan agustus 2015.
  • Solidaritas dot net kini mempunyai badan hukum berbentuk perkumpulan dengan akta notaris sejak maret 2015 Hal ini sudah dikomunikasikan kepada pengelola CMB. Solidaritas juga sudah mempunyai domain solidaritas.or.id.

2. Tantangan

  • Manajemen konflik internal: Mengatasi konflik pandangan individu tentang cara mengelola organisasi. Sudah dua kali ada persoalan ini, walaupun dampaknya belum besar
  • Pendanaan: Apabila Program CMB sudah selesai, bagaimana solidaritas net mendanai programnya.
  • Transisi dari media komunitas menjadi perkumpulan: Setelah adanya badan hukum perkumpulan, maka ada dua entitas yaitu media web solidaritas dan perkumpulan solidaritas. Tantangannya adalah mengembangkan program kerja perkumpulan itu, dan menjalankan organisasi perkumpulan tersebut. Termasuk mengkampanyekan perkumpulan tersebut.

3. Perbaikan

  • Badan Hukum: Karena undang undang pers menyatakan bahwa media harus punya badan hukum, maka solidaritas membentuk badan hukum. Badan hukum yang dipilih adalah bentuk perkumpulan. Pilihan bentuk perkumpulan didasari pertimbangan bahwa badan hukum perkumpulan adalah badan hukum yang lebih murah dari segi pajak, dan lebih demokratis serta mengakomodasi regenerasi.
  • Perbaikan staf: Staff redaksi dan staff advokasi yang dulu kinerjanya buruk telah diganti dengan staff baru, dan pergantian staff ini membawa peningkatan kinerja.
  • Akomodasi Blog: Menulis dengan standard jurnalistik yang baik, dari segi isi maupun redaksi, tidaklah mudah bagi buruh, oleh karena itu buruh butuh waktu untuk mencapai kemampuan tersebut. Pada awal akan sangat sedikit buruh yang mencapai tingkat kualitas itu. Namun demikian buruh tetap harus dibiasakan menulis, sekalipun sementara belum memenuhi standar jurnalistik tersebut. Oleh karena itu dibuatlah ruang bernama blog, untuk buruh menulis sebisanya, dan semua dimuat di blog, sedangkan solidaritas net tetap menyaring dan mempertahankan standard publikasinya.

4. KEMAJUAN

  • Pelatihan Jurnalistik dan kerja sama: Pendidikan jurnalistik sudah dilakukan 2 kali, pelaksanaan yang kedua bekerja sama dengan TURC dan Buruh online, pada bulan april 2015, diikuti oleh 30 orang. Uraian lebih rinci akan dilaporkan.
  • Pendidikan EKOPOL dan KBBM: Pendidikan EKOPOL dijadikan reguler pada tiap hari minggu. Kelompok Buruh Membaca Bumi manusia (KBBM), kini dilakukan juga di tingkat pabrik. Buku ini dipilih karena gampang dimengerti dan isinya sesuai dengan semangat perjuangan kaum buruh.
  • Konsultasi dan peningkatan fanpage Facebook: Fan Page book di facebook peningkatan dari 900 sebelim CMB menjadi kini 4100. Semua konsultasi sudah terjawab, konsultasi baru terjadi secara rutin.
  • Aliansi dan kerja sama: Aliansi jawa barat bekasi, mengalami penambahan 4 serikat buruh, telah melakukan audiensi di kantor kebijakan, soal perda ketenagaan jawa barat, yang isinya bertentangan dengan undang-undang di atasnya. Ada kerja sama dengan toko buku di yogyakarta. Ada tawaran aksi pertama di may-day. Ada tawaran dari luviana untuk jadi anggota AJI, keanggotaan jurnalis warga dengan beberapa persyaratan, tawaran ini sedang sedang dipelajari.
  • Penghargaan HIVOS social innovation award: Solidaritas mendapatkan penghargaan HIVOS social innovation award, dan diundang ke belanda untuk itu. Dari sana diberi berbagai kontak lembaga sejawat di Indonesia untuk ditindak lanjuti.
  • Mobile Apps: Sebuah Apps berbasis android, berisi RSS feed telah dikembangkan, dan tersedia untuk diunduh di playstore
  • Ancang pendanaan: Solidaritas mulai menjelajahi kemungkinan membiayai dirinya di masa depan, misalnya lewat unit usaha kafe, atau pemasangan iklan di website.

5. Skor

Mengenai keberhasilan program sejauh ini, dengan skala 0-10, Sherrin memberikan skor 7

6. Butir-butir tambahan

  • Sebagai tanggapan terhadap tantangan manajemen dan kampanye seperti tertuang pada butir 2.1. dan 2.3. di atas, Mentor memberikan penjelasan tentang kerja-kerja advokasi kasus, advokasi kebijakan dan kampanye, perbedaan cara kerja, dan keterkaitan masing-masing antar kerja tersebut. Juga diberikan penjelasan tentang manajemen organisasi, pengorganisasian, dan kelembagaan, serta hubungan antara ketiganya. Penjelasan ini digunakan sebagai salah satu pisau analisa untuk memahami dan mengelaborasi tantangan manajemen dan kerja-kerja solidaritas.
  • Mentor menegaskan kembali, bahwa di luar kunjungan mentor ke markas, solidaritas, apabila merasa perlu, boleh mengontak mentor lewat email,telpon atau pertemuan informal, asalkan dijadwalkan terlebih dahulu, maka mentor akan berusaha mengakomodir.
Tags:



April 2015 | CC BY 4.0