Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Situs Laporan Warga Papua Berbasis SMS - Mentoring 1 Desember 2015



Laporan Akhir Mentoring Yanuar Nugroho

Date: Rabu, 30 Desember 2015

Pukul: 14:00 – 14:17 Waktu Papua

Subject: Mentoring Tahap 1 - Situs Laporan Warga Papua Berbasis SMS To: Siska Doviana

Disiapkan bersama oleh JUBI dan YN

Partisipan: Rina Oktarianti Maizier (Perkumpulan Jubi) & Yanuar Nugroho (Mentor)

Kegiatan ini dilakukan untuk menindaklanjuti mentoring tahap pertama yang dilakukan awal Desember 2014 untuk mengetahui perkembangan terkini yang telah dilakukan penerima hibah dan rencana tindak lanjut ke depan. Secara singkat, dalam percakapan via telepon dengan mentor, ada dua penting yang ditanyakan mentor kepada Perkumpulan Jubi:

  1. Perkembangan apa saja yang sudah dilakukan Perkumpulan Jubi sehubungan dengan rekomendasi yang diberikan mentor pada mentoring sebelumnya?
  2. Untuk termin ketiga, apa rencana Perkumpulan Jubi selanjutnya?

Jawaban:

  1. Selain tetap melakukan aktivitas rutin terkait pengelolaan situs laporan warga, Perkumpulan Jubi berhasil melakukan kerjasama dengan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Papua. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman oleh Kepala ORI Perwakilan Papua dan Pimpinan Perkumpulan Jubi pada tanggal 09 Juli 2015. Kedua lembaga sepakat bekerjasama dalam menindaklanjuti laporan-laporan warga terkait pelayanan publik dan maladministrasi pelaksanaannya. Mekanisme yang digunakan adalah warga melapor via sms online kepada Jubi. Jubi bertanggung jawab untuk memilah laporan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan meneruskan kepada ORI Papua, yang bertanggung jawab untuk membuat prioritas dan menindaklanjuti laporan warga.
  2. Sampai dengan hari ini Jubi telah meneruskan 15 laporan warga terkait maladministrasi pelayanan publik kepada ORI Papua, namun statusnya saat ini masih dalam daftar tunggu untuk ditindaklanjuti sehubungan dengan banyaknya jumlah laporan warga yang masuk ke ORI Papua.
  3. Terkait dengan kerjasama ini, Jubi dan ORI Papua sepakat untuk melakukan evaluasi di awal 2016 untuk meninjau kembali efektivitas dan efesiensi bentuk kemitraan ini untuk mencapai tujuan awal yang diinginkan.
  4. Program laporan warga adalah sesuatu yang telah dirintis Jubi sejak 2010, dan sampai dengan hari ini terbukti telah memberikan dampak positif bagi Jubi dalam menghimpun dan menyajikan berita yang aktual dan terpercaya kepada masyarakat Indonesia, khususnya yang berdomisili di Papua. Oleh sebab itu, Jubi akan tetap menjalankan program ini dan melakukan beberapa perbaikan, terutama kategori dan tampilan situs, berdasarkan pengalaman mengelola program selama satu tahun terakhir dalam periode hibah CMS.
  5. Dalam periode hibah, aktivitas yang belum sempat dilakukan Jubi adalah mencetak buku pembelajaran, sehingga prioritas Jubi ke depan adalah mencetak dan menerbitkan buku tersebut. Setelah cetak, Jubi akan menyelenggarakan acara peluncuran buku, sekaligus seminar yang menghadirkan beberapa narasumber terkait pengelolaan laporan warga dan jejaring kerjasama antara lembaga. Target peserta dalam kegiatan ini adalah pemerintah dan LSM pendidikan dan kesehatan, serta siswa/mahasiswa dan masyarakat adat. Karena kegiatan ini dilakukan setelah berakhirnya periode hibah, penyelenggaraan kegiatan ini akan diintegrasikan dengan program lain yang dikelola Jubi dan waktu pelaksanaan tentatif dilakukan pada minggu terakhir Januari.

Rekomendasi Mentor:

  1. Jubi untuk mengembangkan saluran lain selain via SMS, sehingga partisipasi warga lebih berkembang luas.
  2. Jubi untuk memperluas jejaring kerjasama dengan lembaga-lembaga lokal untuk mendorong pengadopsian program sejenis oleh lembaga-lembaga tersebut.
  3. Jubi tetap mempertahankan aktivitas-aktivitas yang telah dilakukan selama periode hibah ini, mungkin juga dapat meningkatkan untuk menjadi lebih baik lagi.
Tags:



December 2015 | CC BY 4.0