Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Situs Laporan Warga Papua Berbasis SMS - Mentoring 1 November 2014



Artikel

  1. Memantau Kondisi Warga Papua dengan Seluler, Inilah Caranya

Laporan mentor Akhmad Nasir tahap I

Deskripsi Proyek

Proyek Situs Laporan Warga Tanah Papua berbasis SMS adalah sebuah proyek lanjutan. Proyek Jurnalisme warga ini telah dikelola secara mandiri dan sukarela sejak tahun 2010 dengan tujuan mengatasi faktor demografis dan geografis Tanah Papua yang mengakibatkan kesenjangan informasi dan pengetahuan. Hingga tahun 2013, proyek mandiri ini difokuskan pada peristiwa kekerasan aktor negara terhadap warga sipil di Tanah Papua. Proyek ini layak untuk dikembangkan lebih luas, baik dalam hal konten, pelaku hingga penerima manfaat. Proyek ini memadukan platform SMS Frontline dan Ushahidi. Melalui proyek ini, warga dapat melaporkan setiap informasi (peristiwa) yang terjadi disekitar mereka ataupun pengetahuan (praktek cerdas masyarakat) melalui sms (prioritas), email atau formulir online untuk dipublikasikan secara otomatis dalam sebuah situs. Fokus konten proyek ini adalah “informasi tangan pertama”. Siapa saja bisa menjadi pelapor dalam proyek ini. Publikasi informasi dan pengetahuan dalam proyek ini dilakukan melalui prosedur approval, verified/unverified. Untuk meningkatkan kapasitas masyarakat, beberapa warga akan dilatih membuat laporan via SMSdi nomor Hotline situs dengan format 5W1H. Masyarakat yang dilatih diharapkan terlibat secara reguler dalam melaporkan informasi, pengetahuan masyarakat serta permasalahan pendidikan dan kesehatan di Tanah Papua. Dalam mendisitribusikan konten situs yang merupakan laporan warga ini, situs proyek ini akan dihubungkan dengan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter dan melalui SMS App (frontline sms) kepada audience yang sudah tersimpan datanya di database proyek.

**Tujuan **

Tercipta ruang bagi masyarakat untuk bertukar informasi berupa laporan kekerasan aparat keamanan terhadap masyarakat sipil, permasalahan pendidikan dan kesehatan serta pengetahuan berupa praktek cerdas masyarakat agar pemangku kepentingan dapat mengambil keputusan yang lebih berpihak pada masyarakat.

Sasaran

Fokus proyek ini adalah keterlibatan masyarakat di Tanah Papua, khususnya wilayah-wilayah pedalaman dan pesisir yang sudah terjangkau teknologi seluler namun masih memiliki keterbatasan untuk menyampaikan informasi (yang dialami) dan pengetahuan (yang dimiliki). Namun sasaran proyek ini adalah masyarakat umum berusia lebih dari 13 tahun, laki-laki dan perempuan yang berdomisili di Indonesia dan para pemangku kepentingan baik di level lokal maupun nasional. Proyek ini menyediakan fasilitas bagi masyarakat umum untuk berbagi informasi dan pengetahuan. Informasi dan pengetahuan dalam proyek ini akan dikelola dan diteruskan kepada para pemangku kepentingan melalui aplikasi SMS Frontline untuk mempengaruhi para pemangku kepentingan ini dalam mengambil keputusan. Selain itu, konten proyek akan dipublikasikan kepada publik melalui sebuah situs serta jejaring social (Facebook dan Twitter)untuk membangun opini publik yang lebih adil tentang Papua.

Perkembangan s/d November 2014

Laporan warga Papua berbasis SMS menjadi bagian dari website Tabloid Jubi dengan alamat www.tabloidjubi.com pada rubrik SMS Warga. Nama domain www.tabloidjubi.com sudah aktif selama 6 tahun. Domain ini pertama kali didaftarkan pada 10 Juli 2008.

Penyajian Laporan

Halaman khusus laporan warga Papua berbasis SMS menggunakan platfom Ushahidi dan fronline SMS dengan alamat http://tabloidjubi.com/hotspot Laporan warga yang masuk bisa dipilah berdasarkan kategori: forum pembaca, kekerasan aparat keamanan, kriminalitas, lalu lintas, dan laporan terpercaya. Laporan tersebut bisa dimunculkan di atas peta (untuk menunjukkan sebaran lokasi), bisa juga ditampilkan dengan dalam bentuk list yang tersusun secara berurutan menurut waktu pengiriman.

Cara Melaporkan

Pengiriman laporan bisa dilakukan dengan tiga cara: (1) mengirimkan lewat SMS, (2) form isian di web, dan (3) aplikasi mobile ushahidi yang bisa dijalankan pada sistem operasi Android dan IOS. Di website www.tabloidjubi.com tersedia link untuk mengunduh ke aplikasi mobile. Aplikasi Ushahidi untuk IOS bisa diunduh di AppStore. Sementara aplikasi untuk Android -pada saat dilakukan ujicoba- tidak berhasil diakses karena sedang terjadi gangguan teknis.

Isi Laporan: Jumlah dan Kategori

Berdasarkan data yang masuk, fitur laporan warga melalui Ushahidi telah dilakukan sejakJuni 2011. Jika dilihat dari jumlah laporan yang masuk, rata-rata ada 23 laporan perbulan. Jumlah laporan tertinggi tercatat pada Oktober 2014 sebanyak 103 laporan. Jumlah laporan terendah tercatat pada September 2011, Februari 2012, dan April 2014. Pada bulan tersebut sama sekali tidak ada laporan masuk. Berdasarkan kategori laporan, sebagian besar masuk dalam kategori forum pembaca. Kategori trusted reports menempati urutan kedua. Laporan tentang kekerasan aparat keamanan menempati urutan ketiga. Sedangkan laporan kriminalitas dan lalu lintas

Temuan dan Catatan

  1. Jumlah Laporan Meningkat Berdasarkan laporan Perkumpulan Jubi1, kegiatan sosialisasi dan kampanye tentang Proyek Situs Laporan Warga Papua Berbasis SMS pertama kali dilakukan melalui pendistribusian buku panduan bertepatan dengan launching Koran Jubi pada tanggal 22 September 2014. Selian itu sosialisasi juga dilakukan dengan membagi-bagikan buku panduan SMS gateway kepada Persipuramania dan masyarakat yang datang ke Stadion Mandala untuk memberikan dukungan kepada Persipura dalam pertandingan semi final AFC Championship pada 29 September 2014. Secara kuantitas, sosialisasi dan kampanye ini berhasil meningkatkan jumlah laporan warga yang masuk. Visualisasinya bisa terlihat dalam grafik di bawah ini.

  2. SMS Kini Lebih Banyak Dipakai Selain meningkatkan jumlah laporan, proyek yang dijalankan sejak September 2014 ini berhasil mengubah jenis media yang digunakan warga untuk mengirimkan laporan. Jika dihitung sejak Juni 2011-November 2014, laporan melalui SMS hanya seperempat dari laporan yang menggunakan formulir di web. Namun pada periode September-November 2014, prosentase laporan melalui SMS meningkat tiga kali lipat. <BR.Jika dilihat lebih rinci, pada bulan September 2014 jumlah laporan melalui SMS hanya setengah dari laporan melalui formulir di web. Pada bulan Oktober 2014, prosentase laporan melalui SMS melonjak lebih dari dua kali laporan lewat web. Sedangkan pada November 2014, perbandingan laporan lewat SMS dan web adalah 19:1.

  3. Peningkatan Jumlah Laporan belum Diikuti Kecepatan Verifikasi Peningkatan jumlah laporan warga yang masuk dalam 3 bulan terakhir, belum diikuti dengan kecepatan pelaksana proyek dalam melakukan verifikasi.

  4. Pembagian Kategori belum Disesuaikan dengan Tujuan Proyek Dalam proposal yang diajukan di Cipta Media, tujuan proyek ini adalah; tercipta ruang bagi masyarakat untuk bertukar informasi berupa laporan kekerasan aparat keamanan terhadap masyarakat sipil, permasalahan pendidikan dan kesehatan serta pengetahuan berupa praktek cerdas masyarakat agar pemangku kepentingan dapat mengambil keputusan yang lebih berpihak pada masyarakat. Kategori laporan tentang kekerasan aparat keamanan sudah tersedia. Sementara kategori permasalahan pendidikan, kesehatan dan praktek cerdas masyarakat belum ada.

Rekomendasi

  1. Strategi sosialisasi dan kampanye tentang Proyek Situs Laporan Warga Papua Berbasis SMS sudah berjalan dengan baik. Perlu terus dilanjutkan agar makin banyak warga yang berpartisipasi.
  2. Perlu strategi khusus agar peningkatan jumlah laporan yang masuk bisa diimbangi dengan kemampuan dan kecepatan verifikasi oleh pelaksana proyek. Bisa dengan memperbanyak jumlah verifikator dan atau memodifikasi metode verifikasi sehingga lebih efisien.
  3. Penyesuaian kategori laporan agar sesuai dengan tujuan proyek. Misalnya dengan menambahkan kategori permasalah pendidikan, kesehatan, dan praktek cerdas masyarakat.
Tags:



November 2014 | CC BY-SA 3.0