Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Sempugi Ringtone dan Wallpaper - Mentoring 16 April 2015



Laporan mentor pembimbing Roedy Rustam tahap III

From: RudyRustam

Date: 2015-04-16 1:29 GMT+07:00 <BR.Subject: Laporan Mentoring Sempugi Tahap 3

To: Siska Doviana, Biyanto Rebin

Dear TIM CMS ,

Berikut saya lampirkan laporan untuk sempugi tahap III. Oh iya saya juga akan tetap memberikan laporan lanjutan progress penyebaran konten hingga selesai, karena sampai hari ini ada beberapa hal yang belum sempat dilakukan oleh sempugi, seperti survey tentang kebermanfaatan konten dll.

  1. Sempugi sebagai salah satu penerima hibah CMS, saat ini telah memasuki Tahap Ketiga/ Tahap akhir, yakni penyebaran konten Ringtone dan Wallpaper potensi objek wisata, atraksi budaya dan petuah bijak sulsel project mestinya berakhir februari 2015 lebih lambat dari perkiraan sebelumnya. saat ini semua kegiatan produksi telah selesai kecuali penyebran konten yang akan terus dilakukan, semua dana sudah diturunkan.

  2. Tantangan yang dihadapi oleh sempugi antara lain:

  • Tantangan utama yang dihadapi adalah menemukan cara sehingga proses produksi dan penyebaran konten secara mandiri.
  • Lembaga dan person masih baru dan kurang pengalaman
  • Terbatasnya pengguna media seluler yang memiliki akses internet terutama yang di daerah terpencil.
  1. Perbaikan yang bisa dan telah dilakukan oleh SEMPUGI
  • Mengupayakan Fundrising salah satunya dengan cara produksi kaos yang berisi desain petuah bijak. Proses produksi konten akan terus diupayakan secara mandiri, akan tetapi hal ini akan dilakukan ketika data jumlah unduhan masing-masing per item telah mencapai 400 kali unduhan. Meskipun pada saat ini telah ada 1 item yan telah mencapai angka ribuan.
  • Digunakannya Media lain, dan seperti SMS Gate way dan radio komunitas serta gerai seluler untuk proses penyebaran konten Komunikasi Intens Dengan beberapa pihak mulai dilakukan secara intesn sehingga bisa saling mendukung upaya gerakan revitalisasi budaya sulsel
  1. Kemajuan proyek dari titik laporan terakhir, kemajuan yang dicapai oleh SEMPUGI cukup signifikan antara lain :
  • Penyebaran Konten Pada awalnya penyebaran konten berupa tautan produk unduhan dengan cara sharing di media social dilakukan secara acak, hanya saja hal ini setelah dilihat, pihak sempugi merasa kurang optimal, karena tidak semua orang memiliki akses internet, terutama di daerah terpencil dan pinggiran , olehnya hal tersebut diatasi dengan memanfaatkan media sms gateway, yang khusus memuat pesan dan petuah bijak leluhur, jadi meski tanpa perlu Man download, masyarakat tetap mendapatkan konten tersebut.

Pada periode ini, konten berupa ringtone/mp3 dan wallpaper di maksimalkan dengan cara yang lebih sistematis dan tematik, selain dengan penggunaan pola komunikasi dengan bahasa yang lebih bersifat dua arah dan interaktif sesuai target yang diinginkan, penyebaran tautan secara tematik dan berkala. Setiap minggu hanya di sebarkan 1 link unduhan musik rintone/mp3, 1 jenis wallpaper petuah bijak, wisata dan artaksi budaya.

Target utama dari media sosial sharing ini adalah Para Anggota Komunitas SEMPUGI di grup Facebook (https://www.facebook.com/groups/sempugi) dan Fan page Baruga SEMPUGI (https://www.facebook.com/sempugi.org), Instagram: sempugi, Twitter: @barugasempugi

Adapun link unduhan konten bisa dilihat secara lengkap di http://sempugi.org/category/lagu-nada-dering/ (untuk ringtone) dan http://sempugi.org/category/wall-paper-photo/ untuk foto. Untuk Share melalui google play store, dalam bentuk APK sudah rampung versi alpha di google Play Store. Sehingga pengguna android user juga bisa mengunduhnya secara gratis. Adapun kontenya juga berisfat dinamis dan akan terus dilakukan revisi dan update versi.

  • SMS Gateway Mobile Advertising Penyebaran Konten Melalui media SMS, Dengan sistem masking/bulk, publik Akan Mendapat Informasi Berupa teks Petuah bijak dan Maknanya, dengan menggunakan ID Sender = SEMPUGI, akan di fokuskan pada konten petuah Bijak dan maknanya konten disebar kepada Pelanggan Telepon Seluler yang telah dimasukkan ke dalam database, sumber nomor tersebut diperoleh di gerai seluler. Adapun LBA (Location Based Advertising) akan dilakukan di akhir penyebaran konten dengan target Penyebaran Konten melalui SMS dan MMS yang dikirimkan ke pelanggan seluler

  • Radio komunitas Penyebaran Konten yang dilakukan di Radio komunitas bekerjasama dengan Jaringan Radio Komunitas Sulawesi Selatan, dengan cara membuat slot siaran khusus untuk lagu tradisional. dengan menggunakan musik yang telah di produksi oleh sempugi sebagai jingle opening siaran tersebut

  1. Score yang bisa diberikan terhadap SEMPUGI secara keseluruhan melihat dari semua proses yang ada adalah 7 – 8
Tags:



April 2015 | CC BY 4.0