Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Sempugi Ringtone dan Wallpaper - Mentoring 2 April 2015



Laporan mentor monitoring Idaman Andarmosoko tahap III

From: idaman andarmosoko

Date: 2015-04-02 10:52 GMT+07:00

Subject: Laporan final sempugi

To: Biyanto Rebin, Siska Doviana

Laporan Mentoring Ketiga Sempugi

Umum: Mentoring ketiga telah dilaksanakan oleh Idaman andarmosoko di markas sempugi pada tanggal 1 april 2015, antara jam 19.20-sampai 23.30, dihadiri oleh Hartono, darsan, Andi Rahmat Munawar, dan Roesdy rustam

  1. Status Proyek ini

Rentang proyek adalah dari bulan Agustus 2014-februari 2015. Kegiatan proyek sudah selesai pada bulan maret. Kegiatan sudah selesai pada bulan maret 2015. Semua dana sudah diturunkan, tersisa satu laporan final. Laporan akan diselesaikan dalam waktu dekat, sebelum batas akhir penyerahan laporan pada tanggal 5 mei 2015.

  1. Tantangan

Pihak Sempugi menyatakan bahwa Tantangan yang dihadapi adalah bagaimana terus menggulirkan kerja ini supaya mempunyai dampak, dan menjadi suatu kerja yang berkelanjutan.

  1. Perbaikan

Pihak Sempugi menyatakan bahwa ada perbaikan pada metode penyebaran lewat media sosial. Perbaikan itu adalah bahwa kemudian penyebaran materi dilakukan dengan penjadwalan tematis yang berkaitan antar format materi, yaitu pada tiap pekan dilakukan perubahan tema materi, secara serempak dengan mengaitkan antara wall-paper, kalimat bijak dan ring-tone. Perbaikan lain adalah dengan menggunakan Apps sebagai kanal penyebaran kontent, saat ini Apps sedang dalam proses penyelesaian akhir.

  1. Kemajuan proyek dari titik laporan terakhir

Saat laporan terakhir, hasil kerja Sempugi berupa materi yang usai diproduksi dan disediakan di website untuk diunduh. Sejak itu ada kemajuan tentang fokus pada unduhan, yaitu bahwa beberapa butir materi telah diunduh sampai 700 unduhan, bahkan lebih. Beberapa materi masih diunduh kurang dari 400 unduhan. Dalam waktu yang tersisa, sempugi berharap bahwa akan terjadi pencapaian target minimal 400 unduhan untuk semua jenis materi, dan lalu terjadi unduhan lagi lebih dari target minimal tersebut.

  1. Skor

Pihak Sempugi menyatakan bahwa mereka memberi skor keberhasilan proyek mereka sebesar antara 7 sampai 8 pada skala 0-10.

  1. Tambahan, pembahasan

Diakhir tanya jawab mentoring, Mentor menanggapi tentang tantangan yang dihadapi Sempugi. Mentor menjelaskan tentang bagaimana cara untuk menggapai hal yang menjadi tantangan Sempugi, yaitu soal menggulirkan dampak dan keberlanjutan. Penjelasan itu adalah sebagai berikut: Pertama-tama Sempugi harus mengubah pandangan mendasar tentang kerja ini. Perubahan pandangan itu meliputi beberapa hal yaitu bahwa pertama-tama, bahwa jika kita membuat suatu materi, bahkan jika materi itu menurut kita sendiri merupakan materi penting, maka tidak otomatis begitu saja masyarakat akan menyukai atau berminat atau menggunakan materi itu. Sebagai pembuat materi kita harus menempatkan diri dalam posisi bahwa kita tidak tahu apakah materi itu akan disukai atau dipakai oleh pengguna.

Butir pemikiran kedua adalah bahwa karena pengunduhan materi bersifat gratis, seperti dalam segala unduhan gratis lainnya, boleh jadi kalau ada masyarakat yang mengunduh, bisa jadi sifatnya semacam coba-coba, yaitu mengunduh lalu mengecek materinya, sesudah itu bisa saja unduhan itu tidak dipakai, walaupun bisa juga materi itu kemudian dipakai. Hal ini adalah hal yang kita tidak ketahui juga. Dengan dasar pemikiran di atas, maka Sempugi perlu mencari tahu apakah masyarakat mengunduh, dan apakah unduhan dipakai, setelah dipakai apakah masyarakat suka, berminat, atau ada rangkaian perubahan lain.

Cara kerja untuk mendapatkan jawaban itu adalah dengan melakukan semacam survey tentang hal ini. Survey ini bisa terdiri dari dua tahap, tahap pertama adalah atas pertanyaan utama siapa saja yang mengunduh materi ini. Apabila survey tahap pertama telah berhasil, dari hasil itu dilakukan survey tahap kedua, yaitu menanyai para pengunduh tentang perubahan apa (penggunaan, minat, selera, komentar) yang dialami pengunduh setelah mengunduh materi.

Survey kedua, disarankan dilakukan tidak hanya dengan bertanya secara verbal, namun juga mengamati tanda-tanda apakah materi ini digunakan atau tidak. Survey kedua juga dilakukan untuk mendapatkan masukan tentang materi. Hal lain yang bisa dilakukan Sempugi adalah mengakomodasi rasa ingin tahu dan dorongan pengguna untuk menjelajah dan mendalami materi ini. Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan informasi materi dalam cantuman wikipedia. Cantuman dalam wikipedia ini akan memungkinkan orang-orang lain di luar Sempugi untuk melengkapinya.

  1. Hal hal lain lagi

Sempugi menyatakan bahwa penjelasan sebagaimana pada butir 6 dapat difahami dan bermanfaat bagi Sempugi. Sempugi menyatakan bahwa dirinya adalah organisasi yang baru dilahirkan, proyek ringtone yang didukung oleh Cipta Media Bersama adalah proyek pertama Sempugi. Setelah ini Sempugi bercita-cita untuk terus berkarya sebagai organisasi yang bergerak dalam advokasi budaya sebagai bagian dari gerakan sosial.

Tags:



April 2015 | CC BY 4.0