Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Sempugi Ringtone dan Wallpaper - Mentoring 14 Oktober 2014



Laporan mentor pembimbing Roedy Rustam tahap I

Date: 2014-10-14 2:47 GMT+07:00

Subject: Progres Produksi Konten SEMPUGI

To: info@ciptamedia.org

Dear All,

Sejak pertengahan Agustus 2014, SEMPUGi telah melaksanakan Rencana kerjanya , Berupa Pendataan Lagu Tradisional , Budayawan, dan potensi Obyek Wisata , hasil proses ini nantinya, akan dipublish di Web Resmi: www.sempugi.org baik dalam bentuk artikel, Gallery image dan Embeding Audio.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi catatan penting antara lain

Produksi Konten. Proses Produksi konten ini mencakup dari Pendataan, Pelaksanaan Lomba , dan pembuatan Rekaman Lagu/Ringtone, Malam Anugrah, proses ini memakan waktu hingga tiga bulan, hingga saat ini, proses yang Telah berjalan berupa Pendataan lagu, Petuah, Lomba Photo, serta lomba Re Arrasement lagu tradisional/daerah, yang saat ini masih sementara berjalan dan akan ditutup pada tanggal 18 Oktober 2014 Setelah Peserta Lomba Rearrasement di umumkan para pemenangnya, maka 12 peserta akan menjalani proses rekaman Multi Track di studio, proses ini akan kebutuhan beberapa waktu. hasil dari rekaman studio yang berbentuk mp3, kemudian dalam proses penyebaran konten nantinya akan dibuat ringtone, dan disebar sesuai rencana. Baik dalam bentuk SMS LBA/gateway, Share Sosmed,APK dan Radio Komunitas dan Gerai Seluler. Malam Anugerah Yang perencanaanya akan dilaksanakan pada Tanggal 25 Oktober, kemungkinan hal ini tidak bisa dilaksanakan pada tanggal tersebut, akibat beberapa tempat yang telah diancang-ancang sebelumnya,semuanya dalam keadaan terpakai, sehingga, sempugi meminta kerenggangan waktu, hal ini disampaikan oleh ARM dan timnya kepada saya.Dan di sisi lain, Sempugi juga Akan Menghadiri Kegiatan JMR 2014, selain terlibat dalam Diskusi Mengenai Proses sementara dilakukan bersama ciptamedia, juga akan melakukan Penampilan seni dari Salah satu musisi Makassar, yaitu moexin yang telah ikut berjibaku dalam proses Rearrasement Lagu Tradisional Sulsel, dengan Warna yang berbeda. Sempugi dan Tim akan tetap mengusahakan kegiatan produksi Konten ini tidak melewati batas 14 November 2014, sehingga pada waktu tersebut nantinya ARM dan Tim Bisa fokus Untuk melakukan kegiatan Penyebaran Konten. Mungkin hal inil bisa menjadi catatandan poin penting selama 2 Bulan Berjalannya Proyek CMS yang dilakukan Oleh SEMPUGI, walau masih terbilang baru, akan tetapi ada semangat perubahan yang mereka usung didalamnya.

Terima Kasih,

Roedy Rustam

Laporan mentor monitoring Idaman tahap I

Date: Fri, Nov 14, 2014 at 3:16 PM

Subject: Fwd: Lapora mentoring sempugi

To: Ciptamedia info@ciptamedia.org

Laporan ke 2 Mentor Idaman andarmosoko

  1. Pertemuan - Pertemuan berlangsung pada, tanggal 12-13 November 2014, di kantor sempugi di jalan topaz, makasar. Dihadiri oleh Andi Rahmat Munawar, Roedy rustam, dan 3 staff sempugi.

  2. Inventarisasi pencapaian - Pertemuan dimulai dengan memetakan tentang apa yang hendak dan sudah dicapai oleh SEMPUGI.
  3. Capaian Akhir
  4. Pada akhir program sempugi berencana ada 400 download terhadap koleksi material yang terdiri dari 12 ringtone, 40 wallpaper; yang terdiri dari 20 wall paper Petuah bijak, 5 wall paper atraksi budaya, dan 15 wall paper obyek wisata.
  5. Petuah bijak adalah kalimat petuah dari para tokoh adat, yang kemudian dikemas dalam bentuk tulisan grafis yang dijadikan wall-paper. Pilihan format wallpaper karena dianggap wallpaper akan muncul pertama kali telpon dinyalakan, dan akan tetap nampak dalam keadaan apapun.
  6. Capaian kegiatan umum - Sejauh ini terlah dilakukan kegiatan yaitu;
  7. (KG02) pendataan
  8. (KG03) Lomba
  9. (KG04) Perekaman
  10. (KG06) Malam anugerah. di samping kegiatan yang telah dilaksanakan, ada kegiatan lain yaitu;
  11. (KG01) penyusunan website, dan; (Sedangkan KG01 penyusunan website dilakukan di luar pembiayaan dari Cipta Media Seluler, namun demikian sempugi menyatakan websitenya dapat dipergunakan untuk penyebar-luasan materi.)
  12. (KG05) penyebar-luasan kontent. KG05 penyebar-luasan belum dimulai.
  13. Capaian Pendataan - Kegiatan pendataan, telah menghasilkan :
  14. H02.1 Petuah bijak sebanyak 20 kalimat petuah bijak
  15. H02.2. Identifikasi grup kesenian lokal sebanyak 30 group
  16. H02.3. Identifikasi budayawan, sebanyak 30 budayawan
  17. H02.4. Potensi Wisata sebanyak 30 potensi wisata - Potensi wisata adalah daerah yang bisa dijadikan obyek wisata, namun belum diketahui public, baru diketahui penduduk setempat.
  18. H02.5. Lagu daerah - didapatkan 10 lagu, di antaranya 3 lagu tidak boleh direkam, tidak boleh disalin liriknya, dan tidak boleh dinyanyikan, karena merupakan lagu peperangan yang dikeramatkan.
  19. Capaian Lomba - kegiatan lomba menghasilkan:
  20. H03.1. Pemenang Lagu - 6 orang/kelompok pemenang lagu dengan 6 karya lagu
  21. H03.2. Pemenang Foto - 12 pemenang foto dengan 12 foto
  22. H03.3. Karya foto non pemenang - Adalah karya peserta lomba yang tidak menang, namun disimpan oleh sempugi untuk digunakan kemudian, ada 100 foto.
  23. H03.4. Karya lagu non pemenang - Adalah lagu-lagu yang bukan pemenang nampun disimpan oleh sempugi, ada 30 lagu.
  24. Capaian Perekaman - Akan dihasilkan 12 rekaman lagu dalam kualitas suara yang tinggi, dijadwalkan seharusnya sudah jadi namun studio rekaman belum selesai mengerjakannya, diharapkan dalam waktu minggu-minggu ini bisa selesai.
  25. Capaian Malam anugerah - Malam anugerah mengundang sekitar 300 penonton, namun yang hadir sampai total hampir 800 orang.
  26. 6 sanggar musik tampil
  27. 7 media datang meliput
  28. 300 orang pengunjung mengisi buku tamu. Ada dokumentasi foto-foto.

  29. Rencana lebih lanjut
  30. Kegiatan Penyebar-luasan - Rencana penyebar-luasan kurang lebih adalah sebagai berikut:
  31. . Gerai telpon - direncanakan 24 gerai telpon, yaitu 1 gerai per kabupaten kota.
  32. R2. Pemberitaan lewat sms akan d isms 300 orang dari dalam database sempugi, dan 400 orang dari para pengunjung malam anugerah.
  33. R4. Radio komunitas direncanakan 24 radio komunitas
  34. R5. Jalur internet. Akan menggunakan media social facebook, twitter, dsb serta menyediakan berkas untuk diunduh di website sempugi, dan akan mengggunakan kanal playstore android.
  35. Verifikasi outcome Bersama mentor sempugi mengidentifikasi dan memahami bahwa hasil-hasil sejauh ini barulah di tingkat output. Sempugi akan mengelaborasi verifikasi terhadap kemungkinan outcome, antara lain melalui metode survey. Skematika output ke outcome dibahas ulang sesuai dengan skematika yang dijabarkan pada mentoring sebelumnya. Fihak Sempugi menyatakan memahami skematika itu dan akan melakukan verifikasi outcome. Andi rahmat munawar akan sanggup membuat cantuman Wikipedia, karena Andi juga seorang contributor Wikipedia.

  36. Kesulitan Selama implementasi kegiatan, Sempugi mengidentifikasi kesulitan antara lain:
  37. Pendataan: Pada kegiatan pendataan, dialami kesulitan mencapai lokasi, karena data awal lokasi kurang rinci dan tidak sesuai dengan perkiraan jadwal. Menanggapi hal ini dijelaskan pentingnya kesadaran mengidentifikasi asumsi dalam perencanaan operasi. Pada kegiatan kesulitan ini diatasi dengan meminta bantuan kepada kawan-kawan/kenalan sempugi di berbagai daerah.
  38. Lomba: Pada Kegiatan Lomba, kesulitannya adalah banyak calon peserta tidak faham bahwa mereka diperbolehkan mengirimkan berkas demo lagu dalam format kualitas rendah. Dengan demikian maka para calon peserta tidak segera mengirimkan berkas rekaman demo. Hal ini diatasi dengan memperpanjang waktu pendaftaran lomba, dan para calon peserta dikontak kembali.
  39. Perekaman: Pada kegiatan perekaman, ada kesulitan menghadirkan sanggar pemenang ke tempat perekaman, dan ada kesulitan bahwa beberapa sanggar belum pernah mengalami proses rekaman. Kesulitan ini diatasi dengan memperpanjang proses waktu perekaman.

  40. Hal hal lain
  41. Temuan baru - Selama implementasi kegiatan, Sempugi mendapatkan beberapa temuan yang menurut mereka signifikan, antara lain mendapati bahwa beberapa ritual adat hilang pada jaman kekuasaan DI/TII karena dilarang oleh DI/TII. Juga ada temuan bahwa di beberapa komunitas lokal ada bagian sejarah yang tidak boleh dipublikasikan karena dianggap sakral, bahkan tidak boleh dipotret.
  42. Tanggapan terhadap mentoring - Pihak sempugi menyatakan bahwa proses mentoring kali ini bermanfaat
Tags:



October 2014 | CC BY-SA 3.0