Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Remotivi - Mentoring 13 Januari 2015



From: Roy Thaniago

To: Maman Suherman, Heru Tjatur, Info Cipta Media Bersama,

cc: Suci Wulanningsih, Septi Prameswari, Perdana Putri

Date: 2015-01-13 GMT +7 17:15

Subject: Laporan Perkembangan Rapotivi

Mas Tjatur, Kang Maman, rekan-rekan CMS,

Apa kabar? Lewat email ini saya ingin melaporkan perkembangan yang ada. Sekalian saya ingin mengenalkan 2 teman yang selama ini terlibat dalam proyek CMS ini, namanya Septi Prameswari dan Perdana Putri.

Berikut ringkasannya:

SOAL APPS

  1. Awalnya nama apps-nya adalah Lapor KPI, setelah pertimbangan matang, juga setelah diskusi dengan iLab mengenai pengalaman mereka mengelola MataMassa, kami akhirnya mengubah namanya menjadi “RAPOTIVI”. Mengambil dari nama “rapor”, apps ini diasosiakan sebagai rapor bagi tiap TV yang nilainya ditentukan oleh publik. Menanggapi usul Mas Tjatur tempo lalu, maka kami meniadkan BlackBerry. Sementara ini Android saja.
  2. Apps sedang dalam tahap penyelesaian. Minggu depan sudah bisa dicoba. Kalau masa ini sudah selesai, langsung diluncurkan di Google Play. Situs juga sudah jadi, namanya http://rapotivi.org/, sementara bisa dilihat di sini: pranala
  3. Kalau pada konsep sebelumnya, tiap aduan akan kami teruskan KPI. Tapi hal ini kami revisi. Jadi, tiap aduan akan diverifikasi dulu oleh kami. Kebetulan kami merekam semua stasiun TV selama 24 jam. Jadi, setelah aduannya terverifikasi (maksimal dikerjakan 24 jam), baru itu terunggah di apss dan situs, dan otomatis terkirim ke email KPI. Selain dikirim via email, seminggu sekali kami akan mengirimkan bundel aduannya melalui pos ke kantor KPI. Dan sebulan sekali kami akan meringkas laporan bulanan itu dan memberikannya langsung ke KPI untuk mengadakan audiensi.
  4. Belajar dari pengalaman MataMassa, kami akan meminta bantuan dari relawan sebagai pelapor resmi Rapotivi. Relawan ini diambil dari komunitas pers mahasiswa yang tertarik terlibat, lalu mereka akan mengikuti pelatihan. Relawan ini akan diwajibkan memberi laporan minimal 2x dalam seminggu, dan karenannya mendapat kompensasi uang pulsa 50 ribu per bulan dan serta merchandise. Juga, tiap 3 bulan akan dibuat lomba antarrelawan, di mana pelapor terakhir akan mendapatkan hadiah.
  5. Untuk membuat minat pengguna apps, akan dibuat semacam peringkat senioritas: Guru Magang (poin 0-100), Guru Tetap (101-200, otomatis mendapat hadiah kaos, dan berkesempatan mengikuti lomba 3 bulanan berhadiah utk poin tertinggi), Wali Kelas (201-300), dan Kepala Sekolah (301-400). Tiap aduan yang terverifikasi bernilai 10 poin.

PROMOSI

  1. Untuk meluaskan publikasi Rapotivi, kami akan berjejaring dengan komunitas pers mahasiswa di berbagai kampus, terutama di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, dan Jogjakarta. Selain bekerjasama sebagai relawan, juga akan menjadi media partner (mengiklankan Rapotivi di situs, majalah, dan media sosial mereka)
  2. Twitter kami di @rapotivi sudah aktif walau follower baru 765 (mohon bantuan mempromosikannya). Beberapa orang dengan follower banyak juga sudah bersedia kami ajak kerjasama membantu: Melanie Soebono, Agus Mulyadi, dan Ndorokakung. Kami akan mencoba kontak beberapa orang lain yang bersedia membantu.
  3. Akan ada 3 video yang diproduksi untuk promosi. 1 video lebih mengenai apps-nya itu sendiri berformat animasi (bagaimana cara kerjanya, apa tujuannya, dll), dan 2 lainnya adalah iklan tentang pengalaman warga menonton TV dan mengeluhkannya, dan memperkenalkan kemudahan untuk mengadukannya lewat Rapotivi.
  4. Acara eluncuran akan berubah dari konsep besar (mendatangkan keramaianan) menjadi diskusi kecil dengan target media. Hal ini diubah karena dana untuk membuat acara dengan konsep besar sangat tinggi, untuk membuatnya sukses. Kalau dananya pas-pasan, malah akan percuma. Jadi kami akan alihkan dana acara peluncuran ini ke iklan-iklan di media sosial dan membuat acara2 offline di komunitas-komunitas. Dana tersebut juga akan dilimpahkan dengan membuat acara2 singkat di pusat keramaian seperti Car Free Day.
  5. Pada pertengahan program, kira2 setelah 2 bulan Rapotivi diluncurkan, kami akan mengadakan lomba menulis di blog yang menceritakan pengalaman orang dengan televisi dan pengalamannya menggunaka Rapotivi. KAmi berencana kerja sama dengan komunitas-komunitas blogger untuk memperluas publikasi acara ini, selain selama ini blogger2 punya riwayat perhatian sama isu sosial.

Dan lain-lain

Karena banyak konsep yang diubah, maka kami mengajukan perubahan anggaran pula. Dalam lampiran bisa dilihat. Mohon tinjauan dan persetujuannya.

Terlampir

  1. Revisi anggaran
  2. Alur aduan apps
  3. Desain apps
  4. Notulensi diskusi terbatas di Paramadina
  5. Rencana kerja

Terima kasih.

Salam,

Roy Thaniago

Tags:



January 2015 | CC BY 4.0