Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Remotivi - Mentoring 30 Oktober 2014



Artikel

  1. Tayangan Televisi Bermasalah, Publik Harus Apa (Bagian I)?

Laporan mentor monitoring Heru Tjatur tahap I

Dari: Heru Tjatur (ICTWatch)

Tanggal: 2014-10-30 14:10 GMT+07:00

Subject: Laporan: Mentoring program Kampanye Frekuensi Milik Publik

To: Info Cipta Media

LaporKPI.org oleh Remotivi Program Kampanye Frekuensi Milik Publik

Berdasarkan catatan dari Tim Seleksi Akhir ada beberapa hal tentang program Kampanye Frekuensi Milik Publik, antara lain membuat ‘rating’ untuk acara televisi sendiri, tidak bergantung pada KPI, dan membuat materi kampanye dalam format komik agar lebih mudah ditangkap maksudnya oleh publik. Oleh karenanya ada Remotivi melakukan penajaman program dalam bentuk pembuatan aplikasi atau layanan LaporKPI.org:

A. Pembuatan aplikasi atau layanan yang dapat digunakan sebagai media untuk melaporkan atau memberi ‘rating’ pada acara televisi. Ini adalah solusi untuk memberi penguatan pada lembaga KPI agar dapat mendengar suara publik, dan di sisi lain bila KPI tidak bergerak Tim Remotivi untuk menindaklanjuti temuan atau laporan dalam bentuk publikasi penggunaan frekuensi televisi.

Beberapa hal yang dicakup dalam aplikasi LaporKPI adalah: Aduan publik sebagai bahan dasar membuat “rating” hitam acara televisi Publikasi informasi tentang (a) Edukasi Peraturan Penyiaran (P3SPS) dalam bentuk yang informatif (komik), dan (b) Membuat laporan tentang data monitoring baik dalam bentu infografis atau dalam bentuk laporan analisis hasil monitoring atau aduan.

B. Aplikasi dikembangkan sebagai layanan yang ramah dengan akses bergerak (mobile access). Sarannya adalah dalam platform Android dan iOS (jika memungkinkan) dan aplikasi web (dengan responsive design) untuk akses selain platform aplikasi mobil yang tersedia.

Pada korespondensi email, mentor menyetujui beberapa perubahan anggaran untuk menyediakan anggaran reward sebagai apresiasi pada para pelapor atau pengguna, dan untuk aktivitas sosialisasi atau marketing aplikasi ke publik.

Dan, catatan saya yang lain adalah untuk memilih media atau cara sosialisasi pun perlu memilih cara yang ‘berjarak’ lebih dekat dengan TV dan Internet.

Terima kasih

Regards,

–tjatur

Tags:



October 2014 | CC BY-SA 3.0