Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Sistem Informasi Integrasi Kepramukaan Berbasis Mobile dan Android - Mentoring 28 Agustus 2015



Laporan mentor mentoring Heru Tjatur tahap II

From: Heru Tjatur

Date: 2015-08-28 18:41 GMT+07:00 To: Info Cipta Media Bersama

Laporan Mentoring Program Sistem Informasi Integrasi Kepramukaan Berbasis Mobile dan Android

STATUS

Status proyek/ organisasi pada saat dilakukan mentoring. Apa yang sudah dilakukan dan apa yang akan dilakukan.

laporan: Program Sistem Informasi Integrasi Kepramukaan berbasis Mobile & Android atau PanduApp, pada saat mentoring (15/08/2015) terkendala pada proses penyelesaian aplikasi. Oleh karenanya, pada saat mentoring diambil langkah-langkah strategis untuk menggerakkan dan mengupayakan program berjalan kembali dengan tujuan menyelesaikan Program yang terhenti.

TANTANGAN

Tantangan yang dihadapi organisasi dan pendapat/ solusi/ diskusi mentor mengenai hal tersebut.

laporan:

  1. Menempatkan program PanduApp menjadi perhatian sampai ke tingkat Propinsi. Hal ini memberi beban tambahan pada sisi pengembangan aplikasi yang sedang mengalami kendala teknis.
  2. Ditambah dengan fakta bahwa ini adalah pengalaman pertama tim ini mengelola aktivitas yang tidak hanya tentang program sosialisasi, maka kemampuan mengoordinasi dan mengomunikasikan masalah yang harus diselesaikan menjadi beban tersendiri.
  3. Kemampuan teknis pengelolaan projek dan operasi layanan aplikasi, termasuk di dalamnya adalah perencanaan dan operasi aspek infrastruktur aplikasi mobile. Pada prinsipnya, anggota tim Pengelola Program PanduApp telah mempunyai kemampuan dan pengalaman bagaimana mengelola layanan situs web. Dengan pengalaman itu hanya perlu mengintensifkan komunikasi dan panduan yang tepat masalah ini dapat diatasi.
  4. Dengan keterlambatan proses penyelesaian aplikasi, ketersediaan sumberdaya komputasi untuk menlayani aplikasi PanduApp harus diperpanjang. Termasuk didalamnya adalah mencarikan program atau kegiatan ke institusi terkait Kepramukaan agar mendapat solusi yang lebih permanen untuk keberlanjutan program.

PERBAIKAN

Perbaikan yang disarankan atas apa yang telah dilakukan/ akan dilakukan.

laporan:

  1. Tim Pengelola Program PanduApp akan mengirimkan permintaan perpanjangan pelaksanaan program sampai akhir Desember 2015. Bersama dengan permintaan program, Tim Pengelola harus melakukan perbaikan laporan keuangan dan naratif yang diperlukan.
  2. Memutuskan kontrak dengan pengembang aplikasi PanduApp saat ini. Untuk meneruskan program pengembangan aplikasi dan layanan mobile PanduApp, Tim telah meminta dan menunjuk Tim Developer di bawah koordinasi Andri Johandri untuk melanjutkan proses pengembangan.
  3. Tim Pengelola akan menyusun jadwal dan agenda kegiatan yang disesuaikan dengan aktifitas dan proses kemajuan pengembangan aplikasi PanduApp. Termasuk dalam rencana tersebut adalah penggunaan anggaran yang masih tersedia.
  4. Untuk beberapa sumberdaya komputasi yang diperlukan untuk melayani aplikasi PanduApp sementara akan dialihkan ke sumberdaya yang ada di bawah pengelolaan ICTWatch sampai diperoleh solusi yang lebih permanen.

KEMAJUAN PROYEK

Bagaimana proyek berkembang sejak terakhir dilakukan mentoring.

laporan: Karena kendala teknis pengembangan aplikasi, maka proses yang lain seolah ditarik ke belakang. Mengingat kemampuan dan jaringan yang dimiliki dan mendukung Tim Pengelola PanduApp, jika kendala teknis dapat diatasi, saya masih melihat perogram ini dapat diselesaikan dengan baik.

NILAI

Nilai upaya baik nilai yang diberikan oleh pelaku proyek pada proyeknya sendiri ataupun nilai yang diberikan oleh mentor kepada pelaku proyek.

laporan: Terlepas dari aspek teknis, Tim PanduApp dan jejaring yang dimilikinya berhasil menempatkan program PanduApp menjadi perhatian sampai di tingkat Propinsi dan mendapatkan dukungan di pelbagai daerah (Kwartir Daerah Jawa Barat dan Kwartir Cabang di beberapa a.l. Sukabumi & Bojonegoro) dalam rangka pengembangan dan pendirian/rintisan Saka Telematika di tingkat Nasional.Nilai 65 atau 6.5 untuk skala 0-10

Tags:



August 2015 | CC BY 4.0