Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Sistem Informasi Integrasi Kepramukaan Berbasis Mobile dan Android - Mentoring 22 Januari 2015



From: Mulyana Sandi

Date: 2015-01-22 8:03 GMT+07:00

To: Yantisa Akhadi

Selamat pagi pak Yantisa.

Terimakasih masukannya, mungkin untuk target total kita sebanyak 2400 itu baik melalui mobile dan android pengukurannya berdasarkan target Road to School sebanyak 24 sekolah, jika diperhitungkan per sekolah artinya 1 sekolah memiliki target 100 anggota, kemungkinan dari 1 sekolah ada yang kurang dari 100 anggota dan ada yang lebih dari 100 anggota sehingga kami menghitungnya total 2400 anggota selama road to school.

Untuk pengguna aktif, jujur saja belum dapat bayangan untuk menghitungnya, soalnya beberapa kriteria pengguna aktif yang mungkin sulit di ukur misalnya: 1. setiap anggota berapa kali aktif dalam seminggu/sebulan. 2. anggota aktif posting dalam seminggu/sebulan berapa kali posting 3. anggota aktif login dalam seminggu/sebulan berapa kali login 4. anggota aktif mengerjakan kuis 5. …

soalnya anggota aktif login minggu/bulan ini kemungkinan berbeda minggu/bulan depan, semisal jika aktif posting biasanya ada kegiatan kepramukaan disekolah/lingkungannya. aktif mengerjakan kuis bisa jadi per triwulan atau semester tergantung pelaksanaan kegiatan kepramukaannya. kalo aktif login kemungkinan bisa di hitung dari pembina dan senior pramuka, aktif login ini kaitannya dengan informasi dan materi yang disajikan dalam aplikasi.

Mungkin dari pak Yantisa dan pak Tjatur ada masukan lain?

Terimakasih.

Salam, Mulyana Sandi

From: Heru Tjatur

Date: 2015-01-22 11:08 GMT+07:00

To: Mulyana Sandi

Sip, ini lebih konkrit Kang Mulyana….

Ini kan target berdasarkan rencana untuk melakukan roadshow dan bekerja-sama secara langsung dengan dengan sekolah sebagai pengurus dan pengelola Gugus Depan di lingkungan Kwartir Cabang Sukabumi. Sekarang pembahasan fokus di sini dulu, untuk merancang interaksi dengan mereka lebih intensif. Dari sini coba dirancang program dalam 3 dan 6 bulan setelah peluncuran program. Akan melakukan apa setelah peluncuran, dalam hal ini isi dari roadshow. Misalnya, untuk pembina Pramuka membuat program insentif agar ada konten edukasi pramuka di sana (artikel tentang dasar kepramukan, kesehatan, teknologi informasi, survival, dan kuis-kuis untuk membuat pengguna membaca dan mendiskusikan informasi yang disajikan dalam aplikasi). Dari sana, Tim Program bisa membuat acuan target, misalnya: berapa banyak informasi yang bisa diposting, berapa target pengikut kuisnya. Beberapa informasi awal memang harus dibuat dan disediakan anggaran pembuatannya untuk memancing partisipasi dari pengguna (pembina dan pramukanya).

Untuk yang fokus ini, silahkan Tim mendiskusikan internal seperti apa dan berapa anggaran yang akan digunakan di sana. Dari sini Tim Program akan mempuanyai gambaran awal atau ekspektasi berapa kali pengguna akan mengakses aplikasi untuk mendapatkan/mengupdate informasi tentang kepramukaan dan program-program yang sedang berjalan di sana.

Sementara untuk audiens yang lebih luas, kira-kira promosi yang akan dilakukan akan menggunakan jejaring yang mana? Misalnya,jika lewat jejaring RTIK promosinya akan diikutkan lewat agenda acara yang mana; jika melalui Saka Telematika, di sana ada agenda apa; kemudian bagaimana menyusun rencana promosi melalui media sosial dan seluruh jejaring yang ada. Dari rencana itu, Kang Mulyana dan Tim, bisa menetapkan target hasilnya, misalnya berapa banyak pembina yang bersedia bergabung dan berapa banyak anggota pramuka yang mendaftar dan menggunakan aplikasi. Ini perlu jangan sampai mengikuti dan melakukan aktivitas, tetapi hasilnya tidak bisa diukur.

Hanya saja, hal yang paling mendasar yang perlu mendapat perhatian penting dari sekarang adalah menyiapkan konten. Paling tidak saat diluncurkan dan dipromosikan, sudah ada konten-konten tentang informasi dasar kepramukaan.

Begitu Kang Mulyana…

–tjatur

Tags:



January 2015 | CC BY 4.0