Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Sistem Informasi Integrasi Kepramukaan Berbasis Mobile dan Android - Mentoring 14 Januari 2015



From: Mulyana Sandi

Date: 2015-01-14 20:03 GMT+07:00

To: Heru Tjatur, Yantisa Akhadi

Selamat malam pak Tjatur

Maaf membalas emailnya agak telat, boleh pak, kita diskusi via email, kalo pak Yantisa apakah nanti akan tetap datang juga atau cukup diskusi via email? Mungkin baru beberapa yang dapat dijawab dari pertanyaan Pak Tjatur. Untuk indikatornya Tersedia statistik penguna aplikasi Mobile dan Android, Tersedia informasi dan kegiatan yang di publikasikan, Tersedia materi yang di bagikan, Bertambah anggota yang terdaftar.

  1. Indikator pertama: Tersedia statistik pengguna aplikasi Mobile dan Android. Ini sangat mudah, karena cukup membuat akun Google Analytics, dan fasilitas ini semua sudah tersedia. Yang perlu diperhatikan adalah a. Memastikan telah membuat akun Google Analytics; b. Membuat akun tersebut tersebut juga sebagai akun (menautkan akun tersebut) untuk akses ke Google Playstore untuk memantau dan mengakses publikasi Aplikasi Mobilenya (salah satunya statistik pengunduh aplikasi); c. Memastikan bahwa script Google Analytics terpasang pada aplikasi mobile-nya dan mobile-sitenya.

(Tolong Kang Mulyana dan Tim memastikan hal ini ke Tim Developer, dan memberikan fitur apa saja yang akan dilacak aktivitasnya.

  • Untuk poin 1 (a-c) sudah dapat dipahami dan akan terus dikoordinasikan dengan developer, apakah menggunakan Google Analystics atau menggunakan alternatif lain. Misalnya: Berapa kali informasi kepramukaan dibaca, sebuah kuis diikuti, dst. Kang Mulyana dan Tim masih punya daftar fiturnya, kan. Kalau ada yang kurang jelas, mari kita diskusikan bagian mana yang akan diperjelas).

  • untuk poin ini belum bisa menentukan targetnya, apakah informasi ini hitung setiap dibaca/perview atau berdasarkan target user, sedangkan untuk target informasi seperti agenda itu dapat di lihat oleh akun tamu juga.
  • untuk kuis yang di ikuti mengacu pada anggota yang aktif per gugus depan (gudep) dan jumlah anggota per gudep pasti berbeda, namun jika di prosentasikan setiap gudep diikuti 25% anggota gudep tersebut.
  • untuk fiturnya dapat dilihat pada gambar(desain lama) yang ada dilampiran pada saat mentoring pertama, namun ada beberapa perubahan seperti menu Materi dan Lencana Digital.

Pertanyaan berikutnya adalah: Berapa target yang akan dicapai, misalnya jumlah download aplikasi,

  • Untuk jumlah target yang dicapai sebanyak 100 anggota x 24 sekolah = 2400 anggota
  • karena ini berbentuk mobile dan android maka kita asumsikan ada perbandingan
  • untuk mobile sebanyak 1800 pengguna dan android 600 pengguna
  • pengguna mobile lebih banyak karena cakupan mobile lebih luas.

berapa banyak sebuah konten dikonsumsi,

  • dari setiap konten minimal 5 pembaca dikali 24 sekolah = 120 pembaca
  • dengan asumsi pembaca aktif adalah minimal pendamping pramuka (kakak kelas/senior)

berapa jumlah user aktif, artinya tidak hanya download, tetapi mereka juga mendaftarkan akun dan aktif menjadi pengguna.

  • hanya mendaftar akun 2400 pengguna total target
  • mendaftar melalui mobile 1800 pengguna dari 2400 pengguna
  • hanya download 600 pengguna dari 2400 pengguna
  • pengguna aktif 450 pengguna android ( 75% dari total pengunduh)
  • pengguna aktif 450 pengguna mobile (25% dari total pendaftar melalui mobile)
  • untuk perhitungan pengguna aktif ini masih kurang memahami, soalnya ada beberapa kriteria pengguna aktif seperti pendaftar baru juga apakah bisa dibilang pengguna aktif, soalnya ketika terdaftar berarti masuk kedalam basis data anggota yang aktif pada gugus depan (gudep) tersebut.

Target ini terkait juga dengan indikator sukses yang ke-empat.

Untuk memperkirakan angka target tersebut, tentu saja yang dapat dicapai (achievable), beberapa informasi yang dapat dipakai sebagai acuan: B erapa banyak anggota Pramuka di Sukabumi (sebagai target utama).

Coba perkirakan berapa persen dari anggota Pramuka tersebut yang menggunakan Smartphone Android (mudah-mudahan informasi tertangkap dalam survey yang pernah dilakukan Tim Kepramukaan dalam menentukan fitur yang lalu. Ada informasinya, Kang?).

Dari total hasil survei 83%, Android 62.25% dan 20.75% mobile Namun untuk menghitung pengguna lebih ditekankan pada mobile 75% dan aplikasi 25% karena dalam pengguna mobile sudah pasti salah satunya menggunakan perangkat android, sedangkan aplikasi hanya menggunakan perangkat android.

Yang kedua, untuk target di luar Kabupaten Sukabumi, melalui jejaring yang saat ini ada antara lain dari jejaring RTIK Jawa Barat dan Saka Telematika. Coba kontak dengan penggerak di sana dan gali beberapa informasi untuk mendapatkan berapa banyak pengguna yang dapat dijaring melalui jejaring tersebut.

  • Untuk luar kota sukabumi kita sudah mengkoordinasikan seperti kegiatan sosialisasi ikut langsung dalam kegiatan RTIK di luar kota sukabumi, dan akan kami lebih mengkoordinasikan kembali melalui RTIK Indonesia dan Saka Telematika.
  1. Indikator kedua dan ketiga ini terkait. Ini jauh lebih mudah menentukannya, karena a. terkait anggaran yang tersedia, b. ketersediaan sukarelawan yang bersedia membuat konten untuk dibagikan melalui aplikasi Kepramukaan ini, dan c. pengguna aktif yang memiliki kemampuan menciptakan konten.

Dari sini dapat diperkirakan untuk setiap jenis konten yang akan ‘dipompakan’ ke aplikasi dan jadwalnya dalam 3 dan 6 bulan ke depan setelah aplikasi diluncurkan.

Berikut adalah bagaimana dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut.

  • Dalam rencana aplikasi sebelumnya, Pembina Pramuka diberikan akses untuk membuat Agenda, Materi dan Kuis. Dimana agenda akan memberikan informasi kegiatan yang dipublikasikan, Materi disini dapat berbentuk materi umum dan materi khusus yang diberikan pembina. dan Kuis yang dibuat oleh pembina disini diberikan untuk menambah target pengguna aktif. Bagaimana dan di mana proses sosialisasi harus dilakukan untuk mencapai target pertama di lingkungan Kabupaten/Kwarcab Sukabumi.

  • Bekerjasama dengan Kwarcab
  • melakukan pengenalan melalui seminar,
  • Pendampingan berfokus pada pemanfaatan konten dan informasi khusus untuk pembina
  • Sosialisasi ke Sekolah (Road to School) lebih menekankan pada target pengguna.

Kemudian acara apa yang dapat diikuti untuk menjangkau target melalui jejaring RTIK dan Saka

Telematika.

  • Acara yang biasanya dapat di ikuti seperti workshop

Mungkin sementara hanya bisa menjawab seperti itu, mohon koreksinya jika ada jawaban yang kurang.

Terimakasih.

Salam, Mulyana Sandi

Tags:



January 2015 | CC BY 4.0