Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Sistem Informasi Integrasi Kepramukaan Berbasis Mobile dan Android - Mentoring 13 Januari 2015



From: Yantisa Akhadi

Date: 2015-01-13 6:14 GMT+07:00

To: Mulyana Sandi

Selamat pagi kang Mulyana,

Untuk bulan ini 24-25 Januari yang sepertinya masih memungkinkan (saya sudah ada agenda tgl 17/18), tapi perlu dikonfirmasi dengan jadwal mas Tjatur juga ya.

Salam, Iyan

From: Mulyana Sandi

Date: 2015-01-13 6:47 GMT+07:00

To: Yantisa Akhadi

Selamat pagi pak Yantisa,

Terimakasih atas konfirmasinya, kami menunggu juga konfirmasi dari pak Tjatur, semoga tanggal 24-25 Januari 2015 bisa di agendakan juga.

Salam, Mulyana Sandi

From: Heru Tjatur

Date: 2015-01-13 12:22 GMT+07:00

To: Mulyana Sandi, Yantisa Akhadi

Wah, tanggal itu ada di Denpasar, Kang. Mulai pekan depan s/d kurang lebih 6-9 Februari, week-end sudah fully-booked, euy. Bagaimana kalau diskusi via email saja dahulu. Menurut saya, keterlambatan delivery aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk mempersiapkan proses peluncuran program Kepramukaan ini. Terkait dengan masuka dari mBak Siska, himbauan untuk merevisi indikator keberhasilan bukan sesuatu yang sulit dilakukan, mengingat indikator yang dimasukkan dalam memang ‘agak mudah’ dicapai karena tidak ada inidikator kuantitatifnya. Ini cuplikannya Indikator sukses anda dalam permohonan hibah

Tersedia statistik penguna aplikasi Mobile dan Android Tersedia informasi dan kegiatan yang di publikasikan Tersedia materi yang di bagikan Bertambah anggota yang terdaftar Mari kita bahas satu per satu:

Indikator pertama. Tersedia statistik pengguna aplikasi Mobile dan Android. Ini sangat mudah, karena cukup membuat akun Google Analytics, dan fasilitas ini semua sudah tersedia. Yang perlu diperhatikan adalah a. Memastikan telah membuat akun Google Analytics; b. Membuat akun tersebut tersebut juga sebagai akun (menautkan akun tersebut) untuk akses ke Google Playstore untuk memantau dan mengakses publikasi Aplikasi Mobilenya (salah satunya statistik pengunduh aplikasi); c. Memastikan bahwa script Google Analytics terpasang pada aplikasi mobile-nya dan mobile-sitenya. (Tolong Kang Mulyana dan Tim memastikan hal ini ke Tim Developer, dan memberikan fitur apa saja yang akan dilacak aktivitasnya. Misalnya: Berapa kali informasi kepramukaan dibaca, sebuah kuis diikuti, dst. Kang Mulyana dan Tim masih punya daftar fiturnya, kan. Kalau ada yang kurang jelas, mari kita diskusikan bagian mana yang akan diperjelas.)

Pertanyaan berikutnya adalah: Berapa target yang akan dicapai, misalnya jumlah download aplikasi, berapa banyak sebuah konten dikonsumsi, berapa jumlah user aktif, artinya tidak hanya download, tetapi mereka juga mendaftarkan akun dan aktif menjadi pengguna. Target ini terkait juga dengan indikator sukses yang ke-empat.

Untuk memperkirakan angka target tersebut, tentu saja yang dapat dicapai (achievable), beberapa informasi yang dapat dipakai sebagai acuan: Berapa banyak anggota Pramuka di Sukabumi (sebagai target utama). Coba perkirakan berapa persen dari anggota Pramuka tersebut yang menggunakan Smartphone Android (mudah-mudahan informasi tertangkap dalam survey yang pernah dilakukan Tim Kepramukaan dalam menentukan fitur yang lalu. Ada informasinya, Kang?). Yang kedua, untuk target di luar Kabupaten Sukabumi, melalui jejaring yang saat ini ada antara lain dari jejaring RTIK Jawa Barat dan Saka Telematika. Coba kontak dengan penggerak di sana dan gali beberapa informasi untuk mendapatkan berapa banyak pengguna yang dapat dijaring melalui jejaring tersebut.

Indikator kedua dan ketiga ini terkait. Ini jauh lebih mudah menentukannya, karena a. terkait anggaran yang tersedia, b. ketersediaan sukarelawan yang bersedia membuat konten untuk dibagikan melalui aplikasi Kepramukaan ini, dan c. pengguna aktif yang memiliki kemampuan menciptakan konten. Dari sini dapat diperkirakan untuk setiap jenis konten yang akan ‘dipompakan’ ke aplikasi dan jadwalnya dalam 3 dan 6 bulan ke depan setelah aplikasi diluncurkan.

Berikut adalah bagaimana dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut. Bagaimana dan di mana proses sosialisasi harus dilakukan untuk mencapai target pertama di lingkungan Kabupaten/Kwarcab Sukabumi. Kemudian acara apa yang dapat diikuti untuk menjangkau target melalui jejaring RTIK dan Saka Telematika.

Okay sementara itu dulu yaa, Kang. Mas Yantisa ada yang mau ditambahkan?

Regards, –tjatur

Tags:



January 2015 | CC BY 4.0