Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Monitoring Wilayah Hutan Suku Tobelo Dalam Dodaga dengan Seluler - Mentoring 2 Mei 2015



Laporan mentor pembimbing Yantisa Akhadi tahap II

From: Yantisa Akhadi

Date: 2015-05-02 17:01 GMT+07:00

Subject: Laporan Mentoring Kedua

To: Siska Doviana, Biyanto Rebin, Idaman Andarmosoko,

Selamat sore,

Terlampir laporan kedua monitoring hutan suku Tobelo Dalam Dodaga.

Melengkapi apa yang sudah dilaporkan oleh bapak Idaman sebelumnya, berikut adalah laporan kedua hasil kunjungan pada tanggal 27 April 2015 di Rumah AMAN Maluku Utara, Ternate.

  1. Status penerima hibah kini

Dana tahap pertama sudah turun. Pelatihan untuk akuntan proyek yang baru telah dilakukan. Diharapkan pada bulan Mei laporan keuangan penggunaan dana dapat diselesaikan. Sistem Ushahidi saat ini masih operasional (http://lapor.amanmalut.or.id/). Pembuatan laporan berjalan manual berdasarkan SMS yg diterima secara manual oleh operator dari AMAN (pak Munadi dan Ubaidi Abdul Halim)

  1. Tantangan yang dirasakan oleh penerima hibah
  • Masalah koneksi antara server dengan warnet sebagai perantara koneksi, namun masalah ini cukup jarang terjadi.
  • Duplikasi titik dan titik ada yg muncul di tempat semestinya (di laut) ketika melakukan pelaporan dalam sistem Ushahidi, ketika diinvestigasi ternyata akibat dari bug di Ushahidi.
  • Hasil pemetaan telah dikumpulkan namun belum bisa diintegrasikan ke dalam sistem Ushahidi (melalui OSM) berhubung terdapat kendala teknis.
  1. Perbaikan yang bisa dilakukan oleh penerima hibah
  • Pada akhir April, mentor telah melakukan pendampingan dan pelatihan singkat untuk memperbaiki berbagai duplikasi laporandan memasukkan data survey yang pernah dilakukan sebelumnya.
  • Perbaikan tertib pelaporan penggunaan dana.
  • Memasukkan semua data survey yang masih tersimpan ke dalam platform Ushahidi Lapor AMAN Malut. Akan lebih baik juga apabila ada survey lanjutan untuk memperbarui data.
  1. Kemajuan proyek dari titik laporan terakhir
  • Telah masuk 53 laporan dalam 7 kategori laporan dari bulan Oktober 2014 - akhir April 2015

400px-Mei_2_2015_Tobelo_Mentor_Yantisa

  • Hasil pemetaan lapangan selama ini hanya tersimpan dalam bentuk berkas shapefile (.shp) dan tersimpan di laptop. Data ini rentan hilang apabila tidak ada mekanisme backup yang baik. Beberapa diantaranya kini telah dimasukkan ke dalam OpenStreetMap (OSM) agar menjadi latar belakang dari platform Ushahidi. Berikut perbedaan tampilan peta pada OSM Dodaga:

Dodaga Sebelum

400px-Mei_2_2015_Tobelo_Mentor_Yantisa_2.jpg

Dodaga Sesudah

400px-Mei_2_2015_Tobelo_Mentor_Yantisa_3.jpg

Pada platform Ushahidi background peta yang diperbarui memperkuat laporan yang ada sebagaimana yang bisa disaksikan pada tampilan berikut:

400px-Mei_2_2015_Tobelo_Mentor_Yantisa_4.jpg

  1. Nilai (0 hingga 10) : 7
Tags: