Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Marsinah FM - Mentoring 13 Oktober 2014



Pertemuan antara WMID dan Lingkar Suara Buruh Perempuan

Komunitas Lingkar Suara Buruh Perempuan via Dian Trisnanti telah menerima hibah tahap pertama pada 20 Agustus 2014 sebesar Rp. 301.523.000. Hampir dua bulan dari penurunan hibah tahap pertama, Siska dan Biyanto dari Tim CMS melakukan silaturahmi dengan mengadakan ngobrol santai dengan Mba Dian dan pelatihan wiki dengan Mba Vivi, berikut adalah ringkasannya.

Lokasi radio berada di Semper, Jakarta Utara namun rumah sewa yang sekarang ditempati rencananya pindah, lokasi baru belum ditemukan tapi maksimum November 2014 sudah harus siap pindah. Kini lokasi Semper sedang beres beres.

Marsinah FM masih berupa komunitas, sedang “pikir-pikir” untuk menjadikannya badan hukum, dan sudah ada upaya ke arah sana Radio Marsinah FM masih siaran dengan gelombang 106 (sudah ngga berebutan lagi frekuensinya) Mengudara jam 16:00 - 22:00 Seluruh komunikasi radio masih ke 089686212367 Nomor ini apabila di SMS akan muncul di layar penyiar radio yang sedang siaran. rubrik paling ngetop dangdut (2 rubrik) & bolywood (1 rubrik) per rubrik ada 20an SMS rubrik paling ngga ngetop adalah Korea (1 rubrik) 5-2 SMS rubrik talkshow per penyuka dibagi tiga rubrik cermin paling ngetop kerjasama dengan Perhimpunan Keluarga Berencana Indonesia PKBI ( (kesehatan reproduksi (Mba Tien) rubrik rumah tentang kesehatan keluarga, pendidikan anak kerjasama dengan Perhimpunan Keluarga Berencana Indonesia PKBI (6 SMS) rubrik hak dan hukum teman teman serikat (bintang tamu) rubrik pembacaan naskah, layar (pembacaan puisi dan novel tidak pakai insert) Radio online sedang diusahakan, yaitu melalui streaming radio yang sudah jalan. Website sedang diperbaiki menggunakan jasa media kreativa. Website rencananya sudah termasuk radio online. Paket ini tidak termasuk SMS center. Website menggunakan domain www.marsinahfm.com Hosting menggunakan (belum tahu) tidak tahu juga biayanya berapa Sebelumnya websitenya menggunakan .blogspot.com yang tidak berbayar dan aktif sekali. Penuh dengan foto foto dan cerita-cerita inspiratif. Permintaan hibahnya sendiri adalah untuk membuka ruang diskusi, streaming radio, dan ekspansi ke daerah lain. Rencananya karena ruang diskusi radio terbatas, maka pada siaran rubrik rubrik tertentu dibuatlah facebook grup berdasarkan tema. Sehingga akan ada 7 tema yang terpisah. Facebook grup ini akan diiklankan ke pendengar marsinahfm (radio, poster online, what app, BBM) Rencananya akan ada admin pusat yang fokus hanya untuk memproduksi tema.

Sebagai penutup: Tambahan dari siska ke Mba Dian adalah minta cerita realitas agar kejadian kejadian yang paling banyak terdokumentasi, dan memudahkan apabila ada buruh wanita yang bertanya mengenai kejadian yang sama. Karena produk tulisan paling sering adalah cerita inspiratif buruh dari negara lain, tidak ada cerita realitas tentang jenis-jenis pengaduan buruh perempuan selama ini ke penyiar radio atau SMS pusat. Padahal ini banyak terjadi, dari hamil dipecat lalu setelah melahirkan suruh melamar lagi, atau cerita cerita kekerasan dalam rumah tangga, serta cerita-cerita mediasi dsb.

Untuk grup whats app, BBM, SMS, facebook (target 12 grup) - 7 nomor hape grup menggunakan tematik nasional - 5 nomor hape untuk koordinator (tiap wilayah)

Tags:



October 2014 | CC BY-SA 3.0