Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Mitra Kerja Penyandang Disabilitas - Mentoring 13 Maret 2015



Hasil pertemuan dengan mentor Ahmad Nasir

From: rubby emir

Date: 2015-03-13 16:49 GMT+11:00

To: Akhmad Nasir, Yanuar Nugroho, Info Cipta Media Bersama

Teman-teman mentor dan tim CMS yang baik, Kemarin Saujana berkesempatan berdiskusi dengan Mas Nasir tentang perkembangan proyek MKPD sampai hari itu. Diskusi yang berlangsung di kantor Saujana ini menghasilkan catatan-catatan sebagai berikut:

Dari Saujana, lewat Rubby dan tim Programmer menerangkan kepada mas Nasir bahwa sampai kemarin proses pengembangan website telah sampai pada fase finalisasi fungsi, navigasi dan antar muka. Pembetulan bug juga merupakan pekerjaan di tahap ini. Versi online dari pengembangan Website bisa diakses di www.v1.kerjabilitas.com.

Website yang diberi nama www.kerjabilitas.com ini terdiri dari 2 platform utama, yaitu (1) situs kerjabilitas itu sendiri, dan (2) microsite berisi pustaka pengetahuan yang terhubung dengan situs utama lewat navigasi menu “Pustaka”. Microsite “Pustaka” akan menggunakan CMS (Content Management System) supaya pengelolaannya lebih mudah dan tidak “mengganggu” system utama yang sudah relatif rumit. Saat ini CMS ini masih dalam tahap pengerjaan dan penyesuaian dengan konten yang akan dimuatkan.

Pengembangan app Android masih pada kerangka platformnya, karena masih menunggu website pada versi beta (lebih stabil). Ada perubahan besar pada konsep sistem sites kerjabilitas yang dikembangkan, dari yang awalnya (pada saat diusulkan) merupakan situs direktori lowongan pekerjaan bagi penyandang disabilitas, menjadi situs”Jaringan Sosial Karir” penyandang disabiilitas. Alasan perubahan adalah supaya situs ini bisa mengembangkan pengguna dan informasinya secara horisontal yaitu dari pengguna oleh pengguna. Dan juga supaya di masa mendatang informasi lowongan bisa dikembangkan sendiri oleh penggunanya, tanpa tergantung pada admin. Perubahan konsep ini baru akan diterapkan dalam versi beta, atau maksimal 2 bulan setelah versi Alfa diluncurkan pada 23 Maret 2015. Ada beberapa konsekuensi besar yang harus ditanggung, yaitu tingkat kerumitan sistem dan kebutuhan servernya yang jelas meningkat. Tapi sejauh ini, konsekuensi tersebut kami proyeksikan masih bisa diatasi dalam proyek ini.

Dari segi pengembangan konten, kami menginformasikan bahwa saat ini telah memproduksi 3 video dokumenter inspiratif dengan tema “Aku Seberdaya Kamu”. Dari 3 produksi, 1 video telah diunggah lewat YouTube (https://www.youtube.com/watch?v=iUWEQ96uDFE), sedangkan 2 lainnya masih pada tahap penyuntingan. Untuk Audiobook, kami sudah mengumpulkan beberapa 6 buku digital yang siap diubah menjadi buku suara. Proses pengubahan akan memanfaatkan sumberdaya kami sendiri dengan melibatkan para pakar untuk melatih dan mendampingi.

Masukan dari Mas Nasir Supaya pengembangan website dan aplikasi bisa lebih terencana, disarankan untuk membuat “Grand Design” yang mengakomodir rencana pengembangan kedepan, termasuk rancangan awal dari “direktori pekerjaan” menjadi “jaringan sosial karir disabilitas” yang saat ini telah direncanakan. Pada website Kerjabilitas, di halaman profil, form “Pengalaman Kerja” disarankan memasukkan “Tempat Kerja”, “Posisi” dan “Lama Kerja” supaya informasi lebih lengkap dan memudahkan penyaringan. Fitur “Undang Kawan” lewat email bisa ditambah lagi dengan undang lewat Facebook, Twitter atau media sosial lainnya. Untuk mendorong perusahaan lain yang belum menerima difabel untuk menjadi “Perusahaan Inklusi”, bisa membuat laman direktori berisi daftar “Perusahaan Inklusi”, yaitu perusahaan yang terbukti pernah memasang iklan atau mempekerjakan difabel. Tidak perlu menunggu app Android selesai dibangun untuk meluncurkannya kepada publik, tapi cukup dengan memasang url website kerjabilitas.com di Google Play dulu (karena website sudah responsive/mobile friendly). Hal ini penting supaya kita memiliki waktu yang cukup untuk bisa mengukur dampaknya dan melakukan perbaikan, daripada menunggu app selesai, karena waktunya juga sudah mepet dengan akhir proyek. Dalam masa menjelang peluncuran cobalah untuk mengoptimalkan para buzzer medsos yang bisa dimintai tolong untuk meningkatkan jangkauan distribusi website ini. Kalau bisa, Kemensos harus tahu kalau ada yang namanya kerjabilitas.com. Ada yang namanya Radio Buku yang berbasis di Yogya, yang mungkin bisa diajak kerjasama untuk pengembangan buku suara atau buku digital. Karena membuat buku suara dari buku komersial masih terbentur dengan ijin, hak cipta, atau semacamnya, mungkin bisa dicoba untuk membuat 1 dulu dan lihat efektifitasnya.

Pertanyaan dari Saujana kepada Mentor dan CMS: Dengan pertimbangan efektifitas salah satu sub-kegiatan yaitu Pengembangan Konten, termasuk di dalamnya produksi e-book dan buku suara, kami meminta pertimbangan dari mentor untuk menggunakan dana sisa termin pertama, yaitu pos “Gaji Programmer 2” untuk dialokasikan pada perekrutan dan gaji “Staff Pengembang Konten”. Dana tersebut tersisa karena kami kesulitan merekrut Programmer 2 sehingga pos tersebut tidak terisi dan dananya tidak terpakai. Terkait dengan kesulitan rekrutmen itu sendiri, kami telah menggunakan beberapa cara, termasuk meminta bantuan mas Nasir, tapi memang baru berhasil setelah proyek berjalan kurang lebih 4 bulan. Total dana yang direlokasi sekitar Rp.12 juta sampai Rp.15 juta untuk gaji staff “Pengembang Konten” selama 7-8 bulan. Demikian catatan hasil diskusi berikut pertanyaan dari kami. Saran dan kritiknya kami tunggu.

Salam, Rubby

Tags:



March 2015 | CC BY 4.0