Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Mitra Kerja Penyandang Disabilitas - Mentoring 25 Oktober 2014



Laporan mentor Yanuar Nugroho tahap I

2014-10-25 22:34 GMT+07:00

Subject: LAPORAN MENTORING [Cipta Media Seluler] Mitra Kerja Penyandang Disabilitas

To: email protected Dear mb Siska dan team Laporan Pertama Mentoring Media Kerja Penyandang Difabilitas (MKPD) MKPD (Saujana) mulai bekerja September 2014.

Catatan dari saya untuk proyek ini:

  1. Progress update saya mintakan tertulis dari MKPD. Ada di bagian akhir email ini dan dalam lampiran. Mohon disertakan sebagai bagian tak terpisahkan dari laporan ini.
  2. Dilaporkan bahwa hasil FGD menjustifikasi asumsi dan observasi Saujana awal bahwa (a) Ada gap informasi terhadap akses pekerjaan (b) ada gap terhadap akses ke pekerjaan itu sendiri. Hasil FGD juga memunculkan banyak masalah lain terkait isu pekerjaan yaitu keterampilan maupun kurangnya penguatan hukum tentang hak penyandang disabilitas terhadap pekerjaan.
  3. Karena itu Sistem Informasi akan dibuat sesuai dengan kebutuhan tiap jenis disabilitas seperti:
  4. Tuna netra: memberi detil deskripsi gambar dan trial screen reader yang sering digunakan oleh mereka, termasuk penamaan yang jelas untuk button
  5. Tuna rungu: memakai kalimat efektif, mengurangi anak kalimat
  6. Memaksimalkan fungsi gawai dan assistive technology yang sudah ada baik dalam PC maupun ponsel (seperti aplikasi JAWS dan Talk back) dengan menggunakan mereka dalam uji coba termasuk melibatkan calon pengguna dalam prosesnya.
  7. Dari hasil FGD, ditemukan bahwa ada penyandang disabilitas usia produktif yang tidak menggunakan PC atau Android, baik karena keterbatasan alat maupun keterampilan menggunakannya. Hal ini memunculkan kebutuhan lain untuk membantu mereka untuk menggunggah informasi pribadi mereka ke dalam sistem informasi yang dikembangkan.

Terkait hal diatas, saya mengusulkan untuk memikirkan inisiasi sebuah Pusat Layanan Disabilitas di kantor Saujana yang menyediakan alat dan melakukan pelatihan bagi kelompok difabel untuk menggunakan teknologi yang dikembangkan dalam proyek ini. Juga ditekankan bahwa setelah sistem informasi versi beta selesai dibuat, tim Saujana perlu mendatangi perusahaan untuk mensosialisasikan sistem ini dan mengajak mereka untuk menggunakannya. Pengumpulan dan pengembangan konten akan dimaksimalkan kembali setelah FGD terakhir (25 Oktober) di Jogja. Demikian laporan pasca mentoring via Skype 24/10/14.

Salam,

y

Tags:



October 2014 | CC BY-SA 3.0