Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Indonesian Street Art Database - Mentoring 2013



Dari Siska kepada Andi RHARHARHA via surel dengan subyek: Surat Resmi Permohonan Laporan Hibah Termin II Indonesian Street Art Database

Halo Andi, Terima kasih atas laporan dan pemberitahuannya.

Untuk penggunaan dana festival yang rencananya dimulai pada bulan November 2013, dan merupakan acara yang telah disetujui dari awal permintaan dana hibah sehingga tidak masalah.

Namun ada ketidak sesuaian anggaran dari excel yang dikirimkan dan anggaran yang sebelumnya (sasaran E Festival), terlihat anggarannya bengkak dari Rp. 64 juta rupiah menjadi Rp. 111 juta (hampir dua kali lipat), dan rincian biayanya juga menjadi lain sama sekali dari permintaan awal.

Mungkin ini karena tercampur operasional ya.

Jadi pada pranala dibawah kedua hal ini saya pisah.

Berikut pertimbangan dan keputusan saya:

Laporan yang dituliskan oleh Andi untuk ISAD sudah dimuat (laporan termin II)
Laporan aktivitas ISAD terakhir tercatat April 2012, saya tambahkan keterangan disana bahwa medium yang digunakan adalah facebook: Namun pernyataan ini berarti laporan naratif harus direvisi, pada bagian pembelajaran, bahwa wiki sebagai pelaporan aktivitas tidak cocok untuk ISAD, dan medium yang lebih cocok adalah facebook. Saya sendiri kurang paham apakah twitter ISAD berhasil atau tidak, silahkan ditambahkan apabila memang menunjukkan aktivitas yang sama berhasilnya dengan facebook.
Karena ISAD telah menggunakan dana sebesar +/- Rp. 80 juta-an hal ini harus tercermin di wiki laporan hibah termin II. Hal ini masih tercatat sebagai "0" (nol) karena jumlahnya yang besar - Sebelum laporan bisa diterima, wikinya musti di perbaharui dahulu datanya dan bisa menghubungi Hendra/ Ivonne agar dapat dilakukan cepat, agar laporan bisa diterima.
Pada nomor 7 laporan keuangan, harap mencantumkan bahwa anggaran awal ISAD mengalami revisi sebagai berikut. Permintaan revisi anggaran termin ke-2 Silahkan lihat wiki yang sudah saya siapkan sesuai dengan berkas excel yang dikirimkan dengan modifikasi: Anggaran Termin II ISAD
    Agar sesuai dengan anggaran sebelumnya dimana festival Rp. 64 juta saya pindahkan merchandise & propaganda dari admin ke dana festival. Tolong kurangi Rp. 230 ribu agar angkanya persis sama.
    Saya pisahkan seluruh biaya admin & tenaga kerja menjadi anggaran yang berbeda dari festivalnya.
    Saya cukup prihatin dengan hal ini "Fee tenaga kerja ISAD baik yang telah berhenti sejak bulan November 2012 ataupun untuk tenaga lepas yang berhenti di Januari 2013" namun tidak banyak yang saya bisa lakukan karena ini adalah resiko yang diambil ISAD karena perpanjangannya betul betul jauh ke tahun depannya dari yang direncanakan awal 2013. Namun agar kebutuhan operasional sekretariat tidak membebani pengurangan dana pamerannya, Wikimedia Indonesia akan menambah "Kebutuhan operasional seperti pembayaran internet, telfon, listrik, keamanan, alat-alat elektronik, biaya meeting, dan lain-lain" (kode "I") untuk 10 bulan dari Februari - November 2013 sebanyak Rp. 30 juta (lihat pranala). Uang tambahan ini akan dibayarkan oleh organisasi AJI Indonesia pada awal September 2013, dan sebelum di bayarkan seluruh pengeluaran keuangan hingga 31 Agustus 2013 sudah harus diperbaharui di wiki, juga demikian untuk pengeluaran di bulan November, walaupun tidak ada tambahan dana lagi, saya harap ISAD tetap melaporkan pengeluarannya di wiki demi transparansi penerimaan hibah CMB.
Teknis: untuk komponen " Hutang Andan yang masih belum dibayar Rp. 13,948,000,-" saya tidak tahu kemungkinan dibayar atau tidak, namun karena periode hibah sudah hampir selesai, saya kembalikan kepada Andi kemungkinan ini. Apabila jawabannya "tidak mungkin bayar tepat waktu". Silahkan dikeluarkan biaya menggunakan slip merah dan masuk kepada biaya lain lain sebagai pembayaran terhadap Andan dengan besaran demikian dan tanda tangan a/n disetujui oleh Andi Rha Rha Rha.

Saya tunggu revisi laporan naratif dan revisi anggaran dengan perubahan diatas. Termasuk pembaharuan wikinya.

Apabila ada pertanyaan jangan sungkan menghubungi saya via surel (offlist saja), Ivonne atau Hendra.

Tags: