Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Hpku-Teman Belajarku - Mentoring 24 Maret 2012



Oleh Heru Tjatur (ICT Watch) tentang purwarupa situs web http://videoguruku.net/

Catatan

Bagian utama (video-video pembelajaran pilihan yang akan dipromosikan) menurut saya baik dan cukup jelas. Yang perlu diperhatikan adalah berapa banyak? Terlalu banyak akan membuat situs web menjadi terlalu berat, dengan kata lain 'less accessible'. Apakah tdak ada penjelasan atau update yang 'textbase'? Perlu didefinisikan lebih dahulu informasi apa saja yang akan dipublikasi. Tolong ini diinventarisasi, dan dari daftar ini baru disusun strategi publikasinya, termasuk komposisi pada lay-out halaman web.

Penempatan teks 'Latar Belakang' dengan running text di posisi kanan atas, tidak membantu audiens untuk mengerti pesan yang disampaikan. Saran saya, karena ini adalah pesan yang tidak semua orang berminat untuk membaca, maka sebaiknya ini diletakkan pada satu menu khusus yang berisi siapa dan apa (tentu saja info latar belakang) program HPku Teman Belajarku. Termasuk di dalamnya adalah fasilitas untuk berkomunikasi dengan pengelola Program ini.

Saran

Inventarisasi konten yang dipublikasi (buat daftar akan lebih baik). Misalnya (informasi lain dapat ditambahkan bergantung pada kebutuhan):

Informasi & Pihak yang memperbaharui Jenis Konten Frekwensi diperbaharui

Video Pembelajaran
Pengelola/user terdaftar
Update program
Pengelola program



Video
Text/Image/Video



1/pekan(Min)
1/bulan (Min) 

Definisikan bagaimana alur publikasi informasi. Misalkan: User terdaftar (registered user) mengunggah konten video, informasi apa yang harus diisi, apa limitasi dan syarat video yang diisi. Setelah diunggah, apakah langsung publik atau menunggu dimoderasi untuk telaah konten tersebut.

Buat alur proses yang akan digunakan diweb. Tidak perlu dengan desain yang matang dahulu. Cukup ilustrasi (kotak-kotak juga boleh), namun dilengkapi dengan item-item informasi yang diperlukan.

Buat web planning (wire frame) yang berisi pembagian halaman web. Kalau user klik bagian yang web, pranala harus dikaitkan dengan halaman web yang mana. Tidak perlu dalam bentuk webdesign cukup dengan Word/PDF yang penting mudah diikuti alurnya.

Setelah rencana ini matang, baru berpikir pada programming dan webdesign.
Tags: