Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Laporan Mentor Yanuar Nugroho



Berikut ini saya sampaikan catatan sebagai Mentor Desa 2.0 atas perkembangan pelaksanaan proyek s.d. Desember 2015, berdasarkan pembicaraan dengan pak Yossy Suparyo melalui telepon, 21-22 Desember 2015.

  1. Desa 2.0 telah melakukan sejumlah kegiatan sesuai dengan apa yang diajukan dalam proposal. Namun dalam pelaksanaan, dilakukan sejumlah improvisasi/perubahan yang dianggap perlu untuk disesuaikan dengan perkembangan lapangan oleh penerima hibah. Beberapa hasil kerja Desa 2.0 berhasil mendapatkan perhatian pemerintah dan diimplementasikan dalam penyusunan kebijakan pembangunan desa.
  2. Yayasan Gede Nusantara sebagai pelaksana Desa 2.0 juga mendapatkan hibah dan kerjasama dengan organisasi lain untuk sejumlah kegiatan lain, dan beberapa kegiatan tersebut ber-ko-insidensi dengan aktivitas Desa 2.0 sehingga terjadi pengelolaan dan pendanaan silang. Hal ini termasuk pengembangan aplikasi, pengadaan perangkat keras, pelaksanaan aktivitas, dll. Hal ini menimbulkan beberapa kompleksitas dalam pelaksanaan dan tidak bisa selalu secara langsung segera dilacak dan dilaporkan, meski sudah dicoba untuk dilakukan sejauh mungkin.
  3. Hingga akhir masa kegiatan CMS secara keseluruhan yakni akhir Desember 2015, YGN belum merampungkan seluruh aktivitas yang diajukan untuk kegiatan Desa 2.0 - yang baru berjalan 1 termin. Secara realistis, tidak akan mungkin bagi YGN untuk menyelesaikan aktivitas ini. Karena itu, sebagai mentor saya berpendapat agar: a. Aktivitas Desa 2.0 yang dilakukan YGN dan dibiayai CMS untuk saat ini difinalisasi. Seluruh outcome yang sudah dilaporkan oleh YGN diterima sebagai catatan/record aktivitas; b. Aktivitas-aktivitas Desa 2.0 yang sudah dilakukan namun belum tercover pembiayaannya dari termin 1, sejauh memungkinkan bagi CMS, agar bisa ditutup/diganti - dengan mengikuti proses dan ketentuan yang berlaku di CMS dan disepakati dengan penerima hibah. Demikian saya sampaikan pandangan saya selaku salah satu mentor Desa 2.0. Salam, y PS. Saat ini saya mengundang rekan-rekan Desa 2.0 untuk diskusi per telepon/skype tgl 30 Des jam 14.00. Jika ada perkembangan baru yang signifikan, akan saya laporkan. Namun jika tidak, atau diskusi tidak jadi dilaksanakan, maka apa yang saya sampaikan dalam laporan tentatif ini bisa dijadikan rujukan atau masukan.
Tags:



December 2015 | CC BY 4.0