Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Bhinneka - Mentoring Hasil pertemuan Bhinneka 12 - 15 November 2012



Oleh Siska Doviana

Berikut adalah ringkasan pembicaraan yang terjadi untuk kedatangan Lembaga Bhinneka: 12 November 2012

Soe Tjen dan Daris tiba di FX bersama Bp. Asyuner pada pukul 20:10. Kedatangan diterima oleh Siska dan Ivonne sekaligus penyerahan kunci penginapan dan membahas jadwal di pelatihan Lembaga Bhinneka di Jakarta.

Untuk tanggal 13/11/2012 akan diadakan pelatihan dan diskusi internal penjelasan penggunaan perangkat yang disediakan Cipta Media untuk penerima hibahnya oleh Siska.
Untuk tanggal 14/11/2012 akan diadakan pelatihan admin oleh Hendra
Untuk tanggal 15/11/2012 Ivonne dan Siska akan menghadiri Diskusi Keragaman dan Agama yang diselenggarakan oleh Lembaga Bhinneka sebagai Kopdar di Reading Room, Kemang, Jakarta.

13 November 2012

Siska memulai sesi pada jam 10:45 hadir presentasi pendukung Lembaga Bhinneka Ibu Shinta dan Ibu Helga di Jakarta. Total kehadiran dalam pelatihan Soe Tjen, Daris, Helga, Shinta, dan Ivonne. Siska membuka dengan latar belakang Ciptamedia, dilanjutkan dengan perkenalan Ibu Shinta, Ibu Helga, Soe Tjen dan Daris. Daris adalah admin baru yang akan membantu Phoebe, perkenalannya dengan Lembaga Bhinneka dimulai dengan beberapa kali kunjungan Phoebe dirumahnya, dimana ada sanggar bantuan untuk korban lumpur Porong. Ibu Shinta tertarik dengan sastra, sementara Ibu Helga bergabung karena upayanya kampanye anti kekerasan perempuan.

Lembaga bhinneka diperkenalkan dengan penggunaan twitter dan facebook untuk kampanye. Twitter baik untuk berinteraksi, sementara facebook sebaiknya memiliki gambar apabila ingin menarik masa. Untuk ushaidi situs web lembaga bhinneka tidak ada RSS Feed ke Cipta Media, dan ini disayangkan karena Lembaga Bhinneka produksi konten. Juga disayangkan kalau isi-isi notes facebook di Lembaga Bhinneka malah berakhir di facebook dan bukan di situs web, karena trafficknya malah jadi ke facebook dan tidak menguntungkan situs web lembaga bhinneka.

Sesi kedua membicarakan tentang infrastruktur dan perangkat. Pertanyaan berkisar dikarenakan posisi Soe Tjen yang diluar negeri, bagaimana keuangan diatur dan didistribusi? Apakah Lembaga Bhinneka banknya terhubung dalam jaringan (online)? Karena apabila tidak, harus dipikirkan untuk pindah pada bank yang mendukung hal ini. Bank yang terhubung dalam jaringan dalam jangka panjang juga dapat menerima sumbangan publik, ini penting untuk keberlanjutan pendanaan Lembaga Bhinneka tanpa tergantung dari hibah yang tingkat ketidak pastiannya (dapat hibah atau enggak) sangat tinggi. Apalagi menimbang bahwa lembaga bhinneka mulai berpikir untuk menyewa tenaga profesional. Juga disinggung agar Lembaga Bhinneka memikirkan jaminan asuransi untuk tenaga profesional yang membantunya. Ada pilihan per bulan untuk tenaga kontrak. Sesi kedua ditutup dengan diskusi strategi untuk menangani radikalisme dengan transparasi.

Disarankan juga admin Lembaga Bhinneka untuk lebih berinteraksi dengan pendukungnya via SMS, jadi ada baiknya dana untuk komunikasi dipertimbangkan untuk diganti. 14 November 2012

Pelatihan administrasi oleh Hendra. Mempelajari cara memverifikasi SMS dan memasukkan kurang lebih 50 data untuk broadcast SMS Lembaga Bhinneka. 15 November 2012

Diskusi Keberagaman dan Agama, twitter telah diarsip oleh Isabella

Tags:



November 2012 | CC BY-SA 3.0