Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Bhinneka - Mentoring 28 Juni 2012



Oleh Idaman Andarmosoko, Sekertariat bersama Bhinneka-Kontras Surabaya, Jalan Darmo Surabaya. Pukul 09.30 sampai 16.30 Hadir: Phoebe Anggreani

Organisasi

Ada persoalan internal organisasi di tubuh bhinneka dalam soal pengambilan keputusan. Kendali pengambilan keputusan dan pelaksanaan lapangan ada di dua orang yang berbeda dan berada di dua lokasi yang berbeda dengan zona waktu yang berbeda. Kendala ini menyebabkan sulitnya proses pengambilan keputusan kolektif internal, dan komunikasi. Akibatnya strategi Program Bhinneka dengan Cipta Media serta pilihan kegiatannya termasuk pelaporan administrasi proyek menjadi bermasalah.

Organisasi mempunyai keterbatasan mendalam dalam soal perencanaan kerja dan prinsip-prinsip kerja masyarakat sipil, oleh karena itu agaknya mempunyai kesulitan dalam merencanakan kerja.

Organisasi mempunyai persoalan staffing, dimana pekerjaan banyak bertumpu pada dua orang saja, ini termasuk pekerjaan teknis. Hal ini agak berbeda dengan situasi sosial lembaga bhinneka di facebook yang mempunyai banyak partisipan yang aktif. Pencapaian program kerja

Banyak pencapaian program terhalang akibat adanya keterbatasan keterbatasan organisasional. 

Konsultasi dan rekomendasi

Penasehat memberikan sedikit paduan dasar dasar pekerjaan sipil dengan lingkup sosial serta dasar-dasar pengelolaan berbasiskan hasil serta prinsip prinsip akuntabilitas.
Penasehat merekomendasikan kepada bhinneka untuk mengatasi masalah manajemen internal. Yaitu menemukan jalan untuk komunikasi dan pengambilan keputusan kolektif internal.
Penasehat membuka kemungkinan untuk kunjungan selanjutnya di Surabaya dimana kedua pihak, baik pelaksana maupun kendali pengambilan keputusan, berada di Surabaya.
Tags: