Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Amboina Cyber Society - Mentoring 3 April 2012



Oleh Heru Tjatur berdasarkan surel 21 Mei 2012 subyek “Laporan Monitor Program Amboina Cyber Society”

Hadir dalam pertemuan (3 April 2012) tersebut Benhard Matheis, Wesley Johanes, Almascatie, dan Arie Rumihin.

Melanjutkan pembahasan pelaksanaan Program Amboina Cyber Society pada kesempatan bertemu di Acara Jagongan Media Rakyat di Jogja (25 Februari 2012) dengan Benhard Matheis, dalam pertemuan tersebut Tim ACS sepakat menyusun rencana aktivitas/kegiatan untuk mengisi ‘Activity Center’ yang hendak di bangun. ‘Activity Center’ adalahsemacam pusat aktivitas masyarakat dilengkapi akses internet yang diharapkan dapat menjadi ‘melting point’ bagi masyarakat sekitar.

Dari rencana 3 pilot project ‘Activity Center’ yang akan dibangun, saya usulkan untuk membangun satu terlebih dahulu, dengan mempersiapkan ‘materi’ dan amunisi berupa program/kegiatan untuk mengisi ‘bangunan’ yang tersedia. Karena setelah satu program ‘Activity Center’ berhasil, akan lebih mudah untuk mereplikasi dua project berikutnya, disesuaikan dengan kebutuhan sekitar ‘Activity Center’ berada. Berdasarkan laporan ACS, Tim telah memilih satu calon lokasi ‘Activity Center’ di wilayah Jl. Jl Ot Pattimaipauw, Ambon (di sekitar Universitas Kristen Indonesia Maluku [UKIM]) dengan berbagai pertimbangan.

Pada aspek teknologi, sesudah paparan Teknologi OpenBTS (untuk umum), Kang Onno W. Purbo memaparkan dua materi teknikal yang dapat digunakan oleh Tim ACS untuk merancang dukungan jaringan (MAN) ‘Activity Center’, yaitu materi Instalasi Linux dan Jaringan Wireless Mesh.

Sementara untuk kelancaran program, saya anjurkan pada Tim ACS untuk tidak segan menghubungi ICT Watch dan Kang Onno, bila ada hal yang perlu dibahas (administrasi dan teknikal). Tim ACS juga diwajibkan untuk tetap melakukan update aktivitas yang telah dilakukan dan laporan keuangan pada tempat yang telah disediakan (ciptamedia.org/wiki).

Tags: