Anda berada di mode pratinjau.
| |

Akumassa.org - Mentoring Januari 2013



Dari Andang Kelana kepada Siska Doviana

Halo Ibu Siska yang baik, Berikut saya lampirkan surat keterangan dari Forum Lenteng mengenai penggunaan Dana Termin II (lampiran1, lampiran 2) untuk program akumassa, Cipta Media Bersama.

NO. 054-A-SKT-I-13

SURAT KETERANGAN

Jakarta, 28 Januari 2013

Kepada: Siska Doviana Ketua Umum Wikimedia Indonesia Cipta Media Bersama

Subyek: Laporan Hibah Termin II

Dengan Hormat, Dengan surat ini, Forum Lenteng melalui program akumassa untuk Cipta Media Bersama ingin menerangkan bahwa kami akan menyelesaikan Laporan Naratif dan Keuangan untuk Dana Hibah Termin II sebesar Rp. 183.771.563 (Seratus Delapan Puluh Tiga Juta Tujuh Ratus Tujuh Puluh Satu Ribu Lima Ratus Enam Puluh Tiga) pada akhir Februari 2013. Adapun pembuatan laporan ini berkenaan dengan penggunaan dana sisa untuk kegiatan peningkatan kualitas konten dan pemantauan media melalui:

  1. Penerbitan buku hasil penelitian rekam media akumassa.
  2. Peluncuran dan diskusi buku hasil penelitian.

Kedua kegiatan ini direncanakan pada Minggu III Februari 2013. Karena itu, penggunaan dana Termin II ini akan digunakan untuk kegiatan tersebut di atas. Hasil penelitian ini berangkat dari hasil kerja Program Pemantauan Media Berbasis Komunitas, atau biasa disebut Rekam Media, yang dilakukan oleh akumassa. Program pemantauan media ini dilaksanakan dalam kurun waktu satu tahun, yakni dari Bulan Februari 2012 hingga Bulan Januari 2012. Program ini telah berhasil mengumpulkan sekian banyak data terkait sajian isu-isu yang termuat di beberapa media massa lokal di beberapa daerah atau lokasi tempat berlangsungnya program pemantauan sehingga perlu dilakukan pembahasan dan analisis yang lebih jauh terhadapnya.

Penelitian ini memiliki cakupan di sepuluh kota yang ada di Indonesia. Namun, seiringnya waktu hanya delapan kota yang menjadi cakupan pokok penelitian yang nanti akan dijelaskan sebab dibatalkan dua kota lainnya. Dalam penelitian ini, akumassa mengambil dua hingga tiga media massa lokal sebagai subjek penelitian. Berikut cakupan wilayah penelitian AKUMASSA beserta media massa lokal yang menjadi subjek penelitian, yaitu:

  • Lebak, Banten: Kabar Banten dan Banten Raya Pos
  • Ciputat, Tangerang Selatan: Tangsel Pos, Suara Tangsel dan Tangerang Ekspres
  • Jakarta, DKI Jakarta: Berita Kota dan Warta Kota
  • Surabaya, Jawa Timur: Radar Surabaya dan Surabaya Pos
  • Pemenang, Lombok Utara, NTB: Radar Lombok dan Lombok Pos
  • Depok, Jawa Barat: Radar Depok, Monitor Depok dan Jurnal Depok
  • Aceh Besar, NAD: Serambi Indonesia dan Prohaba
  • Jember, Jawa Timur: Radar Jember dan jemberpost.com
  • Yogyakarta, DIY Yogyakarta : Tribun Jogja, Bernas Jogja, dan Koran Merapi (batal)
  • Padangpanjang, Sumatera Barat : Padang Ekspres dan Serambi Pos (batal)

Cakupan waktu yang menjadi kajian dalam penelitian ini ialah semua terbitan media massa lokal yang berada dalam rentang waktu antara tanggal 13 Februari – 31 Desember 2012. Menimbang penelitian ini berangkat dari hasil Program Pemantauan Media Berbasis Komunitas, Rekam Media, maka cakupan waktu bergantung pada jumlah data yang terkumpulkan selama periode pemantauan berjalan.

Demikian informasi dan pengantar kegiatan yang menggunakan Dana Termin II Cipta Media Bersama. Atas perhatian dan respon positifnya kami ucapkan terima kasih.

Salam Hangat,

Andang Kelana Sekretaris Jenderal Forum Lenteng

Balasan

Dari Siska Kepada Andang Kelana

Halo Pak Andang, Terima kasih atas jawaban surat ini, berdasarkan komunikasi via telpon hari ini saya meminta surat balasannya direvisi dengan tanggal/ bulan/tahun yang jelas akan kapan Akumassa menyelesaikan laporan termin II.

Seluruh aktivitas laporan termin II adalah sama dengan cara melapor sebelumnya.

Apabila ada yang dirasa kurang jelas, dapat SMS/ telpon saya pada nomor yang tertera dibawah.

Salam, Siska Balasan

Dari Andang Kelana kepada Siska Doviana

ok, segera diperbaiki.

Tags:



January 2013 | CC BY-SA 3.0