Anda berada di mode pratinjau.
| |
Beranda > Penerima Hibah CMB > LenteraTimur.com > LenteraTimur - Mentoring 2 Januari 2013

LenteraTimur - Mentoring 2 Januari 2013

  • Dari Ken Miryam Vivekananda Fadlil kepada Eva Danayanti subyek: Program Lanjutan LenteraTimur.com

Ibu Eva yang baik.

Berikut kami lampirkan deskripsi program lanjutan yang tempo hari kita bicarakan. Kami berencana untuk mengadakan program residensi di Jakarta untuk memberikan pelatihan tahap lanjut kepada 5 peserta yang mewakili tiap wilayah. Dengan residensi ini, diharapkan sasaran kegiatan akan lebih tercapai. Rincian lebih detail mengenai program dan anggaran dapat Ibu Eva baca dalam 2 file attachment ini.

Kami tunggu kabar selanjutnya dari Ibu Eva dalam waktu dekat mengingat kami harus mempersiapkan program ini secepatnya.

Terima kasih.

Salam,

Ken Miryam Vivekananda Fadlil

PROGRAM RESIDENSI LENTERATIMUR.COM Pelatihan Tahap Lanjut “Menulis untuk Kesederajatan”

A. Pengantar Sebagai tindak lanjut pelatihan jurnalistik “Menulis untuk Kesederajatan”, LenteraTimur.com bermaksud untuk menggelar program residensi di Jakarta. Residensi tersebut terkait penajaman atau pemantapan perspektif multikulturalisme dalam penulisan dan atau jurnalistik.

Pelatihan jurnalistik “Menulis untuk Kesederajatan” sudah dilaksanakan di lima wilayah, yakni Medan, Gorontalo, Tarakan, Padang, dan Sumbawa Barat. Pelatihan yang berlangsung sepanjang 2012 ini menghasilkan sejumlah karya dari kontributor-kontributor setempat yang dimuat di LenteraTimur.com. Selain itu, upaya pelatihan jurnalistik ini juga menghasilkan keinginan dari para peserta untuk membuat media massa online berbasis multikulturalisme di wilayahnya masing-masing, yang merupakan bagian dari upaya mereplika pendekatan yang selama ini LenteraTimur.com lakukan.

Di Medan, sejumlah peserta sudah membeli domain dan hosting untuk media yang dinamai SumateraTimur.com. Di Gorontalo, sudah berdiri media massa online bernama JurnalTanggomo.com, yang sebelumnya hanya memiliki versi cetak. Di Tarakan, peserta sedang berkonsolidasi untuk membuat sebuah media massa online yang mereka rencanakan bernama BintangTimur. Di Padang, peserta pelatihan yang terdiri dari sejumlah pers mahasiswa mencoba menginisiasi sebuah portal bersama terkait pers mahasiswa se-Sumatera Barat. Dan di Sumbawa Barat, peserta pelatihan sudah berkonsolidasi untuk membuat sebuah media massa online dengan nama PenaTenggara.com, yang mereka singkat menjadi PETA.

B. Peserta Untuk meningkatkan kapasitas jurnalistik berbasis multikulturalisme dan kemampuan manajerial media massa, LenteraTimur.com berencana mengundang masing-masing satu orang dari setiap wilayah pelatihan untuk terlibat dalam program residensi ini.

  1. Inisiator media massa yang direncanakan
  2. Keaktifan selama pelatihan
  3. Potensi menjadi pemimpin dalam pembentukan media massa
  4. Intensitas pengiriman naskah sebagai kontributor di LenteraTimur.com

Seluruh kebutuhan peserta ini akan ditanggung oleh LenteraTimur.com melalui alokasi anggaran dana hibah Cipta Media Bersama, dengan perincian sebagaimana terlampir.

C. Narasumber Dalam pelatihan ini ada tiga orang yang menjadi narasumber, yakni:

  1. TM Dhani Iqbal (Pemimpin Umum & Redaksi LenteraTimur.com)
  2. Wenri Wanhar (Jurnalis & Penulis Buku)
  3. Iwan Meulia Pirous (Pusat Kajian Antropologi FISIP Universitas Indonesia)*

D. Waktu Pelaksanaan Residensi ini akan berlangsung selama lima hari, yakni 16 – 20 Januari 2013.

E. Lokasi Kegiatan (Kontribusi Perkumpulan Lentera Timur) Perkumpulan Lentera Timur memberikan kontribusi berupa penyediaan lokasi pelatihan dan akomodasi pesert di Sekretariat Perkumpulan Lentera Timur, yang juga merupakan kantor redaksi LenteraTimur.com, Jl. Sawo Manila No. 10, Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

F. Aktivitas Peserta

Hari 1

  • Penyampaian materi oleh tiga narasumber
  • Pemutaran film terkait jurnalistik dan mulitukturalisme
  • Diskusi

Hari 2

  • Praktik peliputan di lapangan

Hari 3

  • Penyampaian materi oleh tiga narasumber
  • Review hasil peliputan (penulisan)
  • Diskusi penulisan dan perspektif
  • Merancang konsep media massa (rubrikasi)
  • Diskusi manajemen media

Hari 4

  • Praktik pengeditan

Hari 5

  • Review hasil pengeditan
  • Diskusi penulisan, pengeditan, dan perspektif
  • Diskusi manajemen media