Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Pusat Training OpenBTS Wireless Cellular Network OpenBTS - Laporan Narasi Pertanggung Jawaban Hibah Termin II



Pusat Training OpenBTS Wireless Cellular Network OpenBTS

ICT Watch

Instruksi untuk mengisi laporan penerimaan hibah

ICT Watch mengharuskan seluruh penerima hibah melaporkan kegiatan mereka dalam bentuk laporan naratif dan laporan keuangan berdasarkan Perjanjian Penerima Hibah Cipta Media Bersama yang telah disepakati kedua belah pihak. Laporan naratif disarankan dalam bentuk lima hingga tujuh halaman.

Laporan dapat dikirimkan melalui surel atau dokumen asli

Penerima hibah : Handri Santoso (Surya Institute)

Periode Laporan : 25 November 2014 hingga 7 Agustus 2015

Proyek : Pusat Training Wireless Cellular Network OpenBTS

1. Pembelajaran

Silahkan tuliskan pembelajaran, acara-acara yang anda buat/ alami yang dapat membuat perubahan dalam satu tahun kedepan sebagai hasil dari upaya upaya yang anda buat dibawah hibah yang anda terima, perubahan-perubahan yang anda percaya dapat membatu organisasi/ komunitas anda mencapai tujuan-tujuannya dan/ atau kesulitan dan tantangan yang tidak anda perkirakan yang anda temukan dalam periode pelaporan hibah ini.

Kegiatan pelatihan OpenBTS meliputi

  1. Dalam tahap ini, process untuk menjaring peserta training dilakukan melalui sosial media, jaringan pertemanan, atau kegiatan workshop. Jumlah peserta yang melamar sebanyak 222 peserta melalui formulir pendaftaran.
  2. Setiap kegiatan training diadakan diberikan dalam waktu 2 hari dari dasar- dasar pengenalan openbts, pengoperasian dan membuat multi open (kelas dasar - intermediate)
  3. Adanya pusat training openBTS juga membantu mahasiswa tingkat akhir untuk melakukan penelitiannya tentang teknologi yang berhubungan dengan jaringan seluler seperti keamanan data, privasi data, teknologi layanan berbasis komputer awan, dan teknologi lainnya. Selama periode ini mahasiswa dari dua perguruan tinggi, TEL-U dan STSN melakukan tugas akhirnya di pusat training jaringan seluler, Universitas Surya.
  4. Modul-modul training dan soal-soal sudah di muat dan bisa di akses di situs e-learning

Dalam kegiatan ini, kami menemui kendala-kendala seperti

  1. Calon peserta training yang sudah mendaftar banyak yang tidak memberikan respon balik ketika ditanyakan konfirmasi kehadirannya untuk mengikuti training openBTS karena berbagai alasan, seperti masalah biaya transportasi, waktu, dan kesibukannya. Peserta training yang ikut pelatihan mayoritas masih dari akademis.
  2. Peralatan yang di beli saat ini harus di tingkatkan kapasitasnya terutama ketika akan di update dengan sistem firmware yang lebih baru dan software dengan tambahan beberapa feature seperti GPRS dan 3G.
  3. Belum jelasnya peraturan tentang pengelolaan jaringan seluler bagi daerah terpencil dan terluar, menyebabkan ada keraguan-raguan untuk mengimplementasikannya, selain dukungan dari pemerintah terhadap kesenjangan infrastrukture didaerah yang masih minim.

Dari periode November - October 2015, kami mendapatkan beberapa pelajaran sehubungan dengan kegiatan ini,

  1. Pemberian training gratis tidak menjamin banyak peserta yang tertarik untuk mempelajari teknologi ini, tapi pesan yang disampaikan akan teknologi seluler yang murah dan dapat di kembangkan sendiri memberi harapan kepada masyarakat terutama bagi peserta training.
  2. Adanya pusat training OpenBTS ini membantu Mahasiswa dan masyarakat untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan layanan jaringan seluler.
  3. Komunikasi dengan salah satu operator seluler sudah dijajaki dan dijalin tetapi masih terbentur pada hal teknis berupa kerjasama antara operator dengan openbts. Dimana pengguna openbts bisa tetap menggunakan kartunya selama di daerah yang ada jaringan operator seluler , begitu juga sebaliknya pengguna jaringan seluler dapat menggunakan kartu operator seluler dalam jaringan openBTS.
  4. Sebelum peralatan OpenBTS ini dapat digunakan, ada serangkaian uji fungsi dengan kebutuhan operasional selain mendapatkan sertifikasi dirjen postel.

2. Aktivitas/ Isu yang Anda usung dan mencoba atasi

Masalah

  1. Masih sedikit Sumber daya manusia Indonesia yang mempunyai kemampuan mengoperasikan, merekayasa dan mengembangkan teknologi komunikasi seluler.
  2. Masih mahalnya teknologi wireless selular network menyebabkan masih banyak masyarakat di daerah, utamanya di daerah pedalaman dan perbatasan yang belum terjangkau akan teknologi selular ini.

Aktivitas

  1. Menyusun kurikulum pelatihan untuk mengoperasikan, installasi, merekayasa dan merawat jaringan selular berbasis OpenBTS.
  2. Menyiapkan program sertifikasi bagi peserta agar mendapatkan pengakuan akan kemampuannya dalam pengoperasian, instalasi, rekayasa dan perawatan jaringan selular berbasis OpenBTS.
  3. Memberikan pelatihan OpenBTS secara berjenjang.
  4. Bekerjasama dengan Galow IT untuk mengadakan workshop OpenBTS.
  5. Memberikan konsultasi bagi pemerintah daerah, atau institusi yang ingin membangun jaringan selular berbasis OpenBTS.
  6. Menjalin kerjasama dengan pemerintah baik pusat dan daerah, perusahaan komunikasi, profesional, akademisi, LSM dan masyarakat untuk pembuatan, pengembangan dan kelangsungan pusat pelatihan OpenBTS ini.

Aktifitas dan isu yang anda atasi:

Aktivitas 1 - Kurikulum pelatihan

Penyusunan kurikulum pelatihan yang telah selesai dan telah disebarluaskan kepada peserta training dan melalui portal pembelajaran elektronik Universitas Surya dan atau diberikan kandar kilas USB. Terdapat enam berkas kurikulum yang terdiri dari empat modul dan dua kuis.

Aktivitas 2 - Sertifikasi

Soal-soal latihan sebagai indikator pemahaman peserta training terhadap materi yang terkait dengan sertifikasi sudah dibuat via portal pembelajaran elektronik Universitas Surya.

Contoh sertifikat. 250px-Sertifikat_Pelatihan_OpenBTS_Sample.png

Aktivitas 3 - Memberikan pelatihan OpenBTS secara berjenjang.

Pemberian pelatihan kepada peserta di mulai dari pengenalan, Pengoperasian, Compiling dan Mengaktifkan GPRS pada OpenBTS serta bagaimana berkomunikasi Inter-BTS. Pelatihan ini diberikan dalam satu kali pertemuan selama 2 hari dari rencana semula yang akan dibuat beberapa tahap pelatihan. Perubahan ini pemberian materi ini dikarenakan waktu yang tersedia dan juga rata-rata peserta di persyaratkan yang sudah memahami dasar-dasar Linux. Total ada lima pelatihan yang dilakukan pada periode pelatihan ini yang terjadi dibulan Februari, Maret, April, Mei, dan Juni 2015.

250px-April_2_2015_OBTS_Pelatihan_OpenBTS2.JPEG

Aktivitas 5 - Bekerjasama dengan Galow IT untuk mengadakan workshop OpenBTS.

Untuk mensosialisasikan Training openBTS ini dengan mengandeng ITGalow sewaktu mereka mengadakan workshop di SMK-SMK. Selain itu ITgalow juga membantu dalam mencari lokasi di daerah-daerah yang bersedia untuk mengorganisir kegiatan training ini. Salah satunya adalah mengorganize kegiatan training di Pulau Nias, SUMUT.

Aktivitas 5 - Memberikan konsultasi bagi pemerintah daerah, atau institusi yang ingin membangun jaringan selular berbasis OpenBTS.

Kegiatan konsultasi kepada institusi yang tertarik kepada teknologi OpenBTS datang dari Kabid Kominfo dan RTIK Kalimatan Tengah, Hanya sebatas diskusi bagaimana memecahkan masalah komunikasi dan belum berlanjut pelaksanaan yang lebih detail.

Aktivitas 6 - Menjalin kerjasama dengan pemerintah baik pusat dan daerah, perusahaan komunikasi, profesional, akademisi, LSM dan masyarakat untuk pembuatan, pengembangan dan kelangsungan pusat pelatihan OpenBTS ini.

TIDAK DILAKUKAN

3. Indikator sukses anda dalam permohonan hibah

Keluaran:

  • Peserta training dapat memahami teori dasar jaringan selular berbasis OpenBTS.
  • Peserta dapat mengoperasikan dengan benar jaringan OpenBTS
  • Peserta dapat Memodifikasi openBTS sesuai kebutuhan di lapangan.
  • Peserta dapat merawat dan memperbaiki OpenBTS.
  • Adanya SDM yang kompeten di bidang jaringan selular berbasis OpenBTS.
  • Tersedianya materi pelatihan jaringan selular berbasis OpenBTS yang selalu diperbarui.
  • Menjadi mata kuliah di Jurusan Teknik Telekomunikasi, dan/atau Jurusan informatika.

Dampak:

  • Pemahaman masyarakat tentang teknologi selular berbasis OpenBTS lebih komprehensif, baik dari sisi teknikal, peraturan dan sosial.
  • Jumlah BTS didaerah perbatasan dan pedalaman meningkat.

Indikasi:

  • Jumlah Masyarakat didaerah pedalaman dan perbatasan yang dapat menikmati komunikasi selular meningkat.
  • Makin terjangkaunya biaya komunikasi dan internet di Indonesia.

Hasil aktual hingga laporan ini dibuat:

4. Tujuan dan Sasaran

Silahkan anda jelaskan apa yang telah anda berhasil peroleh dengan hibah ini yang berkaitan dengan tujuan yang lebih besar yang anda harapkan dapat anda capai Sasaran-sasaran yang diharapkan dapat dicapai:

Tujuan pada proposal

  • Tersedianya pusat training jaringan selular berbasis Opensource (OpenBTS)di Indonesia.
  • Tersedianya materi training berbasis copyleft license
  • Tersedianya pelatihan OpenBTS yang terstruktur.
  • Adanya program sertifikasi OpenBTS bagi peserta training untuk mendapatkan pengakuan akan ketrampilannya.

Sasaran pada proposal

Kegiatan ini akan menyediakan fasilitas training dan sertifikasi bagi masyarakat yang ingin belajar membuat dan mengembangkan jaringan selular berbasis Opensource – OpenBTS.

Tujuan dan sasaran yang berhasil dicapai hingga saat ini:

  1. Tersedianya pusat training jaringan selular berbasis Opensource (OpenBTS) di Indonesia, dimana saat ini sudah tersedia:
    • 10 unit OpenBTS Development Kits
    • 15 Unit Notebook dengan specifikasi Processor Intel i5, RAM 4GB
    • 8 Meja trainng dan 16 kursi
    • 1 unit Projector
    • 1 Unit screen projector
    • 1 Unit White board
  2. Tersedianya materi training berbasis CC-BY-SA
  3. Pelatihan OpenBTS terstrukstur beserta modul dan sertifikasi kini tersedia di Universitas Surya, lengkap dengan peralatan dan pusat pelatihannya

  4. Program sertifikasi OpenBTS bagi peserta training tersedia melalui dua kuis

5. Perubahan Lingkup Organisasi/ Lingkungan Sekitar

Tolong jabarkan perubahan perubahan signifikan yang organisasi anda dapatkan yang memiliki dampak pada pekerjaan anda pada periode pelaporan yang anda lakukan untuk saat ini. Masukkan secara deskriptif bagaimana anda menangani perubahan perubahan tersebut dan bagaimana perencanaan anda berubah sebagai hasilnya.

Dengan adanya fasilitas training center openBTS, masyarakat seperti komunitas dan akademis mengacu pada universitas surya. Saat ini masyarakat dan mahasiswa yang tertarik dengan openBTS akan datang ke Universitas Surya

Tantangan/ masalah organisasi/ pengelolaan yang dihadapi

Isu-isu manajemen atau organisasi apakah yang anda hadapi pada saat anda menuliskan laporan ini (apakah ada perubahan signifikan pada komposisi staf/ dewan atau anggota tim anda. Apakah ada faktor-faktor lain yang dapat membatasi kemampuan organisasi/ komunitas anda untuk mengumpulkan data dan menerjemahkan data data keuangan atau aktifitas yang terkait dengan program dalam tujuan awal). Bila mungkin juga tuliskan dan tekankan kebutuhan yang belum terpenuhi/ teridentifikasi sebelumnya dalam menangani penguatan organisasi/ komunitas anda:

Secara umum, kerjasama tim OpenBTS berjalan dengan cukup baik dengan berjalannya waktu, setiap anggota memahami tugas masing-masing. Tetapi kestabilan institusi universitas saat ini menyebabkan tidak maksimalnya hasil yang diperoleh.

6. Keberagaman

Silahkan ditulis perubahan perubahan yang berpengaruh dalam keberagaman (contohnya apabila anggota komunitas, dewan, atau komposisi staf anda mulai beragam dari sisi jenis kelaminnya, suku, pendidikan, umur, budaya, agama, latar belakang asal lokasinya, bahasanya, dan lain sebagainya) dalam periode pelaporan ini. Apabila organisasi/ komunitas anda mengalami tantangan keberagaman, silahkan tuliskan juga pendapat anda:

Dalam tim openbts ini terdiri dari 5 orang, yaitu 4 orang pria dan 1 orang wanita yang mempunyai tanggung jawab masing-masing. Rentang usia antara 42 - 24 tahun. Anggota tim semuanya berlatar belakang informatika dan komputer. Di akhir-akhir program hibah ini tersisa 3 orang yang masih aktif terlibat dalam pelatihan ini.

7. Laporan keuangan

Silahkan masukkan pranala laporan keuangan anda disini:

Laporan keuangan kegiatan ini

8. Pengesahan Saya, sebagai penandatangan, menyatakan bahwa saya adalah individu yang berwenang untuk menyerahkan laporan ini atas nama komunitas/ organisasi saya sesuai dengan persyaratan yang dicantumkan pada Perjanjian Hibah Cipta Media Bersama yang telah ditandatangani sebelumnya dan seluruh dana yang dibelanjakan telah dibelanjakan sesuai dengan tujuan-tujuan yang tercantum dalam permohonan hibah.

Tertanda: Lokasi dan tanggal:

Serpong, 26 Oktober 2015

Handri Santoso

Tags:



October 2015 | CC BY 4.0