Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

MK-160 - Laporan Narasi Pertanggung Jawaban Hibah Termin II



Media Komunitas 160 Karakter

Ford Foundation

Instruksi untuk mengisi laporan penerimaan hibah

Ford Foundation mengharuskan seluruh penerima hibah melaporkan kegiatan mereka dalam bentuk laporan naratif dan laporan keuangan berdasarkan Perjanjian Penerima Hibah Cipta Media Bersama yang telah disepakati kedua belah pihak. Laporan naratif disarankan dalam bentuk lima hingga tujuh halaman.

Laporan dapat dikirimkan melalui surel atau dokumen asli

Penerima hibah : Muhammad Amrun (Komunitas Angkringan Yogya)

Periode Laporan : 1 Februari 2012 hingga 15 Oktober 2012

Proyek : Media Komunitas 160 Karakter (MK160)

1. Pembelajaran

Silahkan tuliskan pembelajaran, acara-acara yang anda buat/ alami yang dapat membuat perubahan dalam satu tahun kedepan sebagai hasil dari upaya upaya yang anda buat dibawah hibah yang anda terima, perubahan-perubahan yang anda percaya dapat membatu organisasi/ komunitas anda mencapai tujuan-tujuannya dan/ atau kesulitan dan tantangan yang tidak anda perkirakan yang anda temukan dalam periode pelaporan hibah ini.

…………………………………………………………………………..

2. Aktivitas/ Isu yang Anda usung dan mencoba atasi

Berikut adalah aktivitas dan isu-isu yang anda masukkan pada permohonan hibah anda Potensi SMS yang belum tergarap secara maksimal sebagai sarana penyampaian informasi antar warga komunitas.

  • Melakukan sosialisai dan mobilisasi warga Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DIY yang berpenduduk lebih dari 20.000 jiwa untuk mengetahui dan memberikan kontribusi berinteraksi dengan menggunakan proyek ini.

  • Pembuatan sistem aplikasi berisi database aplikasi SMS – MK (Media Komunitas) kependudukan.

  • Salah satu database yang berada dalam sistem adalah nomor HP yang berfungsi untuk menerima dan menyebarluaskan informasi.

  • Penyebarluasan informasi secara serentak (broadcast) kepada warga media komunitas berdasarkan kategori tertentu (lokasi, jenis kelamin, usia, profesi, minat)

  • Menerima informasi dari warga komunitas, kemudian menyebarluaskan kepada warga lain secara serentak.

  • Terintegrasi dengan database komunitas sehingga warga komunitas bisa mengaksesnya melalui SMS. Misalnya, warga yang butuh donor darah bisa langsung mendapatkan balasan SMS berisi daftar nama dan alamat pendonor yang sesuai.

  • Sebagai media promosi bisnis warga komunitas.

Aktifitas yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Melakukan pelatihan tim admin, untuk melatih tim yang nantinya akan menjadi admin dalam pengelolaan aktifitas.

  • Sosialisasi tingkat desa, RT menggunakan poster, panflet, leaflet maupun stiker yang ditempel di setiap rumah.untuk lebih mengenalkan aktifitas kepada warga komunitas.

  • Melakukan pendataan nomor HP maupun data penduduk

  • Input data ke sistem, memasukan hasil pendataan yang akan menjadi database dalam sistem.

  • Pembuatan dokumentasi baik dalam bentul foto, modul, tutorial maupun buku.

  • Keseluruhan proses akan didokumentasikan dan dikemas menjadi panduan berupa teks dan audio visual. Keseluruhan produk berupa aplikasi, panduan dan dokumentasi akan dirilis dengan lisensi kreatif commons dan diunggah ke internet melalui website angkringan.web.id sehingga bisa digunakan oleh siapapun secara bebas. Secara khusus proyek ini akan memfasilitasi 10 anggota komunitas anggota JRKI untuk mereplikasikan sistem ini dikomunitas masing – masing.

  • Kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk pesan layanan masyarakat

Aktifitas dan isu yang anda atasi

…………………………………….

3. Indikator sukses anda dalam permohonan hibah

  1. Warga komunitas dilokasi berinteraksi dalam ujicoba proyek (Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DIY)

  2. Sepuluh radio komunitas diberbagai wilayah yang mereplikasi hasil proyek ini.

  3. Komunitas lain juga yang mereplikasi hasil proyek ini.

  4. Tersedianya aplikasi SMS untuk media komunitas free open source

  5. Tersedianya dokumentasi pengalaman yang dapat dipelajari dan dapat diterapkan oleh komunitas lain berupa modul, tutorial maupun buku acuan.

  6. Panduan (berupa teks dan audio visual) tentang penggunaan aplikasi SMS media komunitas.

  7. Panduan (berupa teks dan audio visual) pengorganisasian komunitas dalam memanfaatkan aplikasi SMS secara kolektif.

  8. Sebanyak sepuluh komunitas menerapkan SMS sebagai media komunitas.

Hasil aktual hingga laporan ini dibuat

…………………………………….

4. Tujuan dan Sasaran

Silahkan anda jelaskan apa yang telah anda berhasil peroleh dengan hibah ini yang berkaitan dengan tujuan yang lebih besar yang anda harapkan dapat anda capai

Sasaran-sasaran yang diharapkan dapat dicapai

A. Memaksimalkan penggunaan SMS untuk pertukaran atau menyampaian informasi yang lebih lebih bermanfaat untuk komunitas.

B. Memberikan sebuah sistem pengelolaan pertukaran atau penyampaian informasi dengan menggunakan teknologi media komunitas yang baru.

C. Pengalaman dalam pelaksanaan program untuk dapat diterapkan di komunitas lain.

D. Panduan hardware, software dan brainware untuk komunitas lain yang akan dapat dipelajari dan diterapkan.

E. Ada saluran sistem informasi baru dalam penggunaan teknologi informasi.

F. Terkumpulnya data base warga komunitas terutama data base nomor HP

Tujuan yang berhasil dicapai hingga saat ini

…………………………………….

Tolong jabarkan perubahan perubahan signifikan yang organisasi anda dapatkan yang memiliki dampak pada pekerjaan anda pada periode pelaporan yang anda lakukan untuk saat ini. Masukkan secara deskriptif bagaimana anda menangani perubahan perubahan tersebut dan bagaimana perencanaan anda berubah sebagai hasilnya.

…………………………………….

5. Tantangan/ masalah organisasi/ pengelolaan yang dihadapi

Isu-isu manajemen atau organisasi apakah yang anda hadapi pada saat anda menuliskan laporan ini (apakah ada perubahan signifikan pada komposisi staf/ dewan atau anggota tim anda. Apakah ada faktor-faktor lain yang dapat membatasi kemampuan organisasi/ komunitas anda untuk mengumpulkan data dan menerjemahkan data data keuangan atau aktifitas yang terkait dengan program dalam tujuan awal). Bila mungkin juga tuliskan dan tekankan kebutuhan yang belum terpenuhi/ teridentifikasi sebelumnya dalam menangani penguatan organisasi/ komunitas anda

…………………………………….

6. Keberagaman

Silahkan ditulis perubahan perubahan yang berpengaruh dalam keberagaman (contohnya apabila anggota komunitas, dewan, atau komposisi staf anda mulai beragam dari sisi jenis kelaminnya, suku, pendidikan, umur, budaya, agama, latar belakang asal lokasinya, bahasanya, dan lain sebagainya) dalam periode pelaporan ini. Apabila organisasi/ komunitas anda mengalami tantangan keberagaman, silahkan tuliskan juga pendapat anda.

…………………………………….

7. Laporan keuangan

Silahkan masukkan pranala laporan keuangan anda disini

…………………………………….

8. Pengesahan

Saya, sebagai penandatangan, menyatakan bahwa saya adalah individu yang berwenang untuk menyerahkan laporan ini atas nama komunitas/ organisasi saya sesuai dengan persyaratan yang dicantumkan pada Perjanjian Hibah Cipta Media Bersama yang telah ditandatangani sebelumnya dan seluruh dana yang dibelanjakan telah dibelanjakan sesuai dengan tujuan-tujuan yang tercantum dalam permohonan hibah.

Tertanda: Lokasi dan tanggal:

Surabaya, …………………….

Muhamad Amrun

Tags: