Anda berada di mode pratinjau.
| |

MK-160 - Laporan Narasi Pertanggung Jawaban Hibah Termin I



Media Komunitas 160 Karakter

Ford Foundation

Instruksi untuk mengisi laporan penerimaan hibah

Ford Foundation mengharuskan seluruh penerima hibah melaporkan kegiatan mereka dalam bentuk laporan naratif dan laporan keuangan berdasarkan Perjanjian Penerima Hibah Cipta Media Bersama yang telah disepakati kedua belah pihak. Laporan naratif disarankan dalam bentuk lima hingga tujuh halaman.

Laporan dapat dikirimkan melalui surel atau dokumen asli

Penerima hibah : Muhammad Amrun (Komunitas Angkringan Yogya)

Periode Laporan : 1 Februari 2012 hingga 15 Oktober 2012

Proyek : Media Komunitas 160 Karakter (MK160)

1. Pembelajaran

Silahkan tuliskan pembelajaran, acara-acara yang anda buat/ alami yang dapat membuat perubahan dalam satu tahun kedepan sebagai hasil dari upaya upaya yang anda buat dibawah hibah yang anda terima, perubahan-perubahan yang anda percaya dapat membatu organisasi/ komunitas anda mencapai tujuan-tujuannya dan/ atau kesulitan dan tantangan yang tidak anda perkirakan yang anda temukan dalam periode pelaporan hibah ini.

Tujuan dari MK160 adalah menjadikan media komunikasi hp untuk lebih berdayaguna dalam kaitannya pertukaran informasi. Pertukaran informasi akan terjadi di komunitas angkringan yang berada di Desa Timbulharjo, Sewon, Bantul. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan adanya MK160. Misalnya setiap warga komunitas dapat menginformasikan apa yang sedang terjadi di wilayah tempat tinggal masing-masing. Selain itu juga dapat digunakan untuk saling memberikan pengumuman yang penting kepada warga komunitas.

Awal mula muncul ide bikin SMS sebagai media untuk penyampaian dan penyebarluaskan informasi adalah melihat adanya bonus SMS yang di tawarkan proveder. Bonus SMS yang berlimpah itu mengilhami media komunitas angkringan untuk membuat sistem aplikasi penyebarluasan dan penyampaian informasi.

Informasi yang dapat disampaikan adalah informasi atau isu yang sedang terjadi di wilayah tempat tinggal masing-masing warga. Penggunakan sms dengan media MK160 maka informasi yang disampaikan akan tersampaikan ke seluruh warga yang data nomor Hpnya sudah di input. Dengan demikian warga yang akan menerima informasi akan lebih banyak.

Respon diharapkan setiap informasi yang disampaikan akan mendapatkan respon balik minimal 50 persen dari seluruh nomor yang dikirimi pesan. Adanya respon balik dari warga ini akan menunjukan fungsi MK160 sebagai media penyampaian dan penyebaran informasi secara efisien. Bahkan nantinya akan banyak informasi yang didapat dan sebarluaskan.

MK160 dapat memberikan pengumuman terkait dengan keterlibatan warga dalam melakukan kegiatan. Kegiatan yang saling diinformasikan ini akan menjadi pancingan warga lainnya untuk dapat terlibat dalam sebuah kegiatan.Peran MK160 sebagai media yang akan menjadi penyebar informasi maupun pengingat warga terkait dengan kegiatan yang sudah direncanakan.

MK160 juga akan membantu mempercepat untuk menyebarluaskan atau menginformasikan soal kebutuhan darah. Kebutuhan darah merupakan kebutuhan yang urgent. Akan tetapi MK160 memiliki data golongan darah baik yang siap menjadi pendonor maupun yang tidak. Dengan demikian begitu ada kebutuhan golongan darah, maka MK160 akan mengirimkan dan menyebarluaskan ke warga yang mempunyai golongan darah yang sama. MK160 akan lebih cepat menyajikan data dan menghubungkan dengan para pendonor darah. Cara ini akan mempercepat terpenuhinya kebutuhan darah pada saat itu juga.

MK160 akan membantu kontrol keamanan di lingkungan warga komunitas angkringan di Desa Timbulharjo. MK160 akan mengingatkan warganya yang pada saat ini sedang mempunyai jatah ronda. Setiap malam MK160 mengirimkan informasi ronda kepada warga yang pada saat itu mendapatkan jatah ronda. Bahkan apabila dalam waktu tertentu ada kasus pencurian, MK160 akan menerima informasi kejadian pencurian dan mengirim pesan ke warga yang ada di sekitar tempat terjadinya pencurian maupun ke pihak berwajib.

2. Aktivitas/ Isu yang Anda usung dan mencoba atasi

Berikut adalah aktivitas dan isu-isu yang anda masukkan pada permohonan hibah anda Potensi SMS yang belum tergarap secara maksimal sebagai sarana penyampaian informasi antar warga komunitas.

  • Melakukan sosialisai dan mobilisasi warga Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DIY yang berpenduduk lebih dari 20.000 jiwa untuk mengetahui dan memberikan kontribusi berinteraksi dengan menggunakan proyek ini.

  • Pembuatan sistem aplikasi berisi database aplikasi SMS – MK (Media Komunitas) kependudukan.

  • Salah satu database yang berada dalam sistem adalah nomor HP yang berfungsi untuk menerima dan menyebarluaskan informasi.

  • Penyebarluasan informasi secara serentak (broadcast) kepada warga media komunitas berdasarkan kategori tertentu (lokasi, jenis kelamin, usia, profesi, minat) Menerima informasi dari warga komunitas, kemudian menyebarluaskan kepada warga lain secara serentak.

  • Terintegrasi dengan database komunitas sehingga warga komunitas bisa mengaksesnya melalui SMS. Misalnya, warga yang butuh donor darah bisa langsung mendapatkan balasan SMS berisi daftar nama dan alamat pendonor yang sesuai.

  • Sebagai media promosi bisnis warga komunitas.

Aktifitas yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Melakukan pelatihan tim admin, untuk melatih tim yang nantinya akan menjadi admin dalam pengelolaan aktifitas.

  • Sosialisasi tingkat desa, RT menggunakan poster, panflet, leaflet maupun stiker yang ditempel di setiap rumah.untuk lebih mengenalkan aktifitas kepada warga komunitas.

  • Melakukan pendataan nomor HP maupun data penduduk

  • Input data ke sistem, memasukan hasil pendataan yang akan menjadi database dalam sistem.

  • Pembuatan dokumentasi baik dalam bentul foto, modul, tutorial maupun buku.

  • Keseluruhan proses akan didokumentasikan dan dikemas menjadi panduan berupa teks dan audio visual. Keseluruhan produk berupa aplikasi, panduan dan dokumentasi akan dirilis dengan lisensi kreatif commons dan diunggah ke internet melalui website angkringan.web.id sehingga bisa digunakan oleh siapapun secara bebas. Secara khusus proyek ini akan memfasilitasi 10 anggota komunitas anggota JRKI untuk mereplikasikan sistem ini dikomunitas masing – masing.

  • Kerjasama dengan pihak lain dalam bentuk pesan layanan masyarakat

Aktifitas dan isu yang anda atasi

  1. Sosialisasi sudah dilakukan selama 10 kali.

    1. Sosialisasi pertama terkait program kegiatan MK160 dilakukan kepada pengelola media komunitas angkringan. Pengelola media komunikasi angkringan sepakat untuk menggunakan MK160 sebagai media baru untuk digunakan sebagai pertukaran informasi di masyarakat desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Bantul. Media MK160 untuk pertukaran informasi dalam komunitas.

    2. Sosialisasi kepada perangkat desa di Desa Timbulharjo mendapatkan sambutan baik adanya program MK160 yang dilakukan oleh media komunitas angkringan. MK160 dapat digunakan pemerintah dalam membangun interaksi dengan warganya. Begitu juga sebaliknya. MK160 juga dapat dimaksimalkan pihak pemerintah untuk memberikan pengumuman maupun melakukan sosialisasi terkait dengan program-program desa.

  2. Sosialisasi MK160 juga dilakukan di “PanDu” Paguyuban Dukuh. Pada sosialisasi pandu dihadiri oleh pihak muspika dalam hal ini kecamatan, polsek dan koramil. Pandu menyambut baik adanya program MK160. Pihak kecamatan, polsek maupun koramil juga demikian. Kecamatan, polsek dan koramil nantinya juga akan dapat memanfaatkan media ini untuk melakukan sosialisasi ataupun pengumuman terkait kegiatan yang ada di kecamatan, polsek maupun koramil.

  3. Sosialisasi tingkat pedukuhan sudah dilakukan di enam pedukuhan di Desa Timbulharjo. Sosialisasi ini menjelaskan adanya program MK160, pemanfaatannya sampai dengan teknis pendataan dan penggunaannya. Sekarang enam pedukuhan sudah dilakukan proses sosialisasi dan pendataan. Proses selanjutnya malakukan entry data penduduk dan nomor HP.

  4. Pembuatan sistem aplikasi berisi database aplikasi SMS – MK (Media Komunitas) kependudukan. Sistem aplikasi database kependudukan sudah jadi per tanggal 19 Oktober 2012. Sistem ini dibangun sejak bulan februari 2012. Akan tetapi dengan kondisi dan kendala yang menghampiri selalu muncul.

  5. Pengerjaan sistem aplikasi MK160 mundur. Mundurnya ini menyebabkan kegiatan yang lain juga mundur. Mundurnya ini terkait dengan pengembang yang kurang maksimal dalam melakukan penyelesaian sistem aplikasi. Pengerjakan sistem aplikasi ini mundur hampir selama 6 bulan dari waktu yang direncanankan.

  6. Saat ini sistem dapat digunakan dengan menyesuaikan fitur-fitur yang sesuai dengan kesepakatan. Sistem juga sudah dapat digunakan oleh warga komunitas untuk saling bertukar informasi maupun memberikan informasi terkait dengan apa yang terjadi di sekitar tempat tinggal.

  7. MK160 oleh media komunitas angkringan akan terus dilakukan pengembangan. Pengembangan ini untuk menyesuaikan gagasan awal. Untuk pengembangan ini memang tidak dapat dilakukan dalam waktu dekat ini.

  8. Data nomor hp yang sudah terinput dalam sistem kurang lebih sekitar 2.500 nomor hp. Semua nomor hp yang sudah terinput dapat digunakan melakukan pertukaran informasi antar warga. Pengiriman info ini bisa berlaku dua arah. Warga memberikan info ke MK160, terus admin MK160 meneruskan isi info ke nomor warga yang sudah terinput dalam sistem. Tetapi media komunitas angkringan juga dapat memberikan info kepada warga melalui MK160. Proses pertukaran info ini sudah berjalan walau belum seluruhnya data nomor hp terdata dan di input semua. MK160 akan melihat informasi yang disampaikan oleh warga. Penyampaian dan penyebarluasan informasi juga melihat dampak

  9. Data base nomor hp dibedakan sesuai dengan kategori tertentu. Kategori yang ada dalam sistem seperti kepala rumah tangga, golongan darah, usia, jenis kelamin, pekerjaan, sekolah, kelompok ronda, organisasi tingkat RT sampai desa yang diikuti dll. Pembuatan kategori dalam database ini dimaksudkan agar informasi yang disampaikan kepada warga melalui SMS juga tetap sasaran. Dengan demikian SMS yang berisi pesan tidak dikategorikan spam oleh warga. Warga yang nantinya belum terdata atau ganti nomor hp, dapat menyampaiakan ke MK160 baik melalui SMS maupun datang langsung. Selanjutnya pengelola atau admin akan memasukan menjadi bagian dari data base.

  10. MK160 menerima pesan dari warga dan pesan dari warga tersebut di saring oleh admin MK160. Kalau setidaknya pesan ini penting dan tidak menimbulkan sara atau hal-hal yang membuat perpecahan warga maka admin akan menyebarluaskan kepada warga yang sesuai dengan kategorinya. Pemberian kategori dalam menyampaian pesan ini supaya pesan yang disampaikan ke warga tepat sasaran. Jangan sampai pesan yang tersampaikan merupakan pesan yang memang tidak tepat. Pesan yang pas dan tepat akan berguna dan bermanfaat.

  11. Database yang ada dalam MK160 merupakan data warga yang sebenar-benarnya sehingga data tersebut akan membantu warga yang membutuhkan data sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya ada warga yang membutuhkan golongan darah, maka pesan tersebut hanya tersampaikan kepada warga yang mempunyai golongan darah yang sesuai. Warga bisa mendapatkan data golongan darah yang nantinya dapat dihubungi sendiri.

  12. Warga masyarakat di wilayah media komunitas angkringan/desa Timbulharjo yang mempunyai potensi atau kegiatan ekonomi dapat mempromosikan melalui MK160. Warga tinggal kirim pesan ke MK160 maka admin MK160 akan meneruskan pesan yang berisi promosi ke warga yang sesuai dengan isi promosi.

  • Aktivitas yang dilakukan:
  1. Pelatihan tim admin bertujuan untuk melatih tim admin yang nantinya akan mengelola program kegiatan. Pelatihan yang dilakukan dari melakukan sosialisasi sampai operasional kegiatan broadcast pesan. Isi pelatihan adalah bagaimana admin menerima pesan dan mengirim balik pesan kepada warga dalam jumlah banyak yang sesuai dengan kategori warga yang sesuai dengan isi pesan. Pelatihan juga secara teknis dilakukan terkait dengan pengelolaan sistem aplikasi MK160.

  2. Sosialisasi dilakukan dari tingakt desa sampai tingkat RT. Sosialisasi diawali dengan laporan kepada pemerintah desa terkait dengan kegiatan MK160. Setelah itu sosialisasi dilakukan kepada perangkat desa dan kepala Kadus melalui forum PanDu (Paguyuban Dukuh). Sosialisasi selanjutkan ke tingakat RT. Untuk menghemat waktu sosialisasi tingkat RT ini di ubah ke tingkat dusun. Sosialisasi tingkat dusun mengikutkan semua RT di masing-masing pedukuhan.

  3. Sosialisasi tingkat pedukuhan dilakukan ke 16 pedukuhan yang ada di Desa Timbulharjo. Sampai saat ini sudah dilakukan sosialisasi di 6 pedukuhan. Dalam sosialisasi ini tim MK160 menjelaskan terkait dengan adanya program MK160 maupun tahapan-tahapan yang akan dilakukan paska sosialisasi.

  4. Setelah dilakukan sosialisasi, tahab selanjutnya yang dilakukan adalah dengan melakukan pendataan nomor HP warga dan data penduduk. Pendataan dilakukan oleh tim tingkat pedukuhan dengan didampingi oleh tim MK160. Setelah dilakukan pendataan kemudian setiap rumah warga ditempel stiker yang berisikan nomor HP MK160. Stiker ini bertujuan untuk mempromosikan nomor HP MK160. Stiker selain di tempel di setiap rumah warga, juga ditempel di tempat-tempat umum, seperti pos ronda. Pendataan sudah selesai di 4 pedukuhan.

  5. Setelah pendataan selesai tahapan berikutnya adalah dengan melakukan input data nomor hp dan data penduduk. Input data juga dilakukan oleh tim tingkat pedukuhan. Input data juga sudah selesai di empat pedukuhan.

  6. Pembuatan dokumentasi terkait dengan kegiatan MK160 belum selesai dilakukan. Akan tetapi tim MK160 sudah mengumpulkan data mentah terkait dengan bahan yang akan dijadikan bentuk foto, modul, tutorial maupun buku.

  7. Pendokumentasi yang belum selesai, mempublikasikan ke umum juga belum dapat dilakukan. Setelah pembuatan dokumentasi selesai maka akan diunggah ke website angkringan.web.id. Akan tetapi pada waktu melakukan sosialisasi ke jaringan media komunitas akan dimaksimalkan untuk jadi. Sehingga pada waktu sosialisasi dapat dijadikan sebagai bahan ajar dan jaringan akan dapat melakukan replikasi di komunitas asalnya.

  8. Saat ini sudah terjadi komunikasi dengan beberapa dinas untuk melakukan kerjasama dengan MK160. Kerjasama yang sempat menjadi diskusi adalah terkait dengan iklan layanan masyarakat, sosialisasi atau pengumuman dinas yang harus sampai kepada warga.

3. Indikator sukses anda dalam permohonan hibah

  1. Warga komunitas dilokasi berinteraksi dalam ujicoba proyek (Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DIY)

  2. Sepuluh radio komunitas diberbagai wilayah yang mereplikasi hasil proyek ini.

  3. Komunitas lain juga yang mereplikasi hasil proyek ini.

  4. Tersedianya aplikasi SMS untuk media komunitas free open source

  5. Tersedianya dokumentasi pengalaman yang dapat dipelajari dan dapat diterapkan oleh komunitas lain berupa modul, tutorial maupun buku acuan.

  6. Panduan (berupa teks dan audio visual) tentang penggunaan aplikasi SMS media komunitas.

  7. Panduan (berupa teks dan audio visual) pengorganisasian komunitas dalam memanfaatkan aplikasi SMS secara kolektif.

  8. Sebanyak sepuluh komunitas menerapkan SMS sebagai media komunitas.

Hasil aktual hingga laporan ini dibuat

  1. Warga media komunitas angkringan yang ada di Desa Timbulharjo, Sewon, Bantul saat ini dapat menggunakan MK160 untuk melakukan pertukaran informasi. Warga bisa memberikan informasi ke MK160, kemudian admin MK160 akan mengirimkan pesan tersebut ke warga yang sesuai dengan kategori isi pesan. Saat ini 4 pedukuhan dapat memaksimalkan MK160 untuk pertukaran informasi.

  2. Empat pedukuhan yang sudah bisa maksimal memanfaatkan MK160 karena sudah menyelesaikan tahapan pendataan dan input data. Warga sudah memanfaatkan untuk memberikan pengumunan, informasi keaman. Untuk selanjutnya di pertengahan bulan November 2012 ini akan dilakukan sosialisasi dan pendataan di dua pedukuhan.

  3. Sosialisasi dan pendataan warga mengalami mundur sesuai dengan agenda yang sudah direncanakan. Hal ini karena penyelesaian sistem aplikasi yang mundur juga. Pengembang yang mengerjakan sistem tidak dapat menyelesaikan sesuai dengan target waktu. Sistem aplikasi baru selesai dan maksimal dapat digunakan pada tanggal 19 Oktober 2012.

  4. Penyelesaian sistem aplikasi yang mundur juga mempengaruhi tahapan projek yang lain. Tahapan projek yang juga ikut mundur adalah melakukan replikasi di sepuluh radio komunitas diberbagai wilayah, menyediakan aplikasi SMS untuk media komunitas free open source, membuat dokumentasi pengalaman yang dapat dipelajari dan dapat diterapkan oleh komunitas lain berupa modul, tutorial maupun buku acuan.

  5. Panduan-panduan berupa teks dan audio visual berisi penggunaan aplikasi SMS media komunitas, pengorganisasian komunitas dalam memanfaatkan aplikasi SMS secara kolektif juga belum dapat dilakukan. Akan tetapi setelah sistem aplikasi selesai, akan melangkah mengejakan yang lain sesuai dengan rencana.

4. Tujuan dan Sasaran

Silahkan anda jelaskan apa yang telah anda berhasil peroleh dengan hibah ini yang berkaitan dengan tujuan yang lebih besar yang anda harapkan dapat anda capai

Sasaran-sasaran yang diharapkan dapat dicapai

A. Memaksimalkan penggunaan SMS untuk pertukaran atau menyampaian informasi yang lebih lebih bermanfaat untuk komunitas.

B. Memberikan sebuah sistem pengelolaan pertukaran atau penyampaian informasi dengan menggunakan teknologi media komunitas yang baru.

C. Pengalaman dalam pelaksanaan program untuk dapat diterapkan di komunitas lain.

D. Panduan hardware, software dan brainware untuk komunitas lain yang akan dapat dipelajari dan diterapkan.

E. Ada saluran sistem informasi baru dalam penggunaan teknologi informasi.

F. Terkumpulnya data base warga komunitas terutama data base nomor HP

Tujuan yang berhasil dicapai hingga saat ini

  • MK160 belum dirasakan manfaat yang maksimal untuk pertukaran atau menyampaikan infomasi. Belum maksimalnya ini karena sistem aplikasi MK160 selesainya mundur dari waktu yang direncanakan. Saat ini baru 4 pedukuhan dari 16 pedukuhan yang ada di Desa Timbulharjo yang sudah menyelesaikan pendataan dan input data. Sistem aplikasi MK160 selesai pada tanggal 19 Oktober 2012.

  • Akan tetapi dari 4 pedukuhan tersebut sudah dapat menggunakan MK160 untuk pertukaran atau penyampaian informasi. Beberapa informasi sudah disampaikan ke MK160, kemudian admin MK160 mengirim ke warga lainnya.

  • Adanya MK160 akan memberikan sistem pengelolaan pertukaran atau penyampaian informasi dengan menggunakan teknologi baru. Media komunitas selama ini menggunakan radio, buletin atau website untuk melakukan pertukaran atau penyampaian informasi. MK160 menggunakan HP dalam melakukan pertukaran atau penyampaian informasi. HP yang selama ini hanya digunakan untuk komunikasi satu arah. Adanya MK160 maka akan lebih mendayagunakan HP sebagai media komunitas.

  • Saat ini MK160 belum mempunyai pengalaman bahwa sistem aplikasi pertukaran atau penyampaian SMS sebagai media komunitas untuk pertukaran informasi. Akan tetapi pengalaman yang dilakukan baru untuk konsumsi sendiri. Akan tetapi ke depan sistem aplikasi MK160 sebagai media komunitas akan dapat diterapkan di tempat lain.

  • MK160 akan membuat panduan hardware, software dan brainware untuk komunitas lain yang akan dapat dipelajari dan diterapkan. Panduan ini akan mempermudah komunitas lain untuk dapat menggunakan aplikasi MK160 sebagai media komunitas baru dengan memaksimalkan HP untuk pertukaran atau penyapaian informasi. Aplikasi MK160 merupakan saluran sistem informasi baru dalam penggunaan teknologi informasi.

  • Basis sistem aplikasi MK160 adalah nomor telepon HP. Saat ini di desa Timbulharjo sudah mempunyai data base nomor HP warga. Selain data base nomor HP juga data base warga sesuai dengan kategori tertentu. Kategori ini akan membedakan terkait isi dari informasi yang akan disampaikan atau dipertukarkan. Jadi, pertukaran atau penyampaian informasi akan tetap sasaran ke warga komunitas. Informasi yang tidak sesuai akan menjadikan sampah. Adanya informasi yang membuat sampah warga membuat nilai buruk dari media komunitas ini sehingga perlu data base nomor HP dan data base warga.

Tolong jabarkan perubahan perubahan signifikan yang organisasi anda dapatkan yang memiliki dampak pada pekerjaan anda pada periode pelaporan yang anda lakukan untuk saat ini. Masukkan secara deskriptif bagaimana anda menangani perubahan perubahan tersebut dan bagaimana perencanaan anda berubah sebagai hasilnya.

  • Sistem aplikasi MK160 sebagai media komunitas baru membuat pertukaran atau penyampaian informasi akan lebih cepat dan tepat sasaran. Sebagai contoh pada waktu ada orang meninggal di salah satu kampung, dengan cepat informasi itu dapat disampaikan kepada warga di sekitar kampung tersebut. Bahkan pemerintah desa dapat menyampaikan pengumuman dan semua warga yang sudah terdata dan terinput dalam sistem secara otomatis pasti menerima informasi pengumuman tersebut.

  • Media komunitas angkringan yang juga mengelola siaran radio komunitas akan lebih banyak mendapatkan informasi untuk disampaikan melalui siaran radio. Ini akan mempercepat pengelola angkringan dalam memeperoleh informasi dan menyampaiakn kembali ke warga komunitas dengan cepat, murah dan mudah.

5. Tantangan/ masalah organisasi/ pengelolaan yang dihadapi

Isu-isu manajemen atau organisasi apakah yang anda hadapi pada saat anda menuliskan laporan ini (apakah ada perubahan signifikan pada komposisi staf/ dewan atau anggota tim anda. Apakah ada faktor-faktor lain yang dapat membatasi kemampuan organisasi/ komunitas anda untuk mengumpulkan data dan menerjemahkan data data keuangan atau aktifitas yang terkait dengan program dalam tujuan awal). Bila mungkin juga tuliskan dan tekankan kebutuhan yang belum terpenuhi/ teridentifikasi sebelumnya dalam menangani penguatan organisasi/ komunitas anda

Tantangan dan masalah yang kemungkinan akan dihadapi oleh organisasi adalah :

  1. Menjaga untuk tetap komitmen bahwa sistem MK160 ini tetap bersikap netrak karena sangat potensial untuk digunakan untuk kepentingan pribadi maupun golongan.

  2. Masalah politik akan menjadi tantangan bahwa sistem MK160 sangat mudah, murah untuk melakukan kampanye maupun penggalangan massa.

  3. Pembiayaan, awal kami membuat MK160 menjadikan sebuah media komunitas karena banyaknya bonus SMS dari proveder. Adanya MK160 memanfaatkan bonus SMS sehingga akan mendayagunakan HP untuk pertukaran dan penyampaian informasi. Akan tetapi per 1 April 2012 menkominfo mengeluarkan aturan terkait dengan bonus SMS. Untuk itu jelas akan berpengaruh terhadap proyek. Jumlah KK (Kepala Keluarga) 20.000 orang setidaknya dalam sehari akan menghabiskan pulsa sekitar Rp 350.000,00. Itu masih tergantung dari informasi yang akan disebarluaskan. Biaya pulsa ini menjadikan tantangan yang mengarah ke masalah akan jalannya MK160 ke depan.

  4. Adanya pesta demokrasi Pilurdes (Pilihan Kepala Desa) menjadi salah satu kendala untuk melakukan giat bersama komunitas. Sosialisasi dan pendataan juga menjadi terkendala. Beberapa RT yang ada di komunitas meminta untuk mundur. Sangat sensitif terkait dengan persiapan pilurdes yang akan dilaksanakan pada bulan maret 2013. Walau demikian beberapa RT yang menganggap akan aman dilakukan sosialisasi dan pendataan terus dilakukan.

6. Keberagaman

Silahkan ditulis perubahan perubahan yang berpengaruh dalam keberagaman (contohnya apabila anggota komunitas, dewan, atau komposisi staf anda mulai beragam dari sisi jenis kelaminnya, suku, pendidikan, umur, budaya, agama, latar belakang asal lokasinya, bahasanya, dan lain sebagainya) dalam periode pelaporan ini. Apabila organisasi/ komunitas anda mengalami tantangan keberagaman, silahkan tuliskan juga pendapat anda.

Kontek pertukaran dan penyampaian informasi sangat beragam tidak hanya terkait hanya dalam satu kelompok atau golongan yang ada dalam komunitas. Semua anggota komunitas yang sangat beragam dalam hal jenis kelamin, agama, suku, pendidikan, umur, budaya, agama, latar belakang dan lain-lain. Setiap anggota komunitas akan memanfaatkan peran MK160 untuk saling bertukar, berbagi dan memperoleh informasi tanpa ada batasan yang terkait dengan keberagaman. Informasi yang dapat diakses asal tidak menimbulkan sara yang mengarah ke arah perselisihan maupun perpecahan dalam komunitas.

7. Laporan keuangan

Silahkan masukkan pranala laporan keuangan anda disini

http://ciptamedia.org/wiki/MK-160:_Media_Komunitas_160_Karakter/Laporan_Penggunaan_Dana

8. Pengesahan

Saya, sebagai penandatangan, menyatakan bahwa saya adalah individu yang berwenang untuk menyerahkan laporan ini atas nama komunitas/ organisasi saya sesuai dengan persyaratan yang dicantumkan pada Perjanjian Hibah Cipta Media Bersama yang telah ditandatangani sebelumnya dan seluruh dana yang dibelanjakan telah dibelanjakan sesuai dengan tujuan-tujuan yang tercantum dalam permohonan hibah.

Tertanda: Lokasi dan tanggal:

Surabaya, 15 Oktober 2012

Muhamad Amrun

Tags:



October 2012 | CC BY-SA 3.0