Anda berada di mode pratinjau.
| |

Hpku-Teman Belajarku - Laporan Naratif Penerimaan Hibah Termin I



Gerakan 1000 guru

ICT Watch

Instruksi untuk mengisi laporan penerimaan hibah

ICT Watch mengharuskan seluruh penerima hibah melaporkan kegiatan mereka dalam bentuk laporan naratif dan laporan keuangan berdasarkan Perjanjian Penerima Hibah Cipta Media Bersama yang telah disepakati kedua belah pihak. Laporan naratif disarankan dalam bentuk lima hingga tujuh halaman.

Laporan dapat dikirimkan melalui surel atau dokumen asli

Penerima hibah : GERAKAN 1000 GURU (ALI SAHBANA)

Periode Laporan : 7 Desember 2011 hingga Agustus 2012

Proyek : HPKu Teman Belajarku

1. Pembelajaran

Silahkan tuliskan pembelajaran, acara-acara yang anda buat/ alami yang dapat membuat perubahan dalam satu tahun kedepan sebagai hasil dari upaya upaya yang anda buat dibawah hibah yang anda terima, perubahan-perubahan yang anda percaya dapat membatu organisasi/ komunitas anda mencapai tujuan-tujuannya dan/ atau kesulitan dan tantangan yang tidak anda perkirakan yang anda temukan dalam periode pelaporan hibah ini.

  • Inti dari kegiatan Hpku Teman Belajarku adalah sosialisasi pemanfaatan hp yang sehat dengan memberi wawasan tentang etika dan fungsi serta bahaya hp bagi pelajar, kegiatan yang sudah kami lakukan di MAN 2 Kediri, SMKN 1 Kota Kediri dan SMAN 4 Kota Kediri dalam bentuk seminar dengan mengundang motivator remaja Drs Imron Muzakki M. Psi dosen psikologi pendidikan STAIN Kediri yang membawakan tema pemanfaatan IT untuk masa depan
  • Sedangkan untuk guru dengan mengenalkan cara membuat video pembelajaran berformat 3gp, beberapa contoh rekaman video saat mengajar pada Blog hpkutemenbelajarku.blogspot.com atau yang kami dan rekan-rekan upoad di youtube dengan kata kunci hpku teman belajarku, bentuk kegiatanya berupa sosialisasi dan pelatihan yang sudah kami selenggarakan
    • Di ruang sriaji joyoboyo Pemkot Kediri dengan peserta 40 guru TIK SMA/ MA Kota dan Kabupaten Kediri auditorium Telkom Kediri Dengan peserta perwakilan 30 SMA/ MA Aula Al Ihklas Kemenag Kota Kediri
    • Dengan peserta 15 Pengawas Pendidikan Agama, MGMP Matematika di SMAN 8 Kota Kediri
    • Dengan peserta 50 guru, MGMP Bahasa Indonesia di MAN 2 Kediri
    • Dengan peserta 35 guru, Guru SMKN 1 Kota Kediri di Perpustakaan SMKN 1 Kota Kediri.
  • Mahasiswa UIN Malang dan Mahasiswa UNP Kediri yang sedang PPL.
  • Untuk persiapan lomba pembuatan video 3gp kami harus melakukan lebih cepat karena yang sudah kami persiapkan baru web-nya yaitu videoguruku.net

2. Aktivitas/ Isu yang Anda usung dan mencoba atasi

Berikut adalah aktivitas dan isu-isu yang anda masukkan pada permohonan hibah anda:

  1. Pengupayaan penguasaan pemanfaatan teknologi informasi dikalangan pendidikan baik guru maupun siswa harus terus diupayakan,
  2. Belum adanya usaha yang intensif dan terprogram dalam pemanfaatan Hp di lingkungan pendidikan.
  3. Belum banyak konten Hp untuk pendidikan yang mudah, murah dan bisa di akses secara luas.
  4. Memberikan motivasi kepada siswa dan skill kepada guru untuk memanfaatkan Hp guna mendukung kwalitas penbelajaran di sekolah dalam kegiatan yang intensif dan terprogram.

Aktifitas dan isu yang anda atasi:

Dengan kegiatan kami berupa sosialisasi dalam bentuk seminar untuk siswa dan pelatihan untuk guru kami berupaya untuk mengangkat ke empat isu diatas, utamanya poin 1 dan 4, sedangkan 3 akan kami maksimalkan pada lomba pembuatan video pembelajaran, sedangkan untuk poin 2 sepertinya belum bisa terlaksana hingga Desember 2012. Dan kami berharab laporan aktivitas kami nanti memberi wacana bagi pengambil kebijakan di dunia pendidikan khususnya di Kota dan Kabupaten Kediri untuk pemanfaatan hp dalam pembelajaran (tujuan poin 2).

3. Indikator sukses anda dalam permohonan hibah

  • Timbulnya kesadaran dilingkungan pendidikan terutama pelajar untuk memanfaatkan Hp guna mendukung pembelajaran di sekolah.
  • Timbulnya minat dan kemampuan Guru untuk membuat video pembelajaran berformat 3gp sebagai sarana interaksi pembelajaran bagi Guru dan Siswa.
  • Tidak ada lagi aturan pelarangan pemakaian Hp di lingkungan sekolah dan ada tatatertib serta mekanisme sistem pengawasan pemanfaatan Hp.
  • Dalam satu tahun pelaksanaan workshop video pembelajaran 3gp, dihasilkan lebih dari 1000 buah video dan bisa di download melalui internet secara gratis.
  • Pada tahun 2013 sekolah menengah atas di kota dan kabupaten Kediri tercipta budaya pemanfaatan Hp, dimana pemanfaatannya benar-benar bisa dirasakan dalam peningkatan mutu pembelajaran di lingkungan pendidikan.

    Hasil aktual hingga laporan ini dibuat:

    1. Wacana baru tentang pemanfaatan hp yang sehat dikalangan pelajar
    2. Dukungan dari pejabat instansi pendidikan, PEMKOT, DINAS Pendidikan, KEMENAG Kediri untuk terus mengupayakan hp untuk mendukung pembelajaran.
    3. Respon dari guru (yang telah mengikuti sosialisasi) untuk memanfaatkan TIK dalam pembelajaran di kelas.

4. Tujuan dan Sasaran

Silahkan anda jelaskan apa yang telah anda berhasil peroleh dengan hibah ini yang berkaitan dengan tujuan yang lebih besar yang anda harapkan dapat anda capai Sasaran-sasaran yang diharapkan dapat dicapai

A. Seminar “Sosialisasi Pemanfaatan Hp Yang Sehat “ yang utamanya ditujukan untuk siswa

B. Workshop “Pembuatan Video Pembelajaran 3gp” yang ditujukan untuk guru agar timbul minat kemampuan membuat video pembelajaran utamanya saat di kelas yang mana rekamannya akan bermanfaat sebagai bahan evaluasi bagi guru, manajemen sekolah dan pengawas pendidikan, untuk meningkatkan mutu pembelajaran bisa terus ditingkatkan.

C. Mendapatkan data yang otentik dari koresponden pelaku pengguna HP (siswa, guru, manajemen sekolah, pengawas pendidikan, wali murid dan konsultan pendidikan) menggunakan kuesioner “Perlu Nggak ? Hp untuk Pelajar” dimana hasilnya akan di komunikasikan kepada penentu kebijakan serta pembuat aturan pemakaian Hp di sekolah. Juga akan dilakukan testimoni dari beberapa Stake Holder.

D. Mendapatkan lebih dari 1000 video pembelajaran setelah satu tahun program berjalan melalui loba “Cipta Video Pembelajaran 3gp” yang akan dipublikasikan diwilayah Kediri dan akan disebarluaskan gratis via internet.

Tujuan yang berhasil dicapai hingga saat ini:

Point A dan B, C dan D akan di upayakan lebih intensif.

5. Perubahan Lingkup Organisasi/ Lingkungan Sekitar

Tolong jabarkan perubahan perubahan signifikan yang organisasi anda dapatkan yang memiliki dampak pada pekerjaan anda pada periode pelaporan yang anda lakukan untuk saat ini. Masukkan secara deskriptif bagaimana anda menangani perubahan perubahan tersebut dan bagaimana perencanaan anda berubah sebagai hasilnya.

Dengan sosialisasi Hp untuk pembelajaran ini ada beberapa sekolah yang malah semakin ketat dan protektif terhadap program kami ini terbukti dengan semakin diperketat aturan pelarangan Hp bagi siswa dan penempelan poster dilarang membawa Hp di pintu masuk sekolah, tetapi ada sekolah yang malah mensuport dan ingin mengembangkan metode pemanfaatan Hp untuk pembelajaran, terbukti setelah sosialisasi kami banyak guru yang tertarik dan ingin mempraktekkan ketika mengajar di kelas, dan mengundang kami lagi untuk mengadakan pelatihan seperti di SMKN 1 Kota Kediri. Untuk itu kami biasanya fleksibel tentang tema/ materi, jika di sekolah yang dilarang membawa Hp biasanya tema kami bersifat umum yaitu “Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran”, tetapi dalam penyampaian materi kami tetap memperkenalkan pemanfaatan Hp untuk pembelajaran. Tetapi jika sekolah yang kami datangi jelas boleh atau longgar bagi siswa untuk membawa Hp, maka kami akan langsung mengadakan pelatihan “Pembuatan Video Pembelajaran Berformat 3gp”.

Tantangan/ masalah organisasi/ pengelolaan yang dihadapi:

Isu-isu manajemen atau organisasi apakah yang anda hadapi pada saat anda menuliskan laporan ini (apakah ada perubahan signifikan pada komposisi staf/ dewan atau anggota tim anda. Apakah ada faktor-faktor lain yang dapat membatasi kemampuan organisasi/ komunitas anda untuk mengumpulkan data dan menerjemahkan data data keuangan atau aktifitas yang terkait dengan program dalam tujuan awal). Bila mungkin juga tuliskan dan tekankan kebutuhan yang belum terpenuhi/ teridentifikasi sebelumnya dalam menangani penguatan organisasi/ komunitas anda.

Beban kerja 37 jam dan kewajiban mengajar 24 jam dalam satu minggu menjadi tantangan kami dan komunitas 1000guru untuk mengadakan aktivitas, tetapi kami akan terus berusaha memanfaatkan waktu dan acara yang ada, salah satunya kami akan berkolaborasi dengan pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kota dan Kabupaten Kediri untuk mengadakan pelatihan. Ada beberapa hal yang menyangkut kinerja personil 1000guru Kediri, yaitu sekretaris Sdri. Binti Isnainia tidak lagi menjadi pegawai tetap tetapi akan membantu jika ada acara sesuai keperluan, Pak Nanang setiawan (Ko. Kota Kediri) pindah tugas/ mutasi ke Jombang, untuk itu akan segera kami adakan rekrutmen personil sesegera mungkin untuk menggantikan dua personil tersebut guna meningkatkan kinerja dan penyegaran bagi 1000guru Kediri.

Dan untuk pembiayaan, perubahan yang kami usulkan :

  1. Kode K dan L dalam anggaran untuk pembelian sandaran proyektor dan jenset belum keluar kami usulkan untuk pembelian LCD proyektor karena sangat penting saat kami mengadakan acara pelatihan (sebelumnya pinjam).
  2. Kode O dalam anggaran untuk pembelian router dan acses point masih sisa kami usulkan dialihkan untuk pembiayaan acara louncing lomba pembuatan video pembelajaran 3gp pada akhir bulan Oktober 2012.

Dan pada akhir bulan Oktober 2012 itu kami berencana akan mengadakan seminar dan pelatihan untuk Guru, Mahasiswa dan Pelajar tingkat Kota Kediri dengan tema “Teknologi Informasi Untuk Pendidikan” dengan pembuka acara Wakil Walikota Kediri dan Pembicara Utama Bapak Ono W. Purbo (sekalian konfirmasi ke Pak Ono). Dilanjutkan dengan pelatihan pemanfaatan Hp untuk pembelajaran dari 1000guru Kediri. Sekalian saat itu momen yang tepat untuk louncing lomba pembuatan video pembelajaran 3gp untuk Guru, Mahasiswa dan Pelajar, dengan acara ini kita berharab akan bisa tersosialisasi lebih luas dan memdapat respon yang lebih banyak.

6. Keberagaman

Silahkan ditulis perubahan perubahan yang berpengaruh dalam keberagaman (contohnya apabila anggota komunitas, dewan, atau komposisi staf anda mulai beragam dari sisi jenis kelaminnya, suku, pendidikan, umur, budaya, agama, latar belakang asal lokasinya, bahasanya, dan lain sebagainya) dalam periode pelaporan ini. Apabila organisasi/ komunitas anda mengalami tantangan keberagaman, silahkan tuliskan juga pendapat anda.

Tidak diisi

7. Laporan keuangan

Silahkan masukkan pranala laporan keuangan anda disini

http://www.ciptamedia.org/wiki/Hpku-Teman_Belajarku/Laporan_Penggunaan_Dana

8. Pengesahan

Saya, sebagai penandatangan, menyatakan bahwa saya adalah individu yang berwenang untuk menyerahkan laporan ini atas nama komunitas/ organisasi saya sesuai dengan persyaratan yang dicantumkan pada Perjanjian Hibah Cipta Media Bersama yang telah ditandatangani sebelumnya dan seluruh dana yang dibelanjakan telah dibelanjakan sesuai dengan tujuan-tujuan yang tercantum dalam permohonan hibah.

Tertanda: Lokasi dan tanggal:

Jakarta, 29 Oktober 2012

Ali Sahbana

Tags:



October 2012 | CC BY-SA 3.0