Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Benor FM - Laporan Narasi Pertanggung Jawaban Hibah Termin II



KKI Warsi

Wikimedia Indonesia

Instruksi untuk mengisi laporan penerimaan hibah Wikimedia Indonesia mengharuskan seluruh penerima hibah melaporkan kegiatan mereka dalam bentuk laporan naratif dan laporan keuangan berdasarkan Perjanjian Penerima Hibah Cipta Media Bersama yang telah disepakati kedua belah pihak. Laporan naratif disarankan dalam bentuk lima hingga tujuh halaman.

Laporan dapat dikirimkan melalui surel atau dokumen asli

Penerima hibah : KKI WARSI /ANDI AGUSTANIS

Periode Laporan : 21 Desember 2012 hingga 9 April 2014

Proyek : Banir FM

1. Pembelajaran

Silahkan tuliskan pembelajaran, acara-acara yang anda buat/ alami yang dapat membuat perubahan dalam satu tahun kedepan sebagai hasil dari upaya upaya yang anda buat dibawah hibah yang anda terima, perubahan-perubahan yang anda percaya dapat membatu organisasi/ komunitas anda mencapai tujuan-tujuannya dan/ atau kesulitan dan tantangan yang tidak anda perkirakan yang anda temukan dalam periode pelaporan hibah ini.

2. Aktivitas/ Isu yang Anda usung dan mencoba atasi

Berikut adalah aktivitas dan isu-isu yang anda masukkan pada permohonan hibah anda:

A. Ketiadaan fasilitas untuk Orang Rimba untuk mengakses informasi program siaran pendidikan umum dan khususnya pemberantasan buta huruf untuk kelompok-kelompok Orang Rimba

  • Banyaknya anggota komunitas Orang Rimba yang buta aksara dan rendahnya akses terhadap fasilitas pendidikan.
  • Program siaran pendidikan akan bersinergi dengan sekolah-sekolah terdekat agar bersinergi menjadi kelas jauh sehingga membuka akses pada kelas formal.

B. Ketiadaaannya advokasi yang mendorong komunitas Orang Rimba mengakses fasilitas kesehatan umum seperti bidan desa, puskesmas dan rumah sakit kabupaten.

  • Program siaran yang mengkampanyekan tentang perilaku hidup sehat yang dikaitkan dengan perubahan lingkungan. Bagaimana cara-cara pencegahan penyakit seperti diare, TBC, malaria yang saat ini sangat umum terjadi di Orang Rimba.
  • Program siaran radio juga akan mengkampanyekan pentingnya peran para pihak untuk membantu pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi Orang Rimba.
  • Kurangnya akses Orang Rimba terhadap fasilitas umum dan pelurusan persepsi keliru terhadap Orang Rimba.

C. Ketiadaan Orang Rimba mendapatkan harga komoditas yang adil karena pasar dan informasi harga dimonopoli oleh toke.

  • Program siaran radio komunitas yang memuat harga-harga komoditas hasil hutan seperti jernang, rotan, damar, dan getah karet.
  • Informasi pasar alternatif yang lebih menguntungkan.
  • Radio komunitas sebagai sarana komunitas Orang Rimba mengembangkan koperasi dengan mengkomunikasikan dan mengkampanyekan manfaat koperasi dimana setiap rumah tangga ikut menjadi anggota koperasi.

D. Orang Rimba sebagai suku asli minoritas marginal sangat rawan terhadap perlakuan ketidakadilan dan kekerasan.

  • Program siaran radio komunitas yang mengkampanyekan budaya dan cara hidup Orang Rimba pada masyarakat sekitar pendengar radio.
  • Kampanye perubahan sikap dan tindakan dan penghargaan terhadap Orang Rimba. Sasaran pendengar warga desa-desa dimana Orang Rimba tinggal hidup berdampingan.
  • Informasi tentang kehidupan di desa-desa dan norma umum yang berlaku di desa-desa dengan tujuan mengurangi konflik antara kedua belah pihak yang sekarang ini sering terjadi.

Aktifitas dan isu yang anda atasi:

-

3. Indikator sukses anda dalam permohonan hibah

Orang Rimba di Bukit Duabelas meningkat kualitas hidup melalui pendidikan, informasi dan layanan kesehatan dan kegiatan ekonomi melalui media Radio Komunitas. Orang Rimba melalui radio ini, juga diharapkan akan hidup berdampingan dengan masyarakat desa, dengan pola saling menghormati berdasarkan jati diri masing-masing.

Indikator keberhasilan:

  • 144 rekaman audio pendek mengenai pendidikan/ kesehatan/ komoditi hutan bagi orang rimba yang dapat didengarkan via internet (statis) berupa pustaka audio
  • 24 rekaman audio/video program khas (feature) 20 menit kualitas baik yang dapat didengarkan via internet (statis) berupa pustaka audio
  • Membebaskan 600 Orang Rimba dari buta aksara dan mendukung 20 Orang Rimba mengakses sekolah lanjutan tingkat pertama.
  • Penderita TBC berkurang 40%, mengentaskan penyakit kulit losong hingga 95%.
  • Akses layanan kesehatan pemerintah ke Orang Rimba meningkat 75%.
  • Pendapatan Orang Rimba meningkat 50% melalui pengembangan pertanian dan perkebunan karet.
  • Berkurangnya konflik Orang Rimba dan masyarakat desa secara signifikan.
  • Tersebarnya norma-norma Orang Rimba ke masyarakat desa dan norma umum ke Orang Rimba.

Hasil aktual hingga laporan ini dibuat:

-

4. Tujuan dan Sasaran

Silahkan anda jelaskan apa yang telah anda berhasil peroleh dengan hibah ini yang berkaitan dengan tujuan yang lebih besar yang anda harapkan dapat anda capai.

Sasaran-sasaran yang diharapkan dapat dicapai:

  • A. Adanya bangunan studio dan pemancar radio komunitas yang dapat melakukan siaran secara berkelanjutan.
  • B. Mendapatkan sumber daya manusia yang mampu mengelola dan mengoperasikan Siaran Radio Komunitas secara berkelanjutan.
  • C. Adanya program siaran radio yang mendukung kegiatan pendidikan yang intensif dengan jangkauan yang luas bagi Orang Rimba.
  • D. Adanya program siaran radio yang mengkampanyekan informasi tentang layanan kesehatan bagi Orang Rimba.
  • E. Adanya program siaran radio yang mendukung pemberdayaan ekonomi berupa pemberian informasi tentang harga, akses pasar, serta sarana pengembangan koperasi.
  • F. Adanya 144 program siaran radio (pendek) dan 24 siaran radio khas (panjang) yang mengkampanyekan perlindungan, pengakuan dan kampanye menghilangkan stigma negatif dan sebutan yang “merendahkan” tentang Orang Rimba. Kampanye juga ditujukan untuk mengurangi konflik antar masyarakat desa dengan Orang Rimba. (tahun 2011 tercatat 3 luka berat dan 3 meninggal).

Tujuan yang berhasil dicapai hingga saat ini:

-

5. Perubahan Lingkup Organisasi/Lingkungan Sekitar

Tolong jabarkan perubahan perubahan signifikan yang organisasi anda dapatkan yang memiliki dampak pada pekerjaan anda pada periode pelaporan yang anda lakukan untuk saat ini. Masukkan secara deskriptif bagaimana anda menangani perubahan perubahan tersebut dan bagaimana perencanaan anda berubah sebagai hasilnya.

Tantangan/ masalah organisasi/ pengelolaan yang dihadapi Isu-isu manajemen atau organisasi apakah yang anda hadapi pada saat anda menuliskan laporan ini (apakah ada perubahan signifikan pada komposisi staf/ dewan atau anggota tim anda. Apakah ada faktor-faktor lain yang dapat membatasi kemampuan organisasi/ komunitas anda untuk mengumpulkan data dan menerjemahkan data data keuangan atau aktifitas yang terkait dengan program dalam tujuan awal). Bila mungkin juga tuliskan dan tekankan kebutuhan yang belum terpenuhi/ teridentifikasi sebelumnya dalam menangani penguatan organisasi/ komunitas anda:

-

6. Keberagaman

Silahkan ditulis perubahan perubahan yang berpengaruh dalam keberagaman (contohnya apabila anggota komunitas, dewan, atau komposisi staf anda mulai beragam dari sisi jenis kelaminnya, suku, pendidikan, umur, budaya, agama, latar belakang asal lokasinya, bahasanya, dan lain sebagainya) dalam periode pelaporan ini. Apabila organisasi/ komunitas anda mengalami tantangan keberagaman, silahkan tuliskan juga pendapat anda.

-

7. Laporan keuangan

Silahkan masukkan pranala laporan keuangan anda disini

-

8. Pengesahan

Saya, sebagai penandatangan, menyatakan bahwa saya adalah individu yang berwenang untuk menyerahkan laporan ini atas nama komunitas/ organisasi saya sesuai dengan persyaratan yang dicantumkan pada Perjanjian Hibah Cipta Media Bersama yang telah ditandatangani sebelumnya dan seluruh dana yang dibelanjakan telah dibelanjakan sesuai dengan tujuan-tujuan yang tercantum dalam permohonan hibah.

Tertanda: Lokasi dan tanggal:

Jambi, XX April 2014

Andi Agustanis

Tags: