Anda berada di mode pratinjau.
| |

Akumassa - Laporan Narasi Pertanggung Jawaban Hibah Termin II



Akumassa

Wikimedia Indonesia

Instruksi untuk mengisi laporan penerimaan hibah

Wikimedia Indonesia mengharuskan seluruh penerima hibah melaporkan kegiatan mereka dalam bentuk laporan naratif dan laporan keuangan berdasarkan Perjanjian Penerima Hibah Cipta Media Bersama yang telah disepakati kedua belah pihak. Laporan naratif disarankan dalam bentuk lima hingga tujuh halaman.

Laporan dapat dikirimkan melalui surel atau dokumen asli

Penerima hibah : AKUMASSA.ORG – FORUM LENTENG

Periode Laporan : 1 Agustus 2012 hingga 28 Mei 2013

Proyek : Peningkatan Kapasitas Jurnal Online Berbasis Komunitas AKUMASSA.ORG dan Pengembangan Kerja Komunitas Pemantauan Media Oleh Komunitas di Tingkat Lokal

1. Pembelajaran

Silahkan tuliskan pembelajaran, acara-acara yang anda buat/ alami yang dapat membuat perubahan dalam satu tahun kedepan sebagai hasil dari upaya upaya yang anda buat dibawah hibah yang anda terima, perubahan-perubahan yang anda percaya dapat membatu organisasi/ komunitas anda mencapai tujuan-tujuannya dan/ atau kesulitan dan tantangan yang tidak anda perkirakan yang anda temukan dalam periode pelaporan hibah ini.

  • Selama 12 bulan aktivitas Peningkatan Kapasitas Jurnal Online AKUMASSA.ORG dan Pemantauan Media oleh Komunitas Tingkat Lokal secara organisasi AKUMASSA.ORG (Forum Lenteng) mendapatkan pengalaman tentang bagaimana melakukan pemantauan media di tingkat lokal. Dalam hal ini aktivitas-aktivitas pemantauan oleh ‘perwakilan’ komunitas cukup memberikan gambaran secara umum bagaimana media-media lokal mengemas informasi dengan berbagai isu-isu lokal/nasional di dalamnya. Seperti yang dilakukan pada 6 bulan pertama apa yang ditemukan dari pemantauan ini memang sebagian besar masih ‘berpusat’.

  • Selama 12 bulan pemantauan, masing-masing komunitas (terdiri dari 10 komunitas), secara harian melaporkan perkembangan media lokal yang mereka pantau. Tim AKUMASSA.ORG merangkum perkembangan pemantauan tersebut dan mempublikasikannya di jurnal online akumassa.

  • Pelajaran yang menarik dari aktivitas pemantauan ini adalah bagaimana mendorong komunitas lokal secara ‘sukarela’ untuk melaporkan pemantauan media. Meski terasa mudah (karena sebagian besar komunitas yang terlibat dalam kegiatan pemantauan adalah komunitas jaringan AKUMASSA) namun, di beberapa daerah kami mengalami kesulitan, karena intensitas pemantau yang kurang maksimal. Dalam hal ini, perlu sebuah usaha yang lebih intens dari Tim AKUMASSA, untuk meyakinkan pentingnya program pemantauan media lokal ini.

  • Adanya sisa dana yang diajukan dalam program hibah ini membuat kami berinisiatif untuk menerbitkan buku hasil penelitian selama masa kerja 12 bulan tersebut. Buku hasil penelitian Rekam Media-AKUMASSA merupakan output dari Program Rekam Media, yang berisikan temuan dan hasil analisa data. Buku hasil penelitian ini adalah salah satu bentuk usaha AKUMASSA untuk membaca fenomena media massa lokal di Indonesia.

2. Aktivitas/ Isu yang Anda usung dan mencoba atasi

Berikut adalah aktivitas dan isu-isu yang anda masukkan pada permohonan hibah anda

  1. Stimulasi komunitas yang selama ini menjadi produser/distritbutor informasi di tingkat lokal menjadi jauh lebih aktif. Dengan peningkatan sumber daya untuk mendorong peningkatan produksi informasi dan peningkatan kunjungan dan pembaca website ini.

  2. Aksi pemantauan bermedia oleh masyarakat di luar jaringan dengan mendengar, dan menuliskan bagaimana media massa saat ini bekerja di daerah mereka sendiri, lalu diinformasikan ke masyarakat luas sebagai bagian dari mekanisme Pengenalan demokrasi ‘bermedia’ dengan etika, aturan dan tobjektifitas. Untuk menjadikan hidup berdemokrasi yang lebih baik, pemantauan yang diprakarsai oleh masyarakat sangat perlu dilakukan.

Aktifitas dan isu yang anda atasi:

  • Dalam mendorong peningkatan jumlah penulis tingkat lokal, telah terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Jumlah posting tulisan baru pada jurnal AKUMASSA adalah setiap satu tulsan setiap 3 hati yang sebelumnya setiap 5 hari.
  • Selain itu muncul beberapa penulis dari daerah-daerah yang sebelumnya bukan bagian dari program AKUMASSA, seperti Solok – Sumatera Barat, Sukabumi, Serpong, Yogyakarta, Aceh dan Jember. Penulis-penulis ini adalah para penulis yang sebelumnya aktif menulis di blog dan punya aktifitas ‘media’ di daerahnya. Sebagian besar punya minat yang sangat besar untuk menjadi bagian dari AKUMASSA.ORG.
  • Komunitas lokal ini membaca, secara kritis, sajian berita di media massa lokal tempat komunitas itu berada, lalu menghitung jumlah masing-masing isu yang tersaji setiap harinya (teknik sensus). Hasil hitungan ini dimasukkan ke dalam sebuah rangkuman tabel, yang kemudian disebut sebagai “tabel frekuensi isu”. Setelah satu minggu, si pemantau dari komunitas kemudian membuat sebuah tulisan, minimal 300 kata, yang isinya merupakan rangkuman, analisis, dan pandangan mereka terhadap sajian berita media massa tersebut. Hasil laporan ini, yang kemudian disebut sebagai “laporan naratif mingguan”, dimuat ke dalam website http://rekammedia.akumassa.org. yang akan diterbitkan dalam bentuk buku hasil penelitian pemantauan media akumassa.
  • Terdapat dua kota yang dibatalkan kegiatan pemantauannya, yaitu Yogyakarta - DIY Yogyakarta dan Padangpanjang - Sumatera Barat. Hal ini dilakukan karena terjadi inkonsistensi terhadap kinerja pemantauan pada bulan-bulan pertama dilangsungkannya kegiatan Rekam Media ini. Berhubung kami melihat ketidakseriusan itu terjadi sejak awal, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan lebih jauh, terpaksa kegiatan pemantauan media di ke dua kota itu dibatalkan. Sebagai konsekuensinya, kami menarik kembali fasilitas yang sebelumnya telah diberikan, yaitu laptop dan modem.
  • Peluncuran buku hasil penelitian Rekam Media-AKUMASSA ini memiliki tujuan untuk mempresentasikan hasil penelitian ke hadapan publik serta untuk mendapatkan tanggapan kritis, baik dari publik mapun dari kalangan ahli yang memiliki perhatian yang sama dengan AKUMASSA, yakni pemberdayaan masyarakat dan media. Hasil dari kegiatan ini ialah munculnya tanggapan publik, khususnya dari pihak ahli atau aktivis yang memiliki perhatian terhadap isu media, secara positif. Diskusi yang berlangsung selama acara peluncuran buku terlaksana secara sehat, dan muncul banyak saran dan kritik yang membangun, baik bagi AKUMASSA maupun bagi keberlanjutan program pemberdayaan media ke depannya.

3. Indikator sukses anda dalam permohonan hibah

Munculnya inisiatif-inisiatif dari kelompok masyarakat di berbagai daerah dalam memproduksi informasi (pengetahuan) dan mendistribusikannya secara terbuka sebagai bagian dari pembelajaran bersama tentang persoalan-persoalan lokal.

  1. Terjadi peningkatan jumlah pengunjung dan pembaca jurnal www.akumassa.org yang selama ini 700 pengunjung per hari menjadi lebih dari 1500 pengunjung per hari.
  2. Terjadi peningkatan jumlah konten-konten lokal yang didistribusikan di www.akumassa.org dengan variasi dan sumber informasi yang meningkat pula. Bertambahnya jumlah para kontributor www.akumassa.org dengan jangkauan daerah yang lebih luas, yang sebelumnya hanya mencakup 10 kota (Jakarta, Ciputat, Padangpanjang, Rangkasbitung, Serang, Surabaya, Blora, dan Pemenang. Dengan tambahahan; Tasikmalaya, Sukabumi, Depok, Serpong, Yogyakarta, Jember, Aceh, Solok, baik dari komunitas yang selama ini bekerjasama dengan AKUMASSA.ORG maupun diluar itu.
  3. Terkumpulnya berbagai informasi tentang aktifitas ‘bermedia’ di tingkat lokal yang merupakan bagian dari kerja pemantauan media yang dilakukan komunitas dan didistribusikan ke publik melalui www.akumassa.org
  4. Makin banyak individu/kelompok/komunitas/masyarakat yang berinisiatif untuk memproduksi informasi di tingkat lokal dan mendistribusikan secara mandiri melalui media online dan media lainnya.
  5. Terjadinya sebuah kerjasama media komunitas dalam bertukar informasi tentang persoalan-persoalan lokal.

Hasil aktual hingga laporan ini dibuat:

  • Hingga akhir Desember 2012 tercatat sebagai berikut; 32.077 pengunjung unik, 55.062 kunjungan, 1.990.151 hits, 280 jumlah tulisan dan 134 komentar. Website ini memiliki statistik tersendiri di luar www.akumassa.org dengan alamat http://rekammedia.akumassa.org
  • Jumlah tulisan dari kontributor lokal menjadi meningkat. Sebelumnya hanya 5 tulisan per bulan, saat ini lebih dari 10 tulisan per bulan.
  • Jumlah penulis AKUMASSA mengalami peningkatan yang cukup signifikan; muncul penulis-penulis dari berbagai daerah seperti; Yogyakarta, Aceh, Jember, Sukabumi, Depok, Surabaya, Padang Panjang, Lombok Utara, Ciputat Tangerang Selatan, Serpong Tangerang Selatan, Tasikmalaya, dan lain-lain. Sebagian besar dari kontributor tersebut adalah penulis-penulis baru di AKUMASSA.ORG.
  • Hingga saat ini telah terkumpul data pemantauan harian selama 12 bulan tentang aktivitas aktivitas bermedia di 10 lokasi program. Terhitung sejak Pebruari 2012 hingga Desember 2012 telah terkumpul data sebanyak 25.256 total artikel, yang terbagi dalam: 2053 artikel dari Aceh, 1688 artikel dari Ciputat, 7010 artikel dari Depok, 4711 artikel dari Jakarta, 1201 artikel dari Jember, 3456 artikel dari Lebak, 4646 artikel dari Lombok, 2491 artikel dari Surabaya.
  • Ada inisiatif dari beberapa komunitas yang membangun medianya sendiri.
  • Antar komunitas saling tukar informasi tentang aktivitas bermedia. Terjadi kerjasama antar komunitas; seperti melakukan sharing informasi; memuat berbagai konten lokal di media masing-masing. Seperti Komunitas Djuanda memuat informasi dan konten dari Komunitas Kinetik di Surabaya di www.galeritangsel.com. Juga terjadi kerjasma aktivitas di berbagai komunitas, seperti melakukan presentasi media audiovisual di masing-masing lokasi dengan konten dari berbagai jaringan AKUMASSA.
  • Acara peluncuran buku hasil penelitian Rekam Media-AKUMASSA dilaksanakan pada Hari Senin, tanggal 29 April 2013, di Ford Foundation, Sequis Center, Lantai 11, Jakarta. Acara ini mengundang para tamu, yakni lembaga-lembaga, baik formal maupun non formal, yang memiliki kaitan dengan kerja media (NGO atau LSM, organisasi pemantau media, pers, dan komunitas), serta institusi-institusi dari wilayah akademik, yakni universitas. Dalam kegiatan itu, diadakan presentasi hasil penelitian Rekam Media oleh Manshur Zikri, Otty Widasari dan Lulus Gita Samudra (AKUMASSA), dan presentasi tanggapan dari Imam Shofwan (Yayasan Pantau). Setelah sesi presentasi, dilakukan diskusi terbuka yang melibatkan para peserta acara untuk menaggapi presentasi dari para pembicara atau buku hasil penelitian Rekam Media-AKUMASSA tersebut. Buku hasil penelitian Rekam Media-AKUMASSA, diberi judul “Kajian terhadap Sajian Informasi Media Massa Lokal melalui Lima Kategori Isu (Good Governance, Hak Asasi Manusia, Perempuan dan/atau Anak, Kriminalitas, dan Lingkungan Hidup) dari Perspektif AKUMASSA” itu dicetak terbatas sebanyak 100 eksemplar, dengan ukuran B5 dan berjumlah 206 halaman (termasuk sampul), dan dibagikan secara gratis kepada para tamu undangan yang hadir.
  • Setelah penyelenggaraan acara peluncuran buku tersebut, AKUMASSA kemudian mendistribusikan buku hasil penelitian Rekam Media-AKUMASSA ke beberapa jaringan AKUMASSA, yakni Komunitas Saidjah Forum di Lebak, Banten, Komunitas Djuanda di Ciputat, Tangerang Selatan, Suburbia di Depok, Jawa Barat, Komunitas Kinetik di Surabaya, Jawa Timur, Komunitas Pasir Putih di Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Maina Sari di Aceh Besar, NAD, da Komunitas Tikungan di Jember, Jawa Timur. Distribusi buku ini akan terus diperluas seiring dengan agenda Forum Lenteng terkait dengan program distribusi buku pada program Buku Untuk Semua. Catatan dokumentasi dari kegiatan peluncuran buku hasil penelitian Rekam Media-AKUMASSA ditulis oleh Lulus Gita Samudra, dan dimuat di website AKUMASSA, akumassa.org, dengan tautan sebagai berikut: http://akumassa.org/kontribusi/dki-jakarta/peluncuran-buku-hasil-penelitain-rekam-media/, tanggal 30 April 2013.

4. Tujuan dan Sasaran

Silahkan anda jelaskan apa yang telah anda berhasil peroleh dengan hibah ini yang berkaitan dengan tujuan yang lebih besar yang anda harapkan dapat anda capai Sasaran-sasaran yang diharapkan dapat dicapai:

  1. Meningkatkan fasilitas pelayanan www.akumassa.org berupa perbaikan tampilan, penambahan kapasitas server (hosting), penambahan aplikasi konten, dan website system, sehingga diharapkan terjadi peningkatan jumlah pembaca (saat ini www.akumassa.org dibaca oleh 700 pembaca per hari dilihat dari catatan unique visitor website www.akumassa.org) hingga mencapai 1500 pembaca per hari.
  2. Meningkatkan jumlah penulis dan pelaku bermedia yang aktif di komunitas (dari 9 lokasi program dan 13 lokasi diluar program) menjadi dua kali lipat jumlahnya (kontributor/penulis) saat program ini berjalan.
  3. Meningkatkan kemampuan bermedia dalam memproduksi konten lokal para kontributor/penulis dari komunitas, serta mendorong mereka untuk menjadikan potensi tersebut dalam merekam/me-monitoring terhadap media massa (terutama media cetak/elektronik yang terjangkau di wilayahnya masing-masing) dengan acuan pada objektifitas informasi, independensi, etika/moral, dan aturan hukum yang berlaku serta budaya masyarakat setempat.
  4. Menjadikan www.akumassa.org ruang informasi dan pengetahuan yang terbuka (Open Source), dapat didistribusikan ulang semua lapisan masyarakat, diharapkan muncul inisiatif oleh komunitas, kelompok, dan masyarakat, untuk mereplikasi dan memodifikasi aktifitas ini, untuk Indonesia bermedia yang lebih baik.
  5. Melakukan proyek AKUMASSA.ORG dengan pelaporan yang baik, transparasi penggunaan dana ke publik dan sistem administrasi profesional terpusat.

Tujuan yang berhasil dicapai hingga saat ini:

  • Perbaikan tampilan www.akumassa.org sudah tercapai. Penambahan server sudah dilakukan. Penambahan aplikasi konten juga sudah dilakukan (radio akumassa dan pemantauan media). Hingga saat ini pengunjung akumassa menjacapai 1500 pengunjung per hari yang sebelumnya 1000 pengunjung.
  • Sudah terjadi peningkatan jumlah penulis. Yang sebelumnya ada 131 penulis bertambah 20 penulis aktif baru.
  • Banyak produksi konten dari berbagai daerah. Dan juga terjadi pelaporan pemantauan secara reguler ditambah dengan laporan mingguan dari 10 lokasi pemantauan.
  • Di beberapa lokasi, komunitas mulai mengembangkan media mereka sendiri berupa blog, dan membangun kerjasama dengan berbagai pihak dalam pengembangan bermedia yang sehat. Di beberapa daerah, seperti daerah Pemenang Lombok Utara, Komunitas Pasir Putih bahkan mendapat dukungan dari pemerintah daerah untuk membangun media center. Begitu juga yang terjadi di Padang Panjang.
  • Pelaporan yang transparan sedang dilakukan oleh AKUMASSA.ORG. Ini dapat dilihat posting dan dokumentasi kegiatan di wikimedia
  • Buku hasil penelitian telah diterbitkan, diluncurkan beserta acara diskusi dan didistribusikan ke komunitas lokal akumassa.

5. Tantangan/ masalah organisasi/ pengelolaan yang dihadapi

Tolong jabarkan perubahan perubahan signifikan yang organisasi anda dapatkan yang memiliki dampak pada pekerjaan anda pada periode pelaporan yang anda lakukan untuk saat ini. Masukkan secara deskriptif bagaimana anda menangani perubahan perubahan tersebut dan bagaimana perencanaan anda berubah sebagai hasilnya.

Tidak ada perubahan signifikan dari pekerjaan yang kami lakukan, karena secara organisasi Forum Lenteng telah menyiapkan program ini jauh-jauh hari.

Isu-isu manajemen atau organisasi apakah yang anda hadapi pada saat anda menuliskan laporan ini (apakah ada perubahan signifikan pada komposisi staf/ dewan atau anggota tim anda. Apakah ada faktor-faktor lain yang dapat membatasi kemampuan organisasi/ komunitas anda untuk mengumpulkan data dan menerjemahkan data data keuangan atau aktifitas yang terkait dengan program dalam tujuan awal). Bila mungkin juga tuliskan dan tekankan kebutuhan yang belum terpenuhi/ teridentifikasi sebelumnya dalam menangani penguatan organisasi/ komunitas anda:

Tidak ada perubahan komposisi tim kerja AKUMASSA.ORG

6. Keberagaman

Silahkan ditulis perubahan perubahan yang berpengaruh dalam keberagaman (contohnya apabila anggota komunitas, dewan, atau komposisi staf anda mulai beragam dari sisi jenis kelaminnya, suku, pendidikan, umur, budaya, agama, latar belakang asal lokasinya, bahasanya, dan lain sebagainya) dalam periode pelaporan ini. Apabila organisasi/ komunitas anda mengalami tantangan keberagaman, silahkan tuliskan juga pendapat anda:

Tidak ada perubahan. Komposisi gender adalah 60 % pria dan 40% wanita.

7. Laporan keuangan

Silahkan masukkan pranala laporan keuangan anda disini:

http://ciptamedia.org/wiki/Templat:Akumassa-Termin2%7CLaporan

8. Pengesahan

Saya, sebagai penandatangan, menyatakan bahwa saya adalah individu yang berwenang untuk menyerahkan laporan ini atas nama komunitas/ organisasi saya sesuai dengan persyaratan yang dicantumkan pada Perjanjian Hibah Cipta Media Bersama yang telah ditandatangani sebelumnya dan seluruh dana yang dibelanjakan telah dibelanjakan sesuai dengan tujuan-tujuan yang tercantum dalam permohonan hibah.

Tertanda: Lokasi dan tanggal:

Jakarta, 28 Mei 2013

Otty Widasari

Tags: