Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

AJI Banda Aceh - Laporan Narasi Pertanggung Jawaban Hibah Termin I



Laporan Narasi Pertanggung Jawaban Hibah

Aliansi Jurnalis Independen Banda Aceh

untuk

Aliansi Jurnalis Independen

Penerima hibah : Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh

Periode Laporan : Februari 2012 hingga Mei 2012

Proyek : Mendorong Media Sehat dalam Pemberitaan Syariat Islam di Aceh

1. Pembelajaran

Silahkan tuliskan pembelajaran, acara-acara yang anda buat/ alami yang dapat membuat perubahan dalam satu tahun kedepan sebagai hasil dari upaya upaya yang anda buat dibawah hibah yang anda terima, perubahan-perubahan yang anda percaya dapat membatu organisasi/ komunitas anda mencapai tujuan-tujuannya dan/ atau kesulitan dan tantangan yang tidak anda perkirakan yang anda temukan dalam periode pelaporan hibah ini.

Selama 4 (empat ) bulan mendapatkan pengalaman tentang pemantauan pemberitaan Syariat Islam. Banyak hal yang diperoleh selama pemantauan berlangsung:

  • Dalam hal pemantauan, tim pendata atau koder banyak mendapat pelajaran. Hal ini sebagai pembelajaran yang sangat berharga. Pendataan pemberitaan banyak mendapat masukan dan diskusi panjang. Banyak hal yang harus diperdebatkan dalam mendata pemberitaan syariat Islam.

  • Tim pemantau terutatama pendata atau koder mesti belajar banyak mengisi kisi-kisi pemantauan.

  • Pelajaran yang menarik dari aktifitas pemantauan ini adalah bagaimana memantau sesuai dengan sudut pandang yang tajam. Kaum terpinggirkan seperti perempuan dan anak-anak menjadi fokus pemantauan.

  • Masyarakat juga menaruh harapan pada upaya AJI Banda Aceh memantau pemberitaan terutama soal syariat Islam yang masih belum berimbang dan mengabaikan Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

  • Masyarakat juga mulai mengikuti proses pemantauan pemberitaan Islam terutama melalui akun jejaring sosial seperti twitter dan facebook.

2. Aktivitas/ Isu yang Anda usung dan mencoba atasi

Berikut adalah aktivitas dan isu-isu yang anda masukkan pada permohonan hibah anda:

  1. Mendorong peningkatan kapasitas jurnalis lokal di Aceh dalam mewartakan Syariat Islam yang tidak menghakimi dan menghormati keberimbangan dan memihak korban.

  2. Mendorong meningkatkan kesadaran masyarakat atau publik menggunakan haknya untuk mendukung terciptanya media yang berpihak pada publik.

  3. Kepedulian jurnalis terutama anggota AJI Banda Aceh untuk terus meningkatkan kapasitasnya dalam meliput dan mewartakan syariat Islam.

3. Indikator sukses anda dalam permohonan hibah

Indikator keberhasilan:

  • Adanya dukungan para stake holder khususnya yang berhubungan dengan syariat Islam.
  • Adanya kepedulian jurnalis yang bekerja di media lokal untuk membuka persoalan liputan kasus pemberitaan syariat Islam yang selama ini dikendalikan redakturnya dari luar Aceh.

  • Terjadinya jumlah follower akun twitter AJI Banda Aceh setiap bulan. Jika bulan pertama (Februari 2012) sebanyak 100 menjadi 378 per 6 Agustus 2012.

  • Terjadinya respon atau tanggapan dari para pengelola media terhadap aktivitas pemantauan pemberitaan Syariat Islam.

Hasil aktual hingga laporan ini dibuat

  • Jumlah pemberitaan syariat Islam menurun. Demikian juga dengan jumlah pelanggaran terhadap peliputan dan pemberitaan Syariat Islam. Jika pada pemantauan pertama atau Februari 2012 jumlah berita yang berhubungan dengan syariat Islam mencapai 70 (tujuh puluh) berita sebulan dari 18 media yang dipantau. Pada Maret hingga Juni 2012 hanya 88 berita dalam kurun waktu empat bulan.

  • Beberapa media utama di Aceh mulai lebih hati-hati meliput dan memberitakan syariat Islam. Jurnalis yang terlibat dalam FGD dan Workshop pemberitaan Syariat Islam tidak lagi sesukanya menulis korban dan pelaku secara gamblang.

  • Hasil pemantauan dipublikasikan melalui newsletter dan website ajibanda.org .

  • Tumbuhnya kesadaran jurnalis dalam meliput dan memberitakan syariat Islam.

  • Jurnalis makin peduli dan berusaha memperbaiki pola pemberitaan yang selama ini melanggar Kode Etik Jurnalistik.

  • Minat jurnalis atau wartawan di daerah untuk turut mengikuti pelatihan meliput dan mewartakan syariat Islam mulai tumbuh.

4. Tujuan dan Sasaran

Silahkan anda jelaskan apa yang telah anda berhasil peroleh dengan hibah ini yang berkaitan dengan tujuan yang lebih besar yang anda harapkan dapat anda capai.

  1. Meningkatnya kesadaran jurnalis untuk meliputan dan menyiarkan pemberitaan syariat Islam dengan menjunjung kode etik jurnalistik.

  2. Bertambahnya, minat jurnalis untuk turut serta dalam program pemantauan pemberitaan Syariat Islam.

Tujuan yang berhasil dicapai hingga saat ini

  • Pengadaan website ajibanda.org untuk menyebarkan informasi tentang program dan hasil pendataan pemberitaan syariat Islam.

  • Pengadaan kanal media sehat yang menjadi media tempat mempublikasikan hasil pemantauan pemberitaan syariat Islam.

5. Perubahan Lingkup Organisasi/Lingkungan Sekitar

Tolong jabarkan perubahan perubahan signifikan yang organisasi anda dapatkan yang memiliki dampak pada pekerjaan anda pada periode pelaporan yang anda lakukan untuk saat ini. Masukkan secara deskriptif bagaimana anda menangani perubahan perubahan tersebut dan bagaimana perencanaan anda berubah sebagai hasilnya.

Anggota AJI Banda Aceh, baik yang terlibat ataupun yang tidak terlibat langsung dalam program mulai waspada dan hati-hati dalam meliput dan memberitakan Syariat Islam agar terhindar dari sikap menzalimi korban.

Tantangan/ masalah organisasi/ pengelolaan yang dihadapi

Isu-isu manajemen atau organisasi apakah yang anda hadapi pada saat anda menuliskan laporan ini (apakah ada perubahan signifikan pada komposisi staf/ dewan atau anggota tim anda. Apakah ada faktor-faktor lain yang dapat membatasi kemampuan organisasi/ komunitas anda untuk mengumpulkan data dan menerjemahkan data data keuangan atau aktifitas yang terkait dengan program dalam tujuan awal). Bila mungkin juga tuliskan dan tekankan kebutuhan yang belum terpenuhi/ teridentifikasi sebelumnya dalam menangani penguatan organisasi/ komunitas anda

  • Tidak ada perubahan komposisi tim kerja Mendorong Media Sehat dalam Pemberitaan Syariat Islam di Aceh.

  • Perencanaan pengelolaan yang mengalami perubahan akibat perubahan kebutuhan

  • Fluktuasi media yang dipantau akibat keberadaan media mainstream di Aceh yang buka tutup.

  • Kemampuan personil dalam pendataan dan penggunaan software SPS belum maksimal

  • Pendataan yang simultan akibat pihak yang terlibat adalah para jurnalis aktif

  • Belum tersedianya tim penulis/ analisis media yang berpengalaman dan memiliki jam terbang yang tinggi.

6. Keberagaman

Silahkan ditulis perubahan perubahan yang berpengaruh dalam keberagaman (contohnya apabila anggota komunitas, dewan, atau komposisi staf anda mulai beragam dari sisi jenis kelaminnya, suku, pendidikan, umur, budaya, agama, latar belakang asal lokasinya, bahasanya, dan lain sebagainya) dalam periode pelaporan ini. Apabila organisasi/ komunitas anda mengalami tantangan keberagaman, silahkan tuliskan juga pendapat anda.

  • Tidak ada perubahan. Komposisi gender adalah 60 % pria dan 40% wanita.

  • Menempatkan analis dari luart AJI Banda Aceh sebagai bentuk keterbukaan organisasi bagi kesempurnaan program.

  • Masih sedikitnya pelibatan perempuan karena keterbatasan jurnalis perempuan di AJI Banda Aceh dan Aceh secara umum.

  • Pelibatan nonmuslim khususnya analisis foto dalam penulisan newsletter edisi kedua.

7. Laporan keuangan

Silahkan masukkan pranala laporan keuangan anda disini

http://www.ciptamedia.org/wiki/AJI_Banda_Aceh/Laporan_Penggunaan_Dana

8. Pengesahan

Saya, sebagai penandatangan, menyatakan bahwa saya adalah individu yang berwenang untuk menyerahkan laporan ini atas nama komunitas/ organisasi saya sesuai dengan persyaratan yang dicantumkan pada Perjanjian Hibah Cipta Media Bersama yang telah ditandatangani sebelumnya dan seluruh dana yang dibelanjakan telah dibelanjakan sesuai dengan tujuan-tujuan yang tercantum dalam permohonan hibah.

Tertanda: Lokasi dan tanggal:

Banda Aceh, 29 Juni 2012

Mukhtaruddin Yacob

Tags: