Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)
Beranda > Penerima Hibah CMB > AKUMASSA.ORG > Akumassa menunjukkan kematangan organisasi proyek

Akumassa menunjukkan kematangan organisasi proyek

Tujuan : Akumassa menunjukkan kematangan organisasi proyek

Lokasi : Jakarta

Alamat : Kantor Forlen, Forum Lenteng

Jam : 10:00-16:00

Oleh : Idaman Andarmosoko

Hadir :

  • Fikri
  • Andang
  • Hafiz
  • Ageung Komala

Organisasional :

  • Secara organisasi, Akumassa menunjukkan kematangan organisasi proyek ini, tercermin dari adanya pembagian wewenang yang jelas, dan ada team kerja yang jelas

Pelaksanaan pencapaian :

  • Pelaksanaan pemantauan cukup berjalan dari 10 pemantau hanya dua pemantau yang mengalami kelambatan. Data data pemantauan telah diolah dan diunggah di website.

Konsultasi dan Rekomendasi :

Konsultasi pengolahan data pemantauan

  • Data pemantauan media dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif, beberapa data kualitatif disediakan secara visual melalui grafis statistik dan deskripsi sederhana dari statistik tersebut.
  • Konsultasi membahas bagaimana mengolah data pemantauan ini, antara lain dari segi agregasi data antar daerah, dan mengacukan pengolahan kepada sasaran pemantauan.

Konsultasi sasaran pemantauan

Konsultasi membahas kembali secara kritis tentang sasaran sasaran pemantauan media. Dalam sasaran pemantauan terdapat unsur analisa isi media lokal, dan unsur perspektif lokal. Namun demikian rancangan pemantauan tidak cukup memberikan metodologi tentang unsur perspektif lokal. Konsultasi membahas tentang keterbatasan dan kemungkinan perspektif lokal dan menyarankan AKUMASSA untuk menggali lagi dan melakukan penataan pada rancangan pemantauan pada unsur perspektif lokal

Konsultasi FGD

Aku Massa berencana menyelenggarakan pertemuan (FGD) membahas hasil pemantauan selama ini. Lewat konsultasi disarankan bahwa FGD ini diarahkan pada mempresentasikan hasil pengolahan data (analisis) pemantauan dan mendapatkan masukan dari para pakar di bidang ini. Juga FGD ini disarankan untuk membahas bersama pemantau tentang rancangan mencari data perspektif komunitas.