Anda berada di mode pratinjau.
| |

JRKL - Laporan Narasi Pertanggung Jawaban Hibah Termin II



LAPORAN DALAM PENINJAUAN PER 14 FEBRUARI 2013

Jaringan Radio Komunitas Lampung

Wikimedia Indonesia

Instruksi untuk mengisi laporan penerimaan hibah

Wikimedia Indonesia mengharuskan seluruh penerima hibah melaporkan kegiatan mereka dalam bentuk laporan naratif dan laporan keuangan berdasarkan Perjanjian Penerima Hibah Cipta Media Bersama yang telah disepakati kedua belah pihak. Laporan naratif disarankan dalam bentuk lima hingga tujuh halaman.

Laporan dapat dikirimkan melalui surel atau dokumen asli

Penerima hibah : RIFKY INDRAWAN UNTUK JARINGAN RADIO KOMUNITAS LAMPUNG

Periode Laporan : 17 November 2012 hingga 10 Maret 2013

Proyek : Ibu Rumah Tangga Perdesaan “Melek” Media untuk Peningkatan Partisipasi Perempuan dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi

1. Pembelajaran

Silahkan tuliskan pembelajaran, acara-acara yang anda buat/ alami yang dapat membuat perubahan dalam satu tahun kedepan sebagai hasil dari upaya upaya yang anda buat dibawah hibah yang anda terima, perubahan-perubahan yang anda percaya dapat membatu organisasi/ komunitas anda mencapai tujuan-tujuannya dan/ atau kesulitan dan tantangan yang tidak anda perkirakan yang anda temukan dalam periode pelaporan hibah ini.

«Permintaan pembelajaran untuk diisi kembali sesuai waktu laporan yaitu 17 November 2012 - 10 Maret 2013»

2. Aktivitas/ Isu yang Anda usung dan mencoba atasi

Berikut adalah aktivitas dan isu-isu yang anda masukkan pada permohonan hibah anda:

  • Dampak negatif tayangan TV terhadap anggota keluarga dan ketiadaan pengetahuan dan sarana untuk memantau dan mengkritisi tayangan TV bagi ibu rumah tangga di Lampung.
  • Ketiadaan Forum Pemantau Media oleh masyarakat pedesaan dan Pemerintah Desa di Lampung.
  • Ketiadaan fasilitas dalam menerima keluhan dan protes masyarakat desa terhadap tayangan TV dan kritik terhadap media oleh Pemerintah desa Lampung sehingga partisipasi masyarakat desa –desa di Lampung untuk hal ini rendah.
  • Ketiadaan Lembaga Penyiaran di Lampung yang mengkampanyekan hak masyarakat dalam memantau dan mengkritisi media.
  • Ketiadaaannya pemantauan dan pengawasan lembaga penyiaran dan program siaran wilayah pedesaan oleh KPID dan KPI, sehingga dibutuhkan partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan dan laporan.
  • Ketidak mampuan lembaga penyiaran TV belum mampu menyerap kritik dan saran masyarakat perdesaan atas tayangan yang disiarkannya.

    Aktifitas dan isu yang anda atasi:

    1. Untuk isu “Dampak negatif tayangan TV terhadap anggota keluarga dan ketiadaan pengetahuan dan sarana untuk memantau dan mengkritisi tayangan TV bagi ibu rumah tangga di Lampung”, JRKL melakukan : masukkan jawaban dalam durasi laporan kedua, apabila tidak ada aktivitas menyangkut hal ini pada durasi ini; nyatakan “TIDAK ADA”
    2. Untuk isu “Ketiadaan Forum Pemantau Media oleh masyarakat pedesaan dan Pemerintah Desa di Lampung”, JRKL melakukan : : masukkan jawaban dalam durasi laporan kedua, apabila tidak ada aktivitas menyangkut hal ini pada durasi ini; nyatakan “TIDAK ADA”
    3. Untuk isu “Ketiadaan fasilitas dalam menerima keluhan dan protes masyarakat desa terhadap tayangan TV dan kritik terhadap media oleh Pemerintah desa Lampung sehingga partisipasi masyarakat desa –desa di Lampung untuk hal ini rendah” dan “Ketiadaan Lembaga Penyiaran di Lampung yang mengkampanyekan hak masyarakat dalam memantau dan mengkritisi media”, JRKL melakukan : : masukkan jawaban dalam durasi laporan kedua, apabila tidak ada aktivitas menyangkut hal ini pada durasi ini; nyatakan “TIDAK ADA”
    4. Untuk isu “Ketiadaaannya pemantauan dan pengawasan lembaga penyiaran dan program siaran wilayah pedesaan oleh KPID dan KPI, sehingga dibutuhkan partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan dan laporan”, JRKL melakukan : : masukkan jawaban dalam durasi laporan kedua, apabila tidak ada aktivitas menyangkut hal ini pada durasi ini; nyatakan “TIDAK ADA”
    5. Untuk isu “Ketidak mampuan lembaga penyiaran TV belum mampu menyerap kritik dan saran masyarakat perdesaan atas tayangan yang disiarkannya”, JRKL melakukan :: masukkan jawaban dalam durasi laporan kedua, apabila tidak ada aktivitas menyangkut hal ini pada durasi ini; nyatakan “TIDAK ADA”

3. Indikator sukses anda dalam permohonan hibah

  • 500an ibu rumah tangga perdesaan menggunakan haknya untuk mengkritisi dan memantau tayangan TV.
  • Tersusun standar kelayakan tayangan TV berdasarkan sistem nilai lokal desa.
  • Masyarakat desa, rakom dan pemerintah desa terlibat bersama ibu rumah tangga perdesaan dalam mengkampanyekan hak masyarakat atas tayangan TV yang berkualitas dan perbaikan media.
  • Forum Pemantau Media menjadi mitra KPID, KPI dan lembaga penyiaran TV dalam memperbaiki kualitas tayangan TV.
  • Tersedia film dokumenter dan modul kerja pemantauan dan pengkritisan tayangan TV dapat direplikasi oleh masyarakat di tempat lain.
  • Diberlakukannya jam belajar desa sebagai media untuk mematikan TV selama 1 jam.

    Indikator keberhasilan:

  • Tersedianya rekam proses literasi tayangan TV yang disampaikan melalui rakom.
  • Tersedianya program siaran rakom khusus bagi ibu rumah tangga perdesaan.
  • Adanya 1 jam khusus mematikan TV di perdesaan.
  • Ada pelaporan terhadap tayangan TV kepada KPID dan KPI oleh Forum Pemantau Media.
  • Ada Forum Pemantau Media (multi stakeholder) yang melakukan kerja pemantauan dan pengkritisan tayangan TV di perdesaan. Tersedia modul pemantauan dan pengkritisan tayangan TV berdasarkan nilai lokal perdesaan untuk digunakan masyarakat.

    Hasil aktual hingga laporan ini dibuat:

  • Terselenggara 8 kali Diskusi Terarah untuk Pemantauan dan Pengkritisan Tayangan TV di 2 desa yang melibatkan 100 orang ibu rumah tangga perdesaan.
  • Terselenggara 10 kali Siaran Literasi dan Pelolaan Informasi Lokal di 2 radio komunitas.
  • Terselenggara 4 kali sosialisasi tayangan TV sehat di 4 sekolah yang melibatkan 80 siswa.
  • Terselenggara 4 kali sosialisasi tayangan TV sehat di 4 kelompok masyarakat (petani, Komite Sekolah, ibu-ibu pengajian dan anggota SHK Lestari) yang melibatkan 100 orang.
  • Terselenggara 8 kali diskusi kelompok Pantau TV (4 di Pantau TV Padang Cermin dan 4 di Pantau TV Krui).

4. Tujuan dan Sasaran

Silahkan anda jelaskan apa yang telah anda berhasil peroleh dengan hibah ini yang berkaitan dengan tujuan yang lebih besar yang anda harapkan dapat anda capai

Sasaran-sasaran yang diharapkan dapat dicapai:

A. Terlibatnya ibu rumah tangga dalam kelompok pemantau tayangan TV berbasis “dasa wisma” dalam pemantauan dan pengkritisan tayangan TV.

B. Terwadahinya keterlibatan ibu rumah tangga perdesaan, radio komunitas (rakom), masyarakat desa, Pemerintah Desa, Lembaga penyiaran TV dalam Forum Pemantau Media dalam mengkampanyekan hak masyarakat atas tayangan TV yang berkualitas dan perbaikan media yang bersinergi dengan kelompok pemantau tayangan TV di tempat lain (nasional).

C. Tersedianya ruang bagi ibu rumah tangga perdesaan dan Forum Pemantau Media dalam memantau dan mengkritisi tayangan TV, kampanye hak masyarakat terhadap tayangan TV yang berkualitas di Pedesaan.

D. Tersampaikannya hasil pemantauan dan pengkritisan tayangan TV yang dilakukan ibu rumah tangga perdesaan dan Forum Pemantau Media kepada KPID dan KPI dalam melakukan pengawasan lembaga penyiaran serta kepada Lembaga Penyiaran TV sebagai referensi perbaikan kualitas tayangan TV.

E. Terdokumentasikan kerja pemantauan dan pengkritisan tayangan TV oleh ibu rumah tangga perdesaan dan Forum Pemantau Media sebagai bahan refresensi pengaplikasian kerja pemantauan tayangan TV di lokasi lain.

F. Terealisasikannya 1 jam mematikan TV sebagai jam belajar desa menjadi kebijakan Pemerintah Desa.

Tujuan yang berhasil dicapai hingga saat ini:

Masukkan jawaban dalam durasi laporan kedua, apabila tidak ada aktivitas menyangkut hal ini pada durasi ini; nyatakan “TIDAK ADA”

5. Perubahan Lingkup Organisasi/ Lingkungan Sekitar

Tolong jabarkan perubahan perubahan signifikan yang organisasi anda dapatkan yang memiliki dampak pada pekerjaan anda pada periode pelaporan yang anda lakukan untuk saat ini. Masukkan secara deskriptif bagaimana anda menangani perubahan perubahan tersebut dan bagaimana perencanaan anda berubah sebagai hasilnya.

X

Tantangan/ masalah organisasi/ pengelolaan yang dihadapi

Isu-isu manajemen atau organisasi apakah yang anda hadapi pada saat anda menuliskan laporan ini (apakah ada perubahan signifikan pada komposisi staf/ dewan atau anggota tim anda. Apakah ada faktor-faktor lain yang dapat membatasi kemampuan organisasi/ komunitas anda untuk mengumpulkan data dan menerjemahkan data data keuangan atau aktifitas yang terkait dengan program dalam tujuan awal). Bila mungkin juga tuliskan dan tekankan kebutuhan yang belum terpenuhi/ teridentifikasi sebelumnya dalam menangani penguatan organisasi/ komunitas anda.

X

6. Keberagaman

Silahkan ditulis perubahan perubahan yang berpengaruh dalam keberagaman (contohnya apabila anggota komunitas, dewan, atau komposisi staf anda mulai beragam dari sisi jenis kelaminnya, suku, pendidikan, umur, budaya, agama, latar belakang asal lokasinya, bahasanya, dan lain sebagainya) dalam periode pelaporan ini. Apabila organisasi/ komunitas anda mengalami tantangan keberagaman, silahkan tuliskan juga pendapat anda.

Proyek ini dipengaruhi : X

7. Laporan keuangan

Silahkan masukkan pranala laporan keuangan anda disini

http://ciptamedia.org/wiki/Templat:JRKL-Termin2

8. Pengesahan

Saya, sebagai penandatangan, menyatakan bahwa saya adalah individu yang berwenang untuk menyerahkan laporan ini atas nama komunitas/ organisasi saya sesuai dengan persyaratan yang dicantumkan pada Perjanjian Hibah Cipta Media Bersama yang telah ditandatangani sebelumnya dan seluruh dana yang dibelanjakan telah dibelanjakan sesuai dengan tujuan-tujuan yang tercantum dalam permohonan hibah.

Tertanda: Lokasi dan tanggal:

XXXXX

Tags:



February 2013 | CC BY-SA 3.0