Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)
Cipta Media

Laporan Aktivitas Yang Liar Memberi Harapan

Oleh: Bakudapan Food Study Group

Focus Group Discussion Ibu-ibu Dusun Sorowajan Baru

Tanggal 07 Dec 2018
Ibu-ibu sedang mengisi kuisioner tentang pengetahuan pangan liar
Ibu-ibu saling membantu temannya yang bingung menjawab kuisioner
Jam 16:00-19:00
Lokasi Rumah ibu Rambat
Alamat Dusun Sorowajan Baru, Banguntapan, Kab.Bantul, D.I.Yogyakarta
Daftar Hadir Suminah
Rustinah
Rumiyati
Wulan Utami
Lina Suwarni
Atik Rochayati
Suranti
F.B. Lasiyah
Weningsih
Tujuan Focus Group Discussion ini digunakan untuk menyamakan persepsi ibu-ibu mengenai peta meramban yang telah dilakukan secara partisipatoris bersama ibu-ibu yang aktif meramban. Dalam FGD ini, titik-titik seperti tempat bermain anak, wilayah hijau dan area resapan air hujan, serta titik masyarakat berkumpul ditentukan bersama berdasarkan referensi masing-masing ibu yang hadir dalam FGD. Tujuan lainnya adalah untuk mensosialisasikan tentang kegiatan penelitian dan juga mempertanggungjawabkan konten tulisan di dalam jurnal yang pada saat itu sudah 50%.
Ringkasan
Hasil Ibu-ibu yang sebelumnya jarang membicarakan persoalan pangan di sekitar wilayah mereka, pada kesempatan ini saling bercerita dan bertukar pengalaman mereka tentang potensi pangan liar yang tidak hanya dapat dikonsumsi sebagai kebutuhan pangan tapi juga bermanfaat sebagai obat-obatan. Mereka yang sebelumnya telah aktif meramban juga jadi semakin percaya diri dengan aktivitas yang mereka tekuni. Mereka berbagi pengetahuan dengan sesama perempuan tentang dimana pangan liar dapat dicari, bagaimana ia diolah dan diteruskan pengetahuannya ke anak cucu mereka.
Evaluasi Beberapa ibu-ibu ada yang harus membagi waktunya antara FGD dan menjaga anak atau menyiapkan makan untuk orang di rumah sehingga beberapa kuisioner justru diisi oleh temannya sehingga beberapa jawaban sifatnya konsesus. Evaluasi dari hal tersebut adalah melaksanakan FGD lebih personal dalam grup yang lebih kecil, tapi dalam waktu yang relatif lebih singkat.
Rekomendasi Rekomendasi saya adalah dengan melibatkan juga salah satu bapak-bapak yang mengerti wilayah dan lingkungan sekitar agar informasinya setara.