Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)
Cipta Media

Laporan Aktivitas Yang Liar Memberi Harapan

Oleh: Gloria Mario Virginia

Riset lapangan.

Tanggal 17 Aug 2018
Narasumber sepulang dari ladang, membawa umbi gadung.
Leunca salah satu tanaman pangan yang tumbuh di pekarangan
Jam 09.00 - 21.00
Lokasi Dusun Mendira, Jombang, Jawa Timur
Alamat Dusun Mendira,Jombang
Daftar Hadir Ibu Paini dan suami, Ibu Dwi dan suami, Ibu Lastri dan suami, Ibu Pri dan suami, Ibu Tri.
Tujuan Melakukan penelitian terhadap kelompok perempuan di Dusun Mendira yang masih melakukan praktik "ngeramban". Kegiatan selama di lapangan adalah mengikuti para narasumber ke hutan untuk ngeramban, hingga melihat proses pengolahan di dapur milik narasumber.
Ringkasan
Hasil Dari hasil riset saya menemukan bahwa keberlangsungan praktik ngeramban sudah ada sejak lama. Praktik ini memiliki banyak makna, seperti preservasi pengetahuan lokal masyarakat adat yang masih terjaga, dan juga sarat akan makna sosio kultural di dalamnya seperti upaya meneruskan pengetahuan antar generasi di Dusun Mendira.
Evaluasi Kedatangan penulis tepat di musim kemarau, sehingga menyulitkan untuk mendokumentasikan jenis-jenis tanaman liar yang tumbuh di Dusun Mendira.
Rekomendasi Pemahaman karakter masyarakat lokal beserta pengetahuan di dalamnya sangat penting dilakukan, seperti dengan studi literatur yang sebaiknya dilakukan sebelum mendatangi masyarakat. Sehingga nantinya pertanyaan penelitian dan hasil dapat berjalan sepadan.