Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)
Cipta Media

Laporan Aktivitas Merekam Ingatan Perempuan: Kumpulan Cerita Pendek

Oleh: Raisa Kamila

Ruhaeni Intan Workshop Pra-Riset

Tanggal 12 Jul 2018
Bersama Abdul Wahid, Dosen Sejarah UGM saat workshop hari pertama.
Jam 15:00 - 22:00 WIB
Lokasi Omah Ucok
Alamat Baratan RT 04 RW 14, Pakisaji, Candibinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
Daftar Hadir Ruhaeni Intan Hasanah, Raisa Kamila, Amanatia Junda, Margareth Ratih, Armadhany, Toety
Tujuan Workshop Pra-Riset dibuat untuk membekali anggota Perkawanan Perempuan Menulis mengadakan riset untuk keperluan menulis cerita pendek, baik itu berupa riset pustaka ataupun riset di lapangan dengan mewawancarai sejumlah narasumber. Selain itu, pada workshop ini kami juga dibekali pelatihan menulis dari sastrawan A.S Laksana. Di luar dua tujuan itu, saya beserta anggota lainnya juga mendiskusikan terkait bagaimana caranya menciptakan narasi berperspektif feminis dalam cerita yang akan kami tulis kelak. Kami mengadakan workshop selama empat hari. Ini adalah hari pertama. Materi pada hari itu adalah sejarah Indonesia modern dan perspektif sejarah dalam sastra.
Ringkasan
Hasil Saya jadi tahu sejarah Indonesia modern secara umum dari periode kemerdekaan hingga masa setelah reformasi. Selain itu, saya jadi tahu bagaimana caranya menulis fiksi sejarah, memadukan fakta dan fiksi.
Evaluasi Belum maksimal karena terbatas waktu.
Rekomendasi Perlu pembelajaran lebih lanjut terkait sejarah Indonesia modern dan bagaimana caranya memasukkan isu tersebut menjadi cerita fiksi yang kaya dan enak dibaca.