Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

355 - ASI di Tangan Anda


Nama Inisiator

Martha Rebecca

Organisasi

NA

Deskripsi Proyek

Saat ini, donor ASI bukanlah hal yang tabu lagi untuk diperbincangkan bahkan belakangan ini, kegiatan donor ASI semakin marak.
Aplikasi seluler ini bisa mempertemukan komunitas para Ibu ASI di seluruh Indonesia, baik dari para Ibu pendonor maupun para Ibu yang membutuhkan donor ASI bagi anak-anaknya. Namun aplikasi ini bukan hanya menjadi wadah untuk kegiatan donor ASI tapi juga menyediakan info-info yang dibutuhkan para ibu, baik sekitar info ASI tapi juga info sekitar kesehatan pada umumnya.

Tipe Konten

Tipe aplikasi seluler yang perlu disiapkan adalah aplikasi berbasis BlackBerry, Apple (iPhone), Android, Windows Phone, maupun J2ME (untuk mencakup para Ibu yang masih berada di daerah terpencil).
Adapun menu & fitur yang ada di dalam aplikasi ini adalah:
- Registrasi (sebagai database untuk aktivitas pengiriman ASI dari donor)
- Cari Donor ASI di sekitar Anda (menggunakan location based system dimana sang Ibu bisa mendeteksi donor ASI terdekat dari posisi Ibu)
- Permohonan ASI (mengirimkan permintaan ASI kepada donor terdekat dari lokasi Ibu yg meminta)
- Info kesehatan seputar ASI maupun seputar Ibu & Anak

Masalah yang Diangkat

Kegiatan donor ASI memang sudah bukan hal baru lagi jika hidup di dalam kota besar, namun pada masyarakat daerah masih belum tersosialisasikan dengan baik. Maka dengan adanya aplikasi ini, besar harapan agar kegiatan donor ASI ini bisa tersosialisasikan & terfasilitasi dengan baik ke seluruh Ibu di seluruh Indonesia.

Solusi

Pada umumnya, kegiatan sosialisasi untuk setiap kegiatan pasti membutuhkan “biaya pemasaran”, dimana mungkin salah satunya adalah pengadaan penyuluhan ke daerah ataupun melalui iklan TV yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka dengan adanya aplikasi seluler donor ASI ini, diharapkan kegiatan donor ASI bisa dinikmati oleh seluruh Ibu Indonesia.

Strategi Distribusi

Promo dilakukan dengan beriklan pada Facebook ataupun social media lainnya karena di dalam aplikasi juga disediakan fitur “share to social media”, melalui pelatihan aplikasi ke puskemas atau RSD seluruh Indonesia, dan melalui komunitas Ibu ASI lainnya.
Tidak hanya dengan menciptakan aplikasi seluler yang berkualitas tapi juga dengan melakukan sosialisasi secara “on ground” dan secara digital serta bekerjasama dengan pihak-pihak yang bisa mendukung aplikasi ini, misalnya dengan perusahaan kurir/jasa maupun dengan komunitas Ibu ASI seluruh Indonesia

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Seluruh Ibu di seluruh Indonesia

Kuantitas Output Konten

NA

Indikator Sukses

Aplikasi seluler ini bisa dikatakan berhasil jika sudah mencapai 1000 pengguna aktif (bukan hanya pengunduh aplikasi saja) dalam waktu 4 bulan

Lokasi

Jakarta Selatan

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 650 Juta

Durasi Proyek

6 Bulan