Anda berada di mode pratinjau.
| |

Indonesian Halal Catalog for Products and Services

351

351 - Indonesian Halal Catalog for Products and Services

Katalog Online berbasis mobile untuk daftar produk/jasa yang telah memiliki sertifikasi halal dari MUI

Nomor:
351

Nama Lengkap Inisiator:
Fia Mahanani

Lokasi:
Blitar, Jawa Timur

Judul Proyek:
Indonesian Halal Catalog for Products and Services

Lama Aktivitas:
12 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Seluruh umat muslim di Indonesia yang terbiasa menggunakan smartphone.

Ukuran Keberhasilan:
Dalam waktu 3 bulan, aplikasi ini digunakan oleh 500.000 muslim di Indonesia.

Tipe Konten:
Aplikasi mobile ini dibangun dengan menggunakan HTML5, CSS3, Javascript dan SQL. Didesain sedemikian rupa sehingga dapat berjalan baik di platform Android, iOS, Windows Phone maupun Blackberry.

Aplikasi ini adalah merupakan katalog online yang didesain berbasis web sehingga mudah digunakan dimana saja dan kapan saja umat muslim Indonesia ingin mengecek apakah suatu produk/jasa telah memiliki sertifikat halal dari MUI atau belum. Input didapat dari nama, pemindaian bar code maupun QR code. Output berupa detail status sertifikasi dari produk/jasa yang dimaksud.

Strategi Distribusi:
1. Sosialisasi aplikasi ke organisasi rohis di kampus dan sekolah.<br /> 2. Mengadakan workshop yang mengundang guru/dosen bidang pendidikan agama Islam.<br /> 3. Mengadakan workshop yang mengundang perwakilan pesantren melalui bantuan kementrian agama RI.<br /> 4. Mendesain aplikasi sedemikian rupa agar mudah digunakan (user-friendly) serta kompatibel dengan gadget yang memiliki sistem operasi dan resolusi layar berbeda-beda.

Dana yang Diminta:
Rp. 125 Juta

Deskripsi Proyek:
Katalog Online berbasis mobile untuk daftar produk/jasa yang telah memiliki sertifikasi halal dari MUI

Definisi Masalah:
– Masyarakat muslim di Indonesia sering merasa ragu apakah suatu produk/jasa sudah memiliki sertifikasi halal atau belum<br /> – Daftar produk/jasa halal dari MUI tersedia dalam tabel di web MUI dan belum tersedia versi mobile-nya sehingga tidak fleksibel untuk diakses

Cara Mengatasi:
– Membuat katalog berbasis mobile berdasarkan data dari MUI mengenai produk/jasa yang telah memiliki sertifikat halal<br /> – User dapat mencari produk/jasa yang dimaksud melalui nama, maupun scan QR code atau barcode.

Perkembangan Proyek