Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

337 - Cari Kamar dan Dokter 24 Jam


Nama Inisiator

Samiaji Bintang Nusantara

Organisasi

Lembaga Studi Pers dan Pembangunan (Yayasan)

Deskripsi Proyek

Aplikasi bergerak (mobile apps) ini bertujuan untuk membantu warga/publik untuk mencari lokasi dan menemukan informasi yang berkaitan dengan :
1. Ketersediaan kamar rawat inap di rumah sakit umum dan rumah sakit bersalin/ibu dan anak, maupun di Puskesmas terdekat di wilayah Bogor yang diperbarui (update) setiap hari.
2. Peta digital yang memberi lokasi Unit Gawat Darurat, dokter jaga 24 jam, dan praktik dokter spesialis terdekat di wilayah Bogor.
Aplikasi ini kelak akan dikembangkan agar dapat di-install pada sistem Android.

Tipe Konten

- Real-time information (data, map, etc)
- Mobile application berbasis android

Masalah yang Diangkat

Kebutuhan pelayanan kesehatan yang ada di Bogor ini sangat tinggi. Namun ketersediaan layanan kesehatan yang mudah diakses masih belum memadai. Angka kematian ibu relatif tinggi. Padahal jumlah fasilitas kesehatan di kota ini cukup memadai.
Tahun 2011 lalu, menurut data BPS, kota ini memiliki 12 rumah sakit, 2 poliklinik, dan 31 Puskesmas yg tersebar di 5 kecamatan. Selain itu, ada sekitar 211 doker umum dan 166 dokter spesialis.
Tak jarang, kematian diakibatkan ketidaktahuan warga soal letak fasilitas-fasilitas kesehatan terdekat seperti di atas. Hingga saat ini, informasi terkait kamar rawat inap, dokter spesialis, umum dan dokter jaga/UGD 24 jam belum tersedia.

Solusi

Untuk membantu warga mencari dan menemukan fasilitas kesehatan secara mobile yg dapat diakses 24 jam menjadi penting.
Lewat real-time mobile application yg menyediakan informasi berupa peta lokasi (map) fasilitas kesehatan (rumah sakit, puskesmas, poliklinik, atau praktik dokter spesialis) terdekat dan informasi ketersediaan ruang rawat inap, diharapkan dapat membantu warga yang menderita sakit dan membutuhkan pertolongan segera.

Strategi Distribusi

– Promosi lewat kerjasama dengan operator-operator seluler.
– Kerja sama dengan radio-radio lokal di bogor.
– Iklan di social media
– Aplikasi ini berbasis online dan mobile (android) yang akan dirancang agar memudahkan pengguna, misal penggunaan real time digital map, simbol-simbol/infografis/ikon yg memudahkan pengguna memahami informasi.

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Warga kota bogor, terutama kaum perempuan.

Kuantitas Output Konten

na

Indikator Sukses

– Aplikasi ini digunakan oleh 1.000 orang dalam waktu 3 bulan

Lokasi

Bogor, Jawa Barat

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 1 Milyar

Durasi Proyek

7 Bulan