Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemanfaatan Bus Tracker Di Aceh

329

329 - Pemanfaatan Bus Tracker Di Aceh

Pada proyek ini akan dikembangkan aplikasi Bus Tracker yaitu perangkat pemantau lintasan bus umum di Aceh dengan tujuan ntuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Adapun arah lintasan bus difokuskan dari Medan ke Banda Aceh.

Nomor:
329

Nama Lengkap Inisiator:
Muhammad Ali Murtaza

Lokasi:
Aceh

Organisasi:
KPLI-ACEH

Judul Proyek:
Rekayasa Piranti Lunak

Lama Aktivitas:
12 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Masyarakat luas yang umum nya pengguna transportasi Bersifat Publik

Ukuran Keberhasilan:
setiap hari, ada sekitar bus 20 bus yang melintasi jalan Medan – Banda Aceh, sehingga aplikasi Bus Tracker ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan bus, pemerintah dan umum.

Tipe Konten:
Platform Android yang di singkron kan dengan gps dan google map.

Strategi Distribusi:
Kampanye publik tentang penggunaan aplikasi Bus Tracker di Aceh menggunakan media sosial.<br /> <br /> Aplikasi ini sangat berguna bagi masyarakat yang sering berpergian.seperti mahasiswa yang setiap minggunya pulang kampung dan orang kantoran yang sering pulang kampung sabtu minggu.

Dana yang Diminta:
Rp. 650 Juta

Deskripsi Proyek:
Pada proyek ini akan dikembangkan aplikasi Bus Tracker yaitu perangkat pemantau lintasan bus umum di Aceh dengan tujuan ntuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Adapun arah lintasan bus difokuskan dari Medan ke Banda Aceh.

Definisi Masalah:
Lintasan Medan-Banda aceh adalah lintasan yang paling ramai dilewati angkutan umum di Aceh. Lintasan ini sangat rawan terhadap kecelakaan, perampokan, dan tindakan kriminal lainnya. Permasalahannya adalah penyedia layanan bus memiliki keterbatasan dalam memperoleh informasi mengenai lokasi bus, arah kecepatan dan waktu. Selain itu, jaraknya tempat tinggal pengguna layanan bus umum dengan terminal membuat pengguna memilih menunggu bus melintas di pinggir jalan daripada harus ke stasiun bus. Namun cara ini menyita banyak waktu. Pengguna karena tidak dapat memprediksi waktu kedatangan bus ke tempat pengguna berada.

Cara Mengatasi:
BusTracker adalah suatu sistem navigasi yang dapat menentukan posisi kendaraan dengan bantuan satelit secara online dan realtime. Bus tracker ini memanfaatkan teknologi GPS untuk menentukan titik koordinat yang kemudian dikirim melalui GPRS untuk diterjemahkan oleh sistem ke dalam bentuk peta seperti Google Map dan Open street Map. Pengguna dapat menggunakan telepon seluler dengan media GPRS untuk memperoleh informasi mengenai jenis bus dengan jalur mana saja yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan.

Perkembangan Proyek