Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

317 - Dokumenter.Net Application


Nama Inisiator

Henricus Pria Adi Setiawan

Organisasi

Forum Film Dokumenter (FFD)

Deskripsi Proyek

Dokumenter.Net adalah sebuah WebBased Application yang bersifat Crowd Source dalam mengakomodasi arus informasi database sineas dokumenter, data info film, rencana pemutaran, data jumlah penonton dari setiap pemutaran dan tautan terkait apresiasi resensi dan kritik film.
Dokumenter.Net sebagai jaringan komunikasi dan media database film dokumenter indonesia yang digunakan oleh sineas, komunitas penggiat dokumenter dan publik secara luas untuk memperoleh informasi, menjalankan notifikasi dan kemungkinan mengakomodasi ruang pertukaran antara sineas dan publik (Semisal: wisht list pemutaran ataupun kebutuhan produk film).Dokumenter.Net adalah sebuah WebBased Application yang bersifat Crowd Source dalam mengakomodasi arus informasi database sineas dokumenter, data info film, rencana pemutaran, data jumlah penonton dari setiap pemutaran dan tautan terkait apresiasi resensi dan kritik film.
Dokumenter.Net sebagai jaringan komunikasi dan media database film dokumenter indonesia yang digunakan oleh sineas, komunitas penggiat dokumenter dan publik secara luas untuk memperoleh informasi, menjalankan notifikasi dan kemungkinan mengakomodasi ruang pertukaran antara sineas dan publik (Semisal: wisht list pemutaran ataupun kebutuhan produk film).

Tipe Konten

Webbased Application agar memudahkan kebutuhan akses dalam bentuk website dan memiliki Native Application agar bisa diinstall di mobile device (Android & Ios) untuk pemanfaatan database secara realtime. Aplikasi ini juga akan terintegrasi dengan social media agar lebih memudahkan autentifikasi akun dan penyebaran penggunannya.

Masalah yang Diangkat

Masyarakat Indonesia belum terbiasa menonton film dokumenter jika dibandingkan film-film yang beredar di pasar televisi dan bioskop. Masyarakat Indonesia juga jarang mengenal dan mengetahui informasi soal film dokumenter khususnya Indonesia. Sementara sineas-sineas muda mulai bermunculan dan berkarya. Banyak film dokumenter yang cukup berkualitas dan edukatif, bahkan tidak jarang diantaranya berkompetisi di Festival Film Internasional. Film Dokumenter seperti samar dalam pasar, padahal punya potensi besar. Publik sebagai calon penonton juga masih harus mencari informasi dari berbagai situs web komunitas, blog personal, sosial media dan navigasi mesin pencari. Belum ada informasi yang terkumpul lebih sistematis terkait informasi data film dokumenter, data sineas, info rencana pemutaran, hasil pemutaran dan apresiasi resensi dan kritik film.

Solusi

Membuat Web Application terkait database dan arus informasi film dokumenter yang mudah diakses melalui berbagai device platform, serta mengintegrasikannya dengan Native Application yang bisa diinstall di Android dan Ios. Alat ini adalah sarana sederhana untuk memudahkan dan mengefektifkan perkembangan arus informasi terkait film dokumenter indonesia, sineas dan penonton maupun calon penonton.

Strategi Distribusi

1. Penyebaran melalui Social Media terhadap target-target komunitas, NGO, sekolah/ institusi edukatif lainnya yang akan diriset khusus lebih lanjut.
2. Melalui setiap acara pemutaran keliling FFD setiap bulan diberbagai komunitas.
3. Melalui upaya jejaring bersama sineas dalam setiap acara pemutaran filmnya.
4. Melalui iklan ataupun informasi di berbagai media komunitas.
5. Melalui iklan khusus di media cetak mainstream.
6. Melalui acara FFD 2014 dengan acara yang lebih khusus.

7. Aplikasi ini akan disusun berdasar hasil pengalaman dan riset FFD selama 12 tahun menjalankan Festival Film Dokumenter dalam menyediakan ruang apresiasi langsung antara sineas, film sebagai media dan publik penonton. Konten dan fitur dalam aplikasi akan sangat mengedepankan kebutuhan penciptaan ruang komunikasi dan keterbukaan informasi demi perluasan perspektif publik melalui media film dokumenter indonesia. Apliaksi ini juga akan diberikan gratis kepada publik.

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Sineas Dokumenter Indonesia, Komunitas, NGO, Sekolah atau institusi pendidikan yang membutuhkan media alternatif yang reflektif dan edukatif, Publik secara meluas yang menjadi penononto dan calon penonton film dokumenter.

Kuantitas Output Konten

NA

Indikator Sukses

1. Sekitar 200an database informasi film yang lolos kompetisi FFD sejak 2002 hingga 2014 bisa diakses oleh publik.
2. Seluruh sineas yang lolos kompetisi FFD hingga tahun 2014 memiliki akun pribadi.
3. Publik (Dari indvidu, komunitas, NGO, institusi pendidikan) yang menggunakan bertambah 100 akun setiap bulannya.
4. Pemanfaatan aplikasi sebagai ruang bertukar informasi dan kebutuhan bersama.

Lokasi

Magelang

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 360 Juta

Durasi Proyek

12 Bulan