Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

314 - Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Rumah Sakit Terbaik Berbasis Sistem Terdistribusi


Nama Inisiator

Fauziah Ayu Kusumawardani

Organisasi

NA

Deskripsi Proyek

Sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan yang membantu user untuk memperoleh pelayanan informasi terkait suatu rumah sakit berdasarkan kriteria-kriteria yang disediakan dalam aplikasi yang telah di tentukan user dimana aplikasi ini berbasis sistem terdistribusi yang memiliki kemampuan untuk mengakses data secara lebih cepat dan tepat.

Tipe Konten

Aplikasi berbasis web dan mobile dengan menggunakan sistem terdistribusi dan metode DSS (Decision Support System) atau Sistem Pendukung Keputusan

Masalah yang Diangkat

penyediaan informasi terkait berdasarkan informasi pada rumah sakit

Solusi

Sebagai upaya untuk mendorong percepatan penerapan teknologi informasi dan komunikasi di bidang kesehatan dalam melaksanakan pelayanan agar lebih berkualitas dan efisien. Jika penerapan teknologi informasi dan komunikasi di bidang kesehatan berhasil mencapai sasaran, maka pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat dapat dipercepat.
Hal ini dapat di atasi salah satunya dengan dibangunnya aplikasi sistem pendukung keputusan penetuan rumah sakit berbasis sistem terdistribusi sehingga user (masyarakat) mendapatkan informasi sesuai yang dibutuhkan dengan tepat dan efisien.

Strategi Distribusi

– Sosialisasi pada masyarakat di beberapa daerah
(bisa melalui kegiatan PKK, posyandu, dll)
– Sosialisasi pada rumah sakit-rumah sakit di beberapa daerah
– Sosialisasi melalui media sosial (FB, Twitter, Kwikku, dll)

Target Pengguna / Penerima Manfaat

jangka panjang: seluruh lapisan masyarakat Indonesia, jangka pendekl: masyarakat di kota Sidoarjo dan Malang

Kuantitas Output Konten

konten dalam bentuk teks berupa aplikasi berbasis web dan mobile ini bersifat step to step artinya aplikasi masih dalam jangkauan terdekat (wilayah tertentu), apabila ukuran keberhasilan telah mencapai target sesuai yang disebutkan maka selanjutnya aplikasi ini akan diperluas jangkauannya.

Indikator Sukses

Pengguna meningkat minimal 50 per bulan + sosialisasi pengenalan aplikasi ke beberapa daerah + tanggapan masyarakat (bersifat membangun dalam memperbaiki aplikasi menjadi lebih baik)
Adanya banyak kerja sama dengan instansi-instansi terkait, misal bidang kesehatan, seperti rumah sakit guna memperluas jangkauan aplikasi, sehingga program terus bisa di maksimalkan di seluruh kota di Indonesia

Lokasi

Sidoarjo, Jawa Timur

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 550 Juta

Durasi Proyek

12 Bulan