Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

301 - RuaiSMS memperkuat Komunitas Masyarakat Akar Rumput


Nama Inisiator

Alim

Organisasi

Yayasan Pusat Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Ruai

Deskripsi Proyek

RuaiSMS adalah sebuah layanan berita dengan format teks sms dari masyarakat/ CJ kampung bahkan di kota sekalipun. Masyarakat/ CJ dilatih mengerti dasar-dasar jurnalistik, agar melaporkan fakta yang objektif dan akurat. Dan akan melatih kembali CJ-CJ di daerah yang masih berkonflik dengan perkebunan kelapa sawit dan masalah sosial lainnya.

Tipe Konten

Informasi syarat TKI kerja ke luar negeri, lokasi TKI bekerja, perkembangan pekerjaan mereka, dan sikap2 majikan mereka, penyelunduban TKI illegal, barang2 illegal, harga barang kebutuhan pokok, harga komoditi unggulan masyarakat stempat, info kejadian, info bencana serta budaya dalam bentuk SMS. Berikutnya informasi tersebut dalam bentuk video akan bekerjasama dengan Ruai tv menjadi info berita.

Masalah yang Diangkat

Tujuan RuaiSMS memberikan transparansi informasi kepada semua unsur di atas dan dibawah. selama ini informasi di bawah cenderung dibatasi untuk sampai ke atas. persoalan hanya mengendap di pemdes, pemerintah kecamatan dan atau polsek sektor kecamatan, demikian seterusnya.

Solusi

Selama ini konflik hanya diketahui masyarakat kampung, kades, camat, kapolsek, tetapi tidak sampai ke atas. Kalau konflik itu menguntungkan 3 unsur di atas, maka informasinya tidak diteruskan, ke kasi, kabid, wabup, bupati, kapolres dan kapolda. untuk mengatasi itu, maka masyarakat bisa terlibat aktif melaporkan via RuaiSMS. Contohnya di wilayah konflik perkebunan sawit. ???demikian halnya dengan TKI yang bekerja di luar negeri

Strategi Distribusi

Info sms dari CJ akan disebarkan ke pelanggan diwilayah CJ tersebut, dan disebar ke pelanggan yang terkait dengan isi informasi. misalnya, info harga barang akan disebarkan ke masyarakat, pejabat dinas perdagangan dan pemegang kebijakan lainnya. ???Demikian dan seterusnya.

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Calon-calon TKI dan TKI, Masyarakat KalBar di kalimantan barat, serta pejabat terkait

Kuantitas Output Konten

- Minimal 10 berita sms dari satu titik pelatihan dalam 1 hari dan dikirim ke pelanggan. -minimal 10 video dalam 1 minggu dan durasi 1.30 - 3 menit per berita.

Indikator Sukses

-Agustus 2014 – Maret 2015, 300 CJ akan terlatih. (maks 30 CJ per pertemuan. 2-3 pelatihan/bln) – Minimal 10 berita sms dari satu titik pelatihan dalam 1 hari. -Miimal 15 CJ yang paling aktif dari setiap tempat pelatihan. – Pelanggan RuaiSMS bertambah 350 nomor pejabat2 di seluruh kabupaten kota di kalbar. -Minimal 50% ditindaklanjuti oleh pihak terkait berdasarkan informasi CJ via RuaiSMS – Tidak ada tekanan dan intimidasi terhadap masyarakat wilayah konflik. -Ketika ada masalah TKI segera tersampai, baik legal maupun illegal.

Lokasi

Kapuas Hulu, Kalimantan Barat

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 400 Juta

Durasi Proyek

12 Bulan