Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Wallpaper dan Video Singkat Untuk Kampanye Toleransi dan Kebebasan Beragama di Kalangan Anak Muda

290

290 - Wallpaper dan Video Singkat Untuk Kampanye Toleransi dan Kebebasan Beragama di Kalangan Anak Muda

Proyek ini akan memproduksi wallpaper dan video singkat untuk kampanye toleransi dan kebebasan beragama. Program ini adalah dari anak muda untuk anak muda. Kami akan mengundang secara terbuka anak-anak muda seluruh Indonesia untuk membuat wallpaper dan video singkat yang secara visual, gaya dan bahasanya mencerminkan anak muda. Kami akan memilih 25 wallpaper dan 10 video singkat terbaik yang berisi pesan toleransi dan kebebasan beragama, yang disampaikan oleh kiai, artis, agamawan, dan tokoh lainnya yang populer di kalangan anak muda dan meletakkannya dalam sebuah situs yang bisa diakses secara gratis oleh anak muda di manapun sebagai wallpaper telpon seluler mereka. Situs yang memuat 25 wallpaper dan 10 video tersebut akan dikembangkan lebih lanjut secara bersama dan terbuka dengan terus menerima wallpaper dan video terbaru yang berisi pesan toleransi dan kebebasan beragama. Kami juga akan membuat aplikasi seluler untuk mempermudah akses. Situs, Wallpaper dan video serta aplikasi selulernya akan kami distribusikan dan promosikan melalui launching dan sosialisasi di 4 kota besar (Yogyakarta, Manado, Jakarta dan Balikpapan). Acara launching dilaksanakan bekerjasama dengan komunitas anak muda setempat. Promosi juga dilakukan dengan pemanfaatan jaringan bloger, mailing-list dan social media. Proyek ini adalahh pilot project yang setelah selesai akan terus dikembangkan dan direplikasi oleh anak muda di berbagai tempat.

Nomor:
290

Nama Lengkap Inisiator:
Hafizen

Lokasi:
Yogyakarta

Organisasi:
Yayasan Lembaga Kajian Islam dan Sosial

Judul Proyek:
Wallpaper dan Video Singkat Untuk Kampanye Toleransi dan Kebebasan Beragama di Kalangan Anak Muda.

Lama Aktivitas:
12 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Anak muda usia 15 sampai 24 tahun secara nasional

Ukuran Keberhasilan:
a. Tersedianya situs yang memuat 25 wallpaper yang diproduksi anak muda dan 10 video singkat
b. Diakses oleh minimal 1000 perbulan
c. Situs akan tetap berkembang setelah program selesai dan direplikasi oleh berbagai komunitas anak muda.

Tipe Konten:
- Wallpaper: Gambar tokoh toleransi, kutipan kalimat toleransi, gambar yang menginspirasi toleransi dan kebebasan,
- Video singkat: Tentang toleransi dan kebebasan beragama.

Strategi Distribusi:
– Peluncuran dan sosialisasi program di empat kota ( Yogyakarta, Manado, Jakarta dan Balikpapan) bekerjasama dengan komunitas anak muda setempat.<br /> – Konfrensi pers di berbagai media cetak, elektronik dan online nasional<br /> – Pemanfaatan komunitas bloger, mailinglist untuk penyebaran Wallpaper<br /> – Distribusi dan promosi secara terus menerus melalui social media yang dikelola oleh seorang admin secara khusus

Kuantitas Output Konten:
Pada tahap awal (sebelum launching) kami akan menyediakan situs yang memuat 25 wallpaper yang diproduksi anak muda dan 10 video singkat berdurasi ± 2 menit, sementara pada tahap berikutnya, kami akan mengundang komunitas anak muda di berbagai kota untuk memproduksi wallpaper dan video singkat bertema "Toleransi dan Kebebasan Beragama"

Dana yang Diminta:
Rp. 725 Juta

Deskripsi Proyek:
Proyek ini akan memproduksi wallpaper dan video singkat untuk kampanye toleransi dan kebebasan beragama. Program ini adalah dari anak muda untuk anak muda. Kami akan mengundang secara terbuka anak-anak muda seluruh Indonesia untuk membuat wallpaper dan video singkat yang secara visual, gaya dan bahasanya mencerminkan anak muda. Kami akan memilih 25 wallpaper dan 10 video singkat terbaik yang berisi pesan toleransi dan kebebasan beragama, yang disampaikan oleh kiai, artis, agamawan, dan tokoh lainnya yang populer di kalangan anak muda dan meletakkannya dalam sebuah situs yang bisa diakses secara gratis oleh anak muda di manapun sebagai wallpaper telpon seluler mereka.<br /> Situs yang memuat 25 wallpaper dan 10 video tersebut akan dikembangkan lebih lanjut secara bersama dan terbuka dengan terus menerima wallpaper dan video terbaru yang berisi pesan toleransi dan kebebasan beragama. Kami juga akan membuat aplikasi seluler untuk mempermudah akses.<br /> Situs, Wallpaper dan video serta aplikasi selulernya akan kami distribusikan dan promosikan melalui launching dan sosialisasi di 4 kota besar (Yogyakarta, Manado, Jakarta dan Balikpapan). Acara launching dilaksanakan bekerjasama dengan komunitas anak muda setempat. Promosi juga dilakukan dengan pemanfaatan jaringan bloger, mailing-list dan social media. Proyek ini adalahh pilot project yang setelah selesai akan terus dikembangkan dan direplikasi oleh anak muda di berbagai tempat.

Definisi Masalah:
– Berdasarkan berbagai riset kami sebelumnya, telah terjadi pengerasan identitas barbasis agama di kalangan pelajar sekolah menengah dan anak muda pada umumnya.<br /> – Perkembangan ini berdampak kepada rendahnya toleransi beragama di kalangan anak muda dan lemahnya penghormatan terhadap pandangan keagamaan dan kelompok yang berbeda.<br /> – Kenyataan ini sudah diakui oleh banyak pihak, tetapi intervensi yang dilakukan pada umumnya cenderung menggurui, memposisikan anak muda semata-mata sebagai obyek serta menggunakan pendekatan dan metode yang tidak sesuai dengan kultur anak muda.<br /> – Tingginya aksesabilitas anak muda terhadap internet, media sosial melalui perangkat seluler merupakan peluang yang masih jarang dimanfaatkan dalam rangka kampanye toleransi dan kebebasan beragama.

Cara Mengatasi:
1. Menjadikan anak muda sebagai subyek kampanye<br /> 2. Memanfaatkan perkembangan teknologi media seluler dan visual sebagai sarana kampanye.<br /> 3. Mendorong kelompok anak muda untuk memproduksi dan menyebarkan wallpaper dan video pendek tentang toleransi dan kebebasan beragama.

Perkembangan Proyek