Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Bintang Bangsaku

278

278 - Bintang Bangsaku

Database pendokumentasian perkembangan anak, sekolah dan Konsultasi untuk anak, sekolah dan orangtua anak.

Nomor:
278

Nama Lengkap Inisiator:
Ananto Sulistyo

Lokasi:
Yogyakarta

Judul Proyek:
Bintang Bangsaku

Lama Aktivitas:
12 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Ortu, Guru, sekolah dan anak di 15 Paud di Jogja, jateng dan Jakarta.

Ukuran Keberhasilan:
Aplikasi ini digunakan oleh 1000 orang dalam waktu 6 bulan.

Tipe Konten:
Sebuah database yang bisa menampilkan dan diakses menggunakan selular maupun internet. Menampilkan perkembangan anak dengan timeline aplikasi perkembangan anak sesuai dengan input dari user, kurikulum per sekolah, form laporan perkembangan anak dari sekolah, Form permasalahan anak berdasar usia, jenis kelamin, bakat hingga kebutuhan khusus dan indeks-indeks solusi yang ada di aplikasi berdasarkan riset atau pengalaman yang sudah dilakukan.

Strategi Distribusi:
Diperkenalkan di sekolah-sekolah PAUD dan bekerjasama dengan berbagai pihak yang mau membantu. Evaluasi dan pengembangan secara kontinyu. Dibuat aksesibel agar dapat digunakan difabel. Ada aspek penilaian khusus yang terukur secara akademis dan apabila bisa digunakan oleh 2000 orang atau lebih maka aplikasi ini menjadi sebuah aplikasi yang mendapat penilaian baik secara akademis. Form masukan kurikulum sekolah.

Dana yang Diminta:
Rp. 500 Juta

Deskripsi Proyek:
Database pendokumentasian perkembangan anak, sekolah dan Konsultasi untuk anak, sekolah dan orangtua anak.

Definisi Masalah:
Kesulitan yang dihadapi apabila anaknya mengalami hambatan dalam perkembangannya misalnya ketika umur satu tahun, anak belum bisa berjalan atau berdiri, hal ini secara perkembangan anak dapat dijelaskan mengapa anak belum sampai pada capaian tertentu pada umurnya dan kemungkinan hal ini adalah normal sehingga anak tidak perlu diterapi atau dibawa ke dokter anak.<br /> Kebingungan dalam memilih sekolah seperti mencari kucing dalam karung karena belum adanya kejelasan tentang cara mengajar maupun kurikulum yang digunakan oleh sekolah terutama untuk anak berkebutuhan khusus ataupun yang memiliki kecenderungan kecerdasan tertentu.<br /> Jejaring ortu anak dan guru yang terus berkembang dan menjadi ilmu pengetahuan mendasar yang murah berdasar pengalaman membesarkan anak dirumah dengan berbagai kategori permasalahan, menjadi hal yang sulit ditemui. Sistem ini diharapkan pengetahuan yang empiris tentang bagaimana mengasuh dan membesarkan anak dapat mudah dipelajari dan bisa dipertanggungjawabkan.

Cara Mengatasi:
Membuat sistem jejaring sosial yang aman dengan konten pendokumentasian anak yang dicocokan dengan kategori-kategori pencapaian perkembangan anak, dalam bentuk aplikasi seluler, yang juga bisa diakses menggunakan internet.<br /> Forum Konsultasi yang terbagi menjadi umum dan privat apabila ada kasus yang spesial dan belum terindeks dalam database dan jawabannya.<br /> Ada form penilaian anak dari guru apabila guru dan sekolah mau menggunakan aplikasi ini sehingga tercipta komunikasi yang terus menerus antara ortu dan guru, pada tingkat PAUD, dan pada kondisi spesial ketika digunakan di SD dan tingkat di atasnya.<br /> Riset atau pengumpulan kurikulum sekolah se Indonesia untuk membantu orang tua dan anak menemukan sekolah yang cocok untuknya.<br /> Mengenalkan aplikasi ini ke sekolah-sekolah Usia Dini (PAUD) dan melalui media seluler akan mempermudah akses pendokumentasian dan pencarian indeks masalah yang dicari.

Perkembangan Proyek