Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

277 - Digistory.book, an Edutainment Library 3D


Nama Inisiator

Muhammad Cahya M Daulay

Organisasi

Digiworks (Start Up)

Deskripsi Proyek

Digistory.book adalah aplikasi mobile yang memiliki konsep perpustakaan digital 3D, aplikasi ini memuat beberapa jenis bacaan yang ditujukan untuk anak-anak. Konsep 3D yang dimaksud adalah tampilan buku-buku bacaan yang berupa 3D serta terdapat beberapa karakter dalam bentuk 3D yang digunakan sebagai penarik minat anak-anak. Aplikasi ini dapat dijadikan media bagi para orang tua dalam upaya mengajarkan membaca kepada anak-anak mereka. Lembaga-lembaga sosial juga aplikasi ini sebagai media bantu dalam memberi pelajaran membaca.

Tipe Konten

Konten yang terdapat di dalam aplikasi ini adalah konten bacaan digital berbentuk 3D.

Masalah yang Diangkat

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang banyak memberikan manfaat. Pada anak-anak usia sekolah misalnya, membaca dapat menumbuhkan rasa ingin tahu, mengembangkan daya imajinasi, serta membantu anak-anak dalam memahami tata bahasa dan struktur kalimat yang benar. Pepatah yang mengatakan membaca adalah jendela dunia juga sangat tepat dan terbukti kebenarannya.
Membudayakan membaca pada anak sebaiknya dilakukan sejak mereka berada di usia dini, tujuannya agar kebiasaan bermanfaat seperti membaca ini terbawa hingga mereka tumbuh dewasa. Namun, membudayakan membaca pada anak bukan hal yang mudah untuk dilakukan karena saat ini tidak sedikit anak yang lebih memilih untuk bermain dibandingkan meluangkan waktunya untuk membaca. Selain itu, membaca buku bacaan biasa akan lebih cepat menimbulkan perasaan bosan pada anak-anak.

Solusi

Konten bacaan di dalam aplikasi ini dikembangkan dalam bentuk 3D mulai dari bentuk buku, tampilan, hingga terdapat karakter 3D yang digunakan sebagai pelengkap untuk menarik minat membaca anak-anak. Tampilan dari aplikasi ini juga disesuaikan dengan selera dari anak-anak agar tidak menimbulkan kebosanan saat membaca. Aplikasi ini juga dapat digunakan kapan dan dimana saja karena dikembangkan dalam bentuk digital sehingga dapat diakses melalui smartphone atau tablet.

Strategi Distribusi

Aplikasi ini akan didistribusikan ke distribusi online seperti App Store, Play Store, Nokia Store, Windows Store, Blackberry World.
Media pemasaran online dari aplikasi ini juga akan dilakukan melalui sosial media Facebook. Selain itu akan dijalin kerjasama dengan beberapa Lembaga-lembaga sosial yang menaungi anak-anak serta dengan beberapa sekolah Taman Kanak-kanak (TK) yang berada di wilayah Jabodetabek. Kami juga akan mengadakan acara-acara guna mengenalkan aplikasi ini kepada masyarakat khususnya kepada para orang tua.

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Target pengguna aplikasi ini adalah anak-anak usia 3 hingga 6 tahun, dengan menggunakan aplikasi ini, akan terjadi peningkatan terhadap minat membaca pada anak-anak yang menggunakan aplikasi ini.

Kuantitas Output Konten

Terdapat 500 konten bacaan di dalam aplikasi ini.

Indikator Sukses

1. Konten bacaan yang terdapat di aplikasi ini berjumlah 500, mulai dari cerita anak hingga bacaan tentang pengetahuan umum.
2. Tampilan aplikasi yang menarik dan berbentuk 3D.
3. Jumlah pengguna aplikasi mencapai lebih dari 50.000 pengguna dan meningkatnya minat membaca dari seluruh pengguna aplikasi ini.

Lokasi

Tangerang, Jawa Barat

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 769 Juta

Durasi Proyek

12 Bulan