Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

269 - petajakarta.org—Pemberdayaan lewat Pemetaan Banjir


Nama Inisiator

Farid Aditama Rakun

Organisasi

NA

Deskripsi Proyek

petajakarta.org adalah sebuah usaha pemberdayaan warga lewat pemetaan mandiri yang dapat dilakukan secara digital dan analog dengan memanfaatkan perangkat open-source CogniCity (cognicity.info) dan Open Street Map (OSM) yang telah digunakan terbuka secara luas dalam inisiatif seperti Map Kibera (mapkibera.org).

Tipe Konten

1. Plug-in tambahan untuk Open Street Map (OSM) yang dapat dengan mudah memperlihatkan kembali data yang sudah terkumpul lewat partisipasi aktif warga lewat visualisasi tambahan yang belum dimiliki OSM. Data ini kemudian dapat dengan mudah diterjemahkan ke bentuk lain, seperti gambar JPG atau PDF, dan dicetak.
2. Aplikasi petajakarta.org, untuk pemasukan serta visualisasi data secara real-time khusus media seluler.

Masalah yang Diangkat

Proses pemetaan yang menghasilkan data yang cukup lengkap dan rumit oleh warga dapat dimasukkan kembali ke peta Open Street Map (OSM), namun saat ini, peron yang disediakan oleh OSM amat terbatas dengan pilihan tampilan hanya menyangkut struktur fisik kota, seperti bangunan, jalan, dan patokan daerah. Sistem kawasan lainnya, terutama yang berkaitan dengan kesiapan dan penanggulangan bencana belum tersedia tanpa bantuan teknis khusus.

Solusi

1. Bekerja sama dengan warga yang memetakan langsung di lapangan, kami akan mendata jenis informasi macam apa saja yang penting untuk tampil di atas peta penanggulangan bencana real-time semacam ini.
2. Mengembangkan cara baru untuk berinteraksi dengan Open Street Map (OSM) untuk menampilkan jenis-jenis informasi penting tersebut agar dapat langsung dilihat khalayak luas.
3. Akses langsung ke informasi yang terkumpul tersebut dapat dilakukan lewat perangkat seluler, tanpa perantara khusus ataupun ahli Geographic Information Systems (GIS) seperti sekarang.

Strategi Distribusi

Lewat situs web petajakarta.org dan penyebaran lewat twitter, serta kerjasama dengan kelompok masyarakat yang sudah ada, baik swadaya (seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya) maupun resmi (seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah—BPBD Jakarta).
Dengan user interface (UI) yang mudah dan dapat diakses dengan berbagai cara dalam jaringan (daring atau online):
1. Akses web dengan semua browser, baik dalam versi desktop maupun mobile.
2. Aplikasi seluler untuk Android, Blackberry, iOS, dan Windows Phone (disebut sesuai prioritas).

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Penduduk Jakarta yang tertimpa banjir

Kuantitas Output Konten

NA

Indikator Sukses

Situs web petajakarta.org digunakan oleh 10 juta lebih penduduk Jakarta yang terkena dampak banjir sebagai sarana pengumpulan dan pertukaran informasi real-time. Dalam musim hujan (minimal 3 bulan setahun), kami harapkan pengguna petajakarta.org mencapai 6 juta orang, dengan 1 juta partisipan aktif dan 6 update per menit pada puncak penggunaannya.

Lokasi

Palmerah, Jakarta Barat

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 700 Juta

Durasi Proyek

12 Bulan