Anda berada di mode pratinjau.
| |

Mobile Zona Integritas (M-ZI)

266

266 - Mobile Zona Integritas (M-ZI)

Mobile Zona Integritas merupakan salah satu instrument yang berbasis Aplikasi Website dan berbasis Seluler yang dirancang dalam rangka publikasi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kota Banda Aceh kategori Wilayah Bebas Korupsi. Disamping itu pula, aplikasi ini menampilkan indikator utama penerapan Zona Integritas, sehingga masyarakat memahami dengan jelas program dimaksud. Sejak Tahun 2014 Pemerintah Kota Banda Aceh telah mencanangkan 5 SKPD/Unit Kerja memperoleh Sertifikat Wilayah Bebas Korupsi berdasarkan hasil penilaian Tim Zona Integritas sesuai Keputusan Walikota Banda Aceh Nomor 364 Tahun 2013. Kelima SKPD tersebut adalah Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah,Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Kepegawaian, Pendidkan dan Pelatihan, Inspektorat serta Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu. Untuk itulah dalam rangka memastikan keberlangsungan program Zona Integritas, kami mencoba merangcang sebuah Aplikasi berbasis Website dan Seluler dengan harapan Masyarakat Kota Banda Aceh yang menggunakan Hand Phone/Selular mengenal lebih dalam SKPD tersebut serta instrument yang digunakan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh atas penetapan 5 SKPD dimaksud.

Nomor:
266

Nama Lengkap Inisiator:
Muhammad Syarif, S.HI, M.H

Lokasi:
Aceh Besar, Nangroe Aceh Darusallam

Organisasi:
na

Judul Proyek:
Mobile Zona Integritas (M-ZI)

Lama Aktivitas:
17 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Pemerintah Kota Banda Aceh dan Masyarakat Kota Banda Aceh

Ukuran Keberhasilan:
Adanya keinginan Pemerintah Kota Banda Aceh untuk menggunakan aplikasi ini sebagai instrument dalam melakukan Penilaian Zona Integritas sebagai Wujud dari Reformasi Birokrasi.

Tipe Konten:
Aplikasi berbasis mobile yang dapat berjalan di platform utama seperti Android, Blackberry dan iOS.

Strategi Distribusi:
Beberapa strategi saya untuk promosi:<br /> 1. Melakukan training, seminar & workshop<br /> 2. Menyebarkan informasi melalui media massa dan jejaring sosial<br /> 3. Sosialisasi aplikasi kepada pegawai dan masyarakat dalam lingkup Pemerintah Kota Banda Aceh<br /> 4. Memanfaatkan Google Play Store, BlackBerry World & iTunes App Store<br /> 5. Aplikasi dirancang agar dapat berjalan di semua sistem operasi mobile, dengan ukuran layar yang berbeda-beda. Penggunaan antarmuka (User Interface) yang menarik untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi. Serta penyediaan konten/informasi yang selalu diperbaharui (update).

Dana yang Diminta:
Rp. 150 Juta

Deskripsi Proyek:
Mobile Zona Integritas merupakan salah satu instrument yang berbasis Aplikasi Website dan berbasis Seluler yang dirancang dalam rangka publikasi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kota Banda Aceh kategori Wilayah Bebas Korupsi.<br /> Disamping itu pula, aplikasi ini menampilkan indikator utama penerapan Zona Integritas, sehingga masyarakat memahami dengan jelas program dimaksud. Sejak Tahun 2014 Pemerintah Kota Banda Aceh telah mencanangkan 5 SKPD/Unit Kerja memperoleh Sertifikat Wilayah Bebas Korupsi berdasarkan hasil penilaian Tim Zona Integritas sesuai Keputusan Walikota Banda Aceh Nomor 364 Tahun 2013. Kelima SKPD tersebut adalah Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah,Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Kepegawaian, Pendidkan dan Pelatihan, Inspektorat serta Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu.<br /> Untuk itulah dalam rangka memastikan keberlangsungan program Zona Integritas, kami mencoba merangcang sebuah Aplikasi berbasis Website dan Seluler dengan harapan Masyarakat Kota Banda Aceh yang menggunakan Hand Phone/Selular mengenal lebih dalam SKPD tersebut serta instrument yang digunakan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh atas penetapan 5 SKPD dimaksud.

Definisi Masalah:
Beberapa masalah yang saya dapati:<br /> 1. Sebagian masyarakat Kota belum memahami akan penerapan wilayah bebas korupsi pada SKPD hal ini disebabkan minimnya informasi tentang kebijakan Zona Integritas<br /> 2. Belum adanya aplikasi yang dapat memotret dan mengukur kinerja SKPD dalam bidang Transparansi

Cara Mengatasi:
Upaya dalam mengatasi masalah di atas:<br /> 1. Merancang sebuah aplikasi yang mampu memberikan informasi aktual seputar kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh dalam mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi;<br /> 2. Memperkenalkan kepada masyarakat Kota atas kebijakan Pemko terhadap Wilayah Bebas Korupsi melaluli media seluler (Hand Phone)

Perkembangan Proyek