Anda berada di mode pratinjau.
| |

iRelawan

244

244 - iRelawan

iRelawan adalah sebuah platform penanganan bencana di Indonesia yang dibuat khusus sebagai platform berbagi informasi: – Bencana Terkini dengan klasifikasi dan status – Early Warning System – Identifikasi Lokasi Pengungsian – Identifikasi Korban – Identifikasi Pengungsi – Identifikasi Relawan per lokasi – Kebutuhan Logistik per lokasi – Informasi Penyalur Bantuan Dengan platform ini, informasi-informasi yang sifatnya kritikal dapat segera dibroadcast sehingga memungkinkan aksi yang lebih dini.

Nomor:
244

Nama Lengkap Inisiator:
Solaiman Mansyur

Lokasi:
Makasar, Sulawesi Utara

Judul Proyek:
iRelawan

Lama Aktivitas:
5 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Relawan Individu maupun Relawan dari Lemnbaga Tertentu

Ukuran Keberhasilan:
iRelawan dianggap berhasil jika data informasi seputar bencana yang real-time yang diinfokan para relawan menjadi rujukan bagi:
– para relawan
– para petugas kemanusiaan
– pemerintah
– media
– msyarakat

Tipe Konten:
Sebuah sistem dengan API (Application Programming Interface) yang ready untuk Aplikasi Web dan Aplikasi Mobile.

Strategi Distribusi:
iRelawan akan di sosialisasikan melalui jejaring sosial, dan melalui pendekatan-pendekatan ke komunitas-komunitas relawan. Selain itu menjalin kerjasa sama dengan media menginformasikan pentingnya setiap individu untuk terkoneksi ke iRelawan. iRelawan didesain dengan konsep UX yang sesuai dengan kondisi Relawan. Selain itu memanfaatkan feedback dari user iRelawan akan terus dikembangkan.

Dana yang Diminta:
Rp. 450 Juta

Deskripsi Proyek:
iRelawan adalah sebuah platform penanganan bencana di Indonesia yang dibuat khusus sebagai platform berbagi informasi:<br /> – Bencana Terkini dengan klasifikasi dan status<br /> – Early Warning System<br /> – Identifikasi Lokasi Pengungsian<br /> – Identifikasi Korban<br /> – Identifikasi Pengungsi<br /> – Identifikasi Relawan per lokasi<br /> – Kebutuhan Logistik per lokasi<br /> – Informasi Penyalur Bantuan<br /> Dengan platform ini, informasi-informasi yang sifatnya kritikal dapat segera dibroadcast sehingga memungkinkan aksi yang lebih dini.

Definisi Masalah:
Masalah yang paling umum terjadi pasca bencana adalah identifikasi korban, pengungsi, terutama kebutuhan-kebutuhan mereka yang kadang lambat untuk bisa terpenuhi. Hal ini karena informasi antara relawan di lokasi bencana dan relawan yang di luar lokasi bencana yang kurang sinkron. Akibatnya sering terjadi kondisi kekurangan stok makanan, pakaian, obat-obatan pada lokasi tertentu, namun di lokasi lainnya justru tidak terlalu dibutuhkan. Intinya adalah identifikasi dan penyebaran informasi yang lebih real-time yang belum optimal.

Cara Mengatasi:
iRelawan akan berperan sebagai platform yang memungkinkan semua orang dapat menjadi relawan. Berbagi informasi kritikal secara real-time agar dapat dilakukan tindakan yang diperlukan sedini mungkin.

Perkembangan Proyek